Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Maukah Anda Membeli Maniak Menulis?



Entahlah, mendengar kabar Asikpedia sudah berpindah tangan, ada rasa sedih juga di dalam hati. Seperti kehilangan seseorang yang akan pergi jauh dan tidak kembali.

Sosok Kang Nata, si biang kerok, teman, sekaligus teman berantem di dunia maya itu sudah begitu lekat dalam kehidupan saya sendiri. Bahkan, almarhum ibunda termasuk salah satu yang rajin membaca komentar dari pendiri Asikpedia ini. Jadi, walaupun belum pernah bertemu secara tatap muka secara langsung, sosok di balik image Jet lee ini sudah cukup lekat dalam kehidupan saya sebagai blogger.

Saya cukup paham sekali alasan di balik penjualan Asikpedia kepada Mbak Santi Suhermina pengelola santisuhermina.com ini, tetapi tetap saja tidak terhindarkan ada rasa kehilangan.

Memang sih, saya cukup paham, Kang Nata sendiri pasti masih akan berkeliaran di dunia maya dan kehadirannya masih bisa akan terlihat di kolom komentar berbagai blog, tapi seperti kayak melihat seorang teman yang kehilangan rumahnya.

Nelongso kata orang Jawa mah.

Semoga saja di kemudian hari, si tukang rusuh yang satu ini akan kembali dan membangun rumahnya lagi di dunia maya. Tidak seru rasanya kalau cuma bisa berantem di kolom komentar dan bukan di "rumah"nya.

Penjualan Asikpedia sendiri sebenarnya juga menunjukkan salah satu teknik monetisasi yang bisa dilakukan . Tidak beda dengan akun game online, blog juga bisa dijual belikan.

Cuma, timbul juga pertanyaan di dalam hati, kira-kira kalau blog Maniak Menulis dijual, adakah yang berminat untuk membelinya?

Bukan apa-apa, selain trafiknya sendiri tidak tinggi, juga blog ini punya ciri yang membuatnya menurut saya sangat sulit menarik minat orang membeli, seperti

1. Bengalnya isi berbagai tulisan


Dibandingkan memberi informasi berisi tutorial dan informasi, blog MM sejak awal memang dibuat untuk menjadi menentang berbagai teori mainstream di dunia blogging Indonesia

Belum lagi gaya bahasa yang sengaja dibuat seenak udelnya dan tidak tedeng alinng-aling saat memberikan kritik.


2. Temanya yang bukan tema "laris"


Blogging, adsense, membaca, menulis, bukanlah tema umum penghasil uang. Isinya lebih ke arah idealis bloggernya. Untuk iklan juga kurang menghasilkan CPC yang tinggi.


Jadi, saya tidak yakin akan ada yang mau membeli blog gila-gilaan ini. Bukan memastikan, tapi tingkat keraguan saya mencapai 80% bahwa blog MM bisa menemukan pembeli kalau dijual?

Bagaimana menurut Anda? Kalau saya berniat menjual blog ini, maukah Anda membelinya? Bisa sebutkan alasannya?

27 comments for "Maukah Anda Membeli Maniak Menulis? "

  1. Hi mas Anton :D

    Waktu saya pertama kali ke blog mas Nata, saya juga kaget blog beliau ternyata baru saja dijual ~ dan disitu saya baru sadar kalau blog ternyata bisa diperjual belikan :> sesuatu hal yang baru yang belum pernah saya dengar sebelumnya. Terus saya jadi penasaran, cara penentuan harga sebuah blog untuk dijual itu bagaimana? :D

    By the way, blog mas Anton ini bagus lho isinya topiknya berbobot semua. Apalagi yang berhubungan dengan dunia tulis menulis. Jadi kalau dijual juga harganya bakal mahal. Dan mungkin yang berani untuk membeli dan melanjutkan blog mas Anton sesuai standar bobot tulisan yang sudah ada itu bisa jadi nggak banyak :"""D ibarat kita jiper duluan takut jomplang tulisan kita sama tulisan mas Anton yang sudah-sudah :"))

    Semoga blog MM nggak dijual ya mas, nanti kalau ada yang kehilangan sama tulisan mas Anton bagaimana? Ehehehehe ~ sehat selalu mas Anton di sana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mbak Eno..

      Blog sama seperti barang yang lain bisa diperjualbelikan mbak...Ga beda dengan kangkung di pasar... wkwkwkwkwk

      Makasih pujiannya.. bikin hidung makin besar saja nih. Hahahahaha .. kalau blog MM sih kayaknya ga begitu menguntungkan kalau dijual, justru menguntungkannya kalau dijalankan terus.. :-D

      Delete
  2. Pasti ada yang mau Pak membeli blog maniak menulis..
    Tapi nyawa blognya mungkin akan hilang karena akan beda gaya penulisannya. Karena ditulis oleh orang lain, dan enggak sebengal pak Anton.

    Emang pak Anton lagi butuh duit jajan, kalau Kang Nata sih katanya lagi butuh duit banget ?

    Tapi siapa sih yang enggak butuh duit.








    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo Mas mau ga beli blog MM? Nggak sih sejauh ini saya Alhamdulillah masih cukup. Cuma ingin tahu saja, apakah ada yang mau membeli blog gila-gilaan seperti ini.

      Soal "jiwa" blog, pastinya akan berganti karena pergantian pengelola. Hal itu sangat sulit dihindari. Beberapa blog yang saya tahu dijual pun mengalami hal yang sama, kecuali yang sejak awak sudah dikelola beberapa orang sekaligus, masih tidak akan terasa peralihannya

      Delete
  3. Hai, salam kenal mas. Lho ini kenapa blog2 bagus pada pingin dijual semua? Klo blog udah dijual berarti bikin blog baru lagi atau gimana? Eman lho, bilang aja ama yg beli, mungkin masih boleh nulis di situ. Klo saya pemilik barunya pasti saya bilang, boleeeeeh.. Mangga atuhh. Hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Mbak Santi.. Hahaha.. Nggak mbak.. nggak niat, dan kayaknya nggak ada yang beli juga.. wkwkwkw

      Cuma pingin tahu, apa blog MM ada yang mau beli kalau dijual. Terus terang, saya belum berencana jual blog yang manapun...

      Kalau saya sih pilih buat baru, bikin rumah baru daripada numpang nulis di rumah orang.. hahahahahaha...

      Delete
  4. Aku termasuk yang merasa kehilangan sosok kang Nata yang bercirikan aktor Mandarin itu.
    Gaya kepenulisan dan komentarnya bikin kangen.
    Melalui fb kang Nata pernah mencoba menawarkan ke aku mau tidaknya beli blognya dia, aku kaget apa yang jadi keputusannya.
    Semoga dia kembali ngeblog lagi dengan blog baru ...

    Kalau tentang MM ...
    Lebih baik dipertahankan.
    Nanti kami kehilangan blogger senior lagi jadinya kalau ikutan dijual juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pun berharap demikian mas Him. Berharap suatu waktu Kang Nata kembali ke dunia blogger dengan gayanya sendiri.

      Kalau blog MM dijual, kan tetap ada mas Him dan banyak blogger lainnya yang memastikan dunia blogging Indonesia tetap semarak. Tapi, terus terang sih saya memang tidak berniat menjual blog MM.

      Hahaha.. nanti saya malah ga bisa bebas ngebawelin blogger lain

      Delete
  5. Semoga Kang Nata mau bikin blog lagi, rasanya aneh aja ya, setiap kali ke blog asikpedia, masih sulit sadar kalau pemiliknya bukan Kang Nata lagi hahaha.
    Jadinya kalau komen-komen, semacam masih ngobrol ama Kang Nata :D

    Btw jangan dijual dong Pak, masa iya tulisan-tulisan pribadi dari opini pribadi kayak gini bakalan berpindah tangan?

    Kalau saya bahkan mengenal pak Anton kebanyakan dari blog ini, paling suka ketimbang lainnya :D

    Rasanya asikpedia berpindah aja udah bikin dunia perblogan atau lingkar pertemanan saya terasa sepi hehehe.

    Akan tetapi, mungkin kalau pak Anton jual ini, mungkin fans-nya nggak terlalu merasa kehilangan, soalnya masih bisa ketemu di banyak blog lainnya.
    Dan mengenai ada yang beli? tentu saja ada dong Pak, banyak malah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga Rey, terus terang belum ada niat jual blog MM. Mungkin kalau dari semua blog saya, MM bakalan paling belakangan dilepas bersama dengan Lovely Bogor. Ini tempat yang paling menyenangkan buat saya, selain Blog si Anton dan LB

      Memang betul, saya juga kehilangan Asikpedia. Bukan nggak percaya mbak Santi dalam mengelola karena pastinya dia sudah punya strategi. Cuma sosok Kang Nata sendiri memang spesial buat saya.

      Nggak bohong kadang tuh orang nyebelin, tapi dia juga teman yang menyenangkan buat saya. Bawelnya, gayanya yang kocak. Saya juga berharap suatu waktu dia kembali jadi blogger.

      Semoga saja dia akan kembali dalam wujud apapun, mau Jet Lee atau Jackie Chen atau pake foto K-pop ga pa pa. Toh di belakangnya tetap sama.

      Delete
  6. iya, sedih banget karena asikpedia udah pindah tangan,semaacam nggak nyangka banget. tapi mau gimana lagi. didoakan yang terbaik aja.

    emangnya mas anton juga mau jual rumahnyaa...
    jangan mas, bahaya nih kalau para blogger mau jual blognya.karena pasti ada yang mau beli,topik nggak jelas pun juga selalu ada peminatnya kok. blog saya juga abstrak kayaknya šŸ¤£

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. iyah.. Memang hanya berdoa yang terbaik bagi Kang Nata dan Mbak Santi saja yang bisa dilakukan. Eh.. dan juga doa supaya Asikpedia berkembang lebih jauh lagi.

      Nggak.. cuma iseng nanya, ada yang mau beli kagak kalau ini blog mau dijual mengingat isinya bener-bener gelo-geloan. Justru kalaupun niat jual, saya nggak mau jual yang ini... Yang ini kayak jimat

      Justru saya bisa bayangkan sedikit karakter Mbak dari baca blognya, meski nggak ninggalin jejak... wkwkwkwkw

      Delete
  7. wah sayang banget pak kalo di jual

    ReplyDelete
  8. Semoga blog ini tidak akan berpindah tangan, soalnya saya senang sekali mengunjungi blog ini, dan bahkan pernah dalam sehari sampai 12 kali mengunjunginya untuk membaca berbagai artikel kritis dan menarik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih belum ada niatan menjual blog ini Mas Faisal. Cuma ingin tahu saja kira-kira kalau blog bengal ini bisa dijual atau tidak.

      Tapi niat sih belum ada

      Delete
  9. Kang Nata lumayan jadi trending juga ya, blognya berhasil dioperalih ... Bisa jadi berita masuk bloggertaiment nih kayanya hehehe

    Akhirnya jadi trend operalih blog deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum jadi tren mas.. cuma pingin tahu saja.

      Kang Nata memang tenar, makanya soal operalih asikpedia jadi bahan perbincangan

      Delete
  10. Jangaaaan
    Jangan dijual blognya pak anton
    Sebab aku suka silent reader di blog pak anton yaang mm, blog si anton dan lovely bogor xixixiix
    Uda kadung cintrong ama post2nya
    Klo beda dan berpindah tangan ngalamat bisa kehilangan nyawanya yang uda terlanjur melekat di hati pembaca hihihi

    Klo di blog ini sih aku jadi banyak sinau masalah blog yang sering dituliskan pake model logika dan analogi, aku sukanya karena pembahasannya ga sama kayak blog blogging mainstream, jadi betah gitu hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak kok Nita.. belum ada niat jual blog ini, atau yang manapun. Masih betah jadi blogger.. hahahahaha...

      Ehh rupanya ada yang hobi silent reader yah.. sama dong, saya juga suka silent reader di blog Gembulnita..:-D

      Delete
  11. Saya ngga mau beli.

    Perasaan baru beberapa bulan jarang nulis. Banyak perubahan yang terjadi. Tiba-tiba Asik Pedia sudah terjual, janganlah Maniak Menulis ikut-ikutan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduuh... gaswat..

      Ga Nisa, ga niat jual. Hanya sekedar ingin tahu saja apakah blog seperti ini ada yang berminat untuk membeli. Bukan berarti saya berniat menjual.

      Delete
  12. hehehe temen berantem yang seru dan nggak pernah beneran marah ya
    pastinya kang nata akan menampakkan dirinya dan berkunjung ke "rumah maya" kita kita
    lahh ini kenapa MM ada pemikiran mau dijual, jarang jarang juga blog yang "seniche" dengan MM cara penyampaiannya kayak ngomong biasa begini, ceplas ceplos tapi nice gitu
    baca komen temen temen diatas, post "berandai-andai" ini kayaknya nggak ada yang beli, biar lanjut terus begini adanya aja pak anton hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah emang seru pisan itu si kang Nata. Makanya kangen juga.

      Ga ada pemikiran Ainun, iseng saja berandai-andai. Kayaknya jauh sekali dari mikir mau dijual.

      Delete
  13. Kalau Blog Maniak Menulis Di Jual , saya sih Iyesss, Pak. hahahaha.....Biar saya ada kawannya " sesama penjual blog ".wkwkwk.....

    Ohy, tengkyu Pak udah mengukir nama saya di artikel ini , walau saya jadi binggung , kenapa yah ketika Internal Link diatas pada kalimat " Asikpedia " di kelik, jadi erro 404.

    Bukti error,nya saya kirim via email yah. Siapa tahu Pak Anton bersedia memperbaikinya. Kalau ngak, ya ....saya nerimo wae lah.......hahahah.

    Ohy......Blog LB merupakan blog punya kenangan tersendiri juga buat saya, apalagi koment-koment saya dahulu suka dibaca ibu-nya Pak Anton.

    Bagi saya blog - blog Pak Anton is The Best dah.......hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. - Error 4040 sudah diperbaiki, rupanya saya kurang menambahkan https nya, silakan cek

      - Belum punya niat menjual Maniak menulis Kang, cuma iseng nanya doang.. wkwkwkwk

      - Hahaha iyah Kang Nata itu disebut sama alm. ibu lucu komen-komennya

      Delete
    2. Dibuat benaran mengarah ke blog Asik Pedia yah Pak.....?

      Wah Tengkyu nih...... :)

      Apalagi dibuat Do Follow. #Kamsahabnida Pak Anton. Arigatōgozaimashita..... :)

      Delete
    3. Iyah kang.. sesuai niat awalnya.

      Kebijakan Maniak Menulis tidak ada link keluar yang dofollow Kang..:-D

      Delete