Tentang Maniak Menulis

Wilujeng Sumping. Selamat Datang. Welcome. Anda sedang berada di blog Maniak Menulis.

Nama blog ini mencerminkan apa yang akan ditemukan dalam blog sederhana ini, yaitu tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan menulis.

Blog ini dibuat dengan pemikiran bahwa admin, yaitu saya, mungkin memiliki sesuatu yang bisa dibagikan dan bermanfaat bagi orang lain dalam dunia tulis menulis. Terdengar sangat idealis tetapi adalah alasan yang paling utama selain karena saya sangat menyukai dunia menulis.

Memang saya bukan seorang penulis pro dan belum pernah menerbitkan buku. Bukan pula penulis script berpengalaman dengan catatan panjang keberhasilan. Saya hanyalah seorang blogger.

Walaupun sering dipandang remeh oleh banyak kalangan, tetapi seorang blogger pada dasarnya adalah seorang penulis. Tidak mungkin ada sebuah blog yang tidak berisi tulisan. Blogging atau ngeblog membutuhkan artikel atau tulisan atau karangan yang hanya bisa dilakukan dengan cara menulis.

Pada kenyataannya, semua manusia adalah penulis.

Sejak penemuan simbol sebagai sarana berkomunikasi, sejak saat itulah manusia seperti tidak bisa hidup tanpa menulis. Dalam kehidupan sehari-hari pun kegiatan menulis selalu dilakukan. Tidak mungkin tidak.

Sayangnya, terkadang manusia tidak percaya diri bahwa mereka bisa mengungkapkan ide dan pikiran mereka dalam bentuk tulisan. Mereka menganggap bahwa menulis artikel hanyalah wilayah para wartawan, penulis buku, dosen, mahasiswa. Padahal sebenarnya tidak.

Menulis adalah hak segala bangsa. Semua orang berhak menulis, tanpa kecuali.

Persyaratannya hanyalah bisa menuangkan ide-ide atau pikiran dalam bentuk simbol-simbol yang disebut huruf. Tidak ada batasan dalam menulis yang membuatnya hanya menjadi milik para wartawan, mahasiswa atau dosen. Sama sekali tidak ada.

Semua orang berhak dan (sebenarnya) bisa menulis. Tanpa kecuali.

Untuk itulah, saya, pengelola blog Maniak Menulis ini membuat blog ini. Tujuannya untuk menunjukkan bahwa menyebarkan ide dalam bentuk tulisan atau artikel bukan hanya wilayah profesi-profesi tersebut. Saya berprofesi sebagai blogger part time saja.

Saya ingin berbagi bahwa menulis itu adalah sebuah dunia yang menyenangkan.

Dunia dimana kita berbagi kepada orang lain tentang hal-hal yang dianggap banyak orang lain sederhana dan tidak berguna, tetapi bagi sebagian orang lainnya sangat bermanfaat.

Itu saja.

Selamat menikmati blog Maniak Menulis.