Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Info Blog Catatan Kecil Hasil Kelana Di Blogosphere


Info Blog Catatan Kecil Hasil Kelana Di Blogosphere

Baru saja, hari ini, saya menambahkan satu label pada menu lagi, selain menghilangkan belasan. Label itu diberi nama "INFO BLOG".

Label ini akan membawahi semua postingan yang berisi berbagai blog yang pernah saya datangi selama berkelana di dunia maya. Isinya, selain nama blog, url, nama blogger, tema, dan beberapa informasi kecil lainnya yang mungkin bisa dimanfaatkan.

Contohnya bisa dilihat seperti di bawah ini.


Apa fungsinya? Tidak tahu. Boong deh.

 Belakangan ini, saya gemar mencatat semua blog yang pernah saya datangi dalam sebuah agenda dan kemudian dipindahkan ke file Excel. Tujuannya sih supaya mempermudah saja kalau saya hendak melakukan blogwalking. Daripada harus mengingat-ingat url dan nama blognya, kan lebih mudah lagi kalau tinggal sekedar klik link saja.

Juga, bagi saya sendiri, ternyata membantu memperluas jangkauan blogwalking atau memperkaya khasanah jenis sumber bacaan saya. Semakin banyak nama dalam daftar, semakin banyak pula variasi bacaan yang tersedia.

Saat ini paling tidak sudah ada 250-300 nama blog yang ada di dalam sebuah file Excel di komputer rumah. Jumlah ini rasanya akan terus bertambah setiap harinya mengingat paling tidak 20-30 blog saya datangi setiap harinya selama dua minggu terakhir (tidak termasuk yang sudah terdaftar atau rutin/sering saya kunjungi).

Cuma, setelah dipikir-pikir, kenapa hanya disimpan di agenda/file saja. Kenapa tidak sekalian berbagi. Siapa tahu ada yang bisa memanfaatkan data ini untuk membantu memperluas area jangkauan blogwalking , sehingga tidak hanya terpusat pada blog-blog teman saja.

Saya perhatikan, sudah banyak blogger yang sudah memiliki daftar url blog dengan nama "list blogwalking", "daftar blog teman", dan lain sebagainya. Hanya saja, biasanya hanya berupa url/link saja tanpa informasi tambahan.

Yang seperti ini sudah sangat membantu sebetulnya, tetapi karena tidak ada informasi tambahan, terkadang seperti membeli kucing dalam karung saja. Meski ada unsur kejutan (dan kadang menyenangkan), tapi terkadang kita sampai pada blog yang isinya tidak sesuai dengan minat kita. Belum lagi seringkali ternyata sudah tidak diupdate bertahun-tahun.

Untuk itulah, saya mencoba menambahkan sedikit data tentang tema blog tersebut (menurut penilaian saya sendiri tapi yah). Jadi, setidaknya siapapun yang hendak kesana bisa melihat apakah kira-kira tema blog tersebut sesuai dengan minatnya dan apakah masih perlu dikunjungi atau tidak.

Bukan penilaian atau rekomendasi

INFO BLOG bukanlah rekomendasi blog yang menarik. Berbeda dari label "Website Menarik" yang isinya merupakan tinjauan/ulasan terhadap sebuah blog/website, Info Blog hanya akan berisi data dan info saja.

Tidak ada penilaian sama sekali.

Yah, mungkin ada sedikit catatan kecil di bagian paling bawah, yang bisa disebut subyektif, tetapi secara garis besar bukanlah rekomendasi dan penilaian terhadap sebuah blog. Saya tidak punya kemampuan untuk melakukan itu.

Ini hanyalah sekedar berbagi catatan saja, siapa tahu bisa berguna bagi pengunjung Maniak Menulis.

Jadwal terbit

Untuk Info Blog, saya berharap bisa setidaknya 1 posting perhari. Pembuatan isinya tidak membutuhkan waktu lama. Tapi, bisa juga lebih dari itu tergantung ketersediaan waktu saja.

-----

Jadi silakan saja kalau memang ada yang perlu blog baru untuk sasaran blogwalking, mungkin catatan saya ini bisa dimanfaatkan. Ada link hidupnya kok dan tinggal diklik.

Enjoy!

14 comments for "Info Blog Catatan Kecil Hasil Kelana Di Blogosphere"

  1. Saya termasuk yang tidak mencatat daftar blogwalking ini Pak, kalau mau main ya seingat saya aja. makanya lama-lama jadi lupa kalau jarang ke sanana.

    bagus sih pak ada info tambahan bahan bacaan, dan menambah teman blogging

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya dulu juga begitu . Hasilnya kadang mau blogwalking bingung sendiri. Makanya belakangan saya catat dan inventarisir. Jadinya lebih enak.

      Silakan dipergunakan mas..

      Delete
  2. Oohhh!!...Bunder.😂😂

    Begitu toh kong..😊


    Dulu saya pengin nulis seperti hal diatas cuma karena sibuk ngurus Sianu & Janda sebelah yaa akhirnya lupa dan malas.😂😂😂


    Kalau urusan BW saya itu menghapal minimal 200 blog yang saya datangi selama 2 atau tiga hari lebih..Dan dari 200 blog tersebut update setiap hari atau mingguan. Tapi itu dulu waktu hobi BW ...😂😂

    Kalau untuk sekarang berhubung lagi males nulis karena sibuk ngurus si anu dll, Jadi saya sudah nggak pernah BW lagi nih Kong Anton ...Kangen sih tapi yaa gimana, 😭😭 Jadi setiap habis buat postingan yaa cuma nunggu didatengin....😊😊


    Kalau nggak ada yang datang yaa sudah. Berarti saya tidak BW.😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tong... dan o itu lonjong tidak bulet..

      Makanya jangan terlalu sibuk ngurusin Sianu dan Janda sebelah saja. Luangkan waktu dong untuk nulis juga.. :-D

      Jangan males atuh tong. Seneng baca cerita cerita nostalgia. Kan si Engkong bisa ngerasa balik ke zaman itu. Kangen itu diobati dong.

      Lagi juga kebetulan saya sedang merubah strategi ngeblog. Mungkin karena persiapan untuk pensiun nanti, jadi blog saya anggap unit bisnis. Perlakuannya akhirnya juga kudu ngarah kesana.

      Gitu tong

      Delete
  3. Halo mas, salam kenal. Aku baru pertama kali berkunjung ke blog sampeyan dan pilih artikel ini. Kupikir ini artikel hasil analisa setelah berkelana di dunia per-blogging-an, ternyata info yang seru. Asik nih, kalau aku butuh blog walking tinggal klik catatan di blog ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Dini... Memang niatnya begitu, silakan saja dipakai kalau memang berguna.

      Nanti saya upload semakin banyak.

      Untuk hasil analisa sudah banyak yang saya buat, silakan telusuri saja berbagai tulisan disini.. hahahaha #Promo

      Delete
  4. Wah what a good idea nih! Jujur selama ini aku cuma hafal link url atau bookmark, terkadang kalau udah keseringan mengunjungi beberapa situs, linknya muncul di homepage Chrome 😅 dan kalau kebetulan ada tombol "Follow Blog", saya tinggal klik aja sih dan kalau ada update otomatis akan muncul di blog reading list dashboard blogger aku.

    Ditunggu info blognya, terima kasihhh banyaak 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap Jane.... Segera... Semoga bisa bermanfaat yah

      Delete
  5. Saya dukung dan saya kasih Aplause nih.....kalau ada Blogger yang rela bikin daftar ( info blog ) kayak begini.# Muji sedikit yah. :)

    Soalnya....bikin yang beginian ngak mudah,namun berguna.

    Ngak mudah-nya adalah penulis kudu teliti mencari informasinya dan bela - belain bikin screnshoot.

    # SS foto bloggernya di perangkat elektronik jangan lupa dihapus yah pak, ntar ketahuan Kumendan bisa berabe tuh.hahahah.Bercanda.

    Dan bergunanya adalah......penulis/pembaca akan bisa mengenal sosok blogger tsb, walau cuma beberapa informasi saja.

    Ohy,,,,,,di kolomnya, ngak sekalian di cantumkan Ukuran sepatu Pak, ? hahahah.bercanda lagi nih.wkwkwkwk........

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sedang dikerjakan Kang.. satu persatu saja yah karena masih harus ngurus blog yang lain.

      Hasil screenshot ada di komputer semua Kang.. hahahah.. lagian kan ada cowok atau cewek nantinya. Nggak melulu blogger cewek.

      Bisa jadi kalau infornya ada ukuran baju dan sepatu dicantumkan, siapa tahu saja ada yang mau kirim hadiah..

      Delete
  6. Baguuus idenya massss!! *nggak santai* 😂

    Saya selama ini hanya mengandalkan Reading List bawaan blogger jadi nggak pernah sampai buat list khusus link para bloggers 🙈 biasanya kalau ada blog yang saya suka, url linknya langsung saya submit ke Reading List biar pankapan bisa baca 😁

    Cuma permasalahannya Reading List saya nggak banyak mungkin karena saya blogwalking hanya ke teman yang itu itu saja 😆 so saya menantikan daftar bloggers dari mas Anton untuk tambah bacaan siapa tau ada yang temanya cocok sama minat saya 😍

    Thank you in advance ya, mas 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk tukeran list blog.. hahaha.. jadi bisa saling sharing.. Bakalan seru kalau mau saling berbagi mengingat dunia blog itu luas sekali.

      Delete
  7. Wah, keren Pak Anton bisa bikin list seperti ini, dibagikan di blog pula. Salut.

    Wow, saya kaget baca blog yang dikunjungi Pak Anton dalam sehari. Banyak banget.

    Pak, saya jadi inget dulu pas masih pada rajin bw. Ada lho blogger yang mendapat sebutan 'ratu bw' karena banyaknya komen di berbagai blog. Tapi sekarang kayaknya beliau2 udah jarang bw deh. Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak keren bu.. ka saya sudah tua, jadi butuh bantuan supaya bisa inget yang mana yang sudah dikunjungi, yang mana yang belum... wkwkwkw

      Yah, sebagai ganti baca buku saya seneng kelayapan di internet. Jadi, saya tetap bisa nambah pengetahuan.

      Jangan-jangan Mbak Pipit yang punya gelar itu yah .. hahaha.. pasti ada rasa bosen juga kok suatu waktu. Tapi, itu langkah yang bagus bu memperlebar network kalau rajin bw

      Delete