Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beberes Maniak Menulis : Menata Ulang Menu, Kembali Ke Konsep Awal


Decluttering : Menata Ulang Menu, Kembali Ke Konsep Awal

Sabtu pagi sebenarnya enaknya jalan pagi. Kalau tidak, ya ngopi sambil menonton TV. Tidak kalah enaknya juga meneruskan meringkuk di atas kasur yang empuk berteman bantal.

Nyaman.

Biasanya sih, saya begitu. Bukankah itu gunanya ada akhir pekan atau weekend?

Cuma, kali ini berbeda. Sejak semalam, saat memandangi koleksi blog yang ada, dan rasa tidak nyaman muncul.

Kesan yang timbul seperti melihat rak buku yang tidak teratur, Berantakan banget. Ruwet lihatnya. Jadi, setelah mandi pagi ini (bahkan sebenarnya sejak bangun tidur), saya memutuskan untuk langsung nongkrong di meja menghadap si laptop.

Memandangi, mengamati, dan mulai melakukan usaha untuk merapikan, semua blog yang ada, termasuk Maniak Menulis.

Kegiatan tidak biasa ini, sangat mungkin adalah bentuk New Normal dalam kehidupan saya sebagai blogger. Penyebabnya bisa jadi adalah akibat kelamaan di rumah. Selama hampir 3 bulan pada masa WFH (Work From Home), saya harus mendekam di rumah tidak bisa kelayapan padahal punya banyak waktu luang.

Jadi, saya banyak sekali melakukan pengamatan terhadap hal-hal yang biasanya saya tidak perhatikan.

Efeknya, ya itu tadi. saya menjadi semakin teliti dan ingin menata ulang semua hal. Salah satu contohnya adalah, isi dan penataan rumah saja berubah karena saya banyak membuang barang dan juga melakukan reposisi terhadap berbagai benda di dalamnya.

Kebiasaan itu juga berimbas pada rumah lainnya, rumah saya di dunia maya, blog. Beberapa hari terakhir, dibandingkan menulis, saya justru lebih banyak memperhatikan setiap blog yang ada. Hampir semua detail saya amati dan pelajari.

Data statistik yang biasanya tidak dilirik, sekarang diperhatikan bahkan naik turunnya, membuat naalisa kenapa begini dan kenapa begitu. Tampilan blog di lihat ulang. 

Bahkan, tulisan yang sudah terbit pun dibaca ulang dan dikoreksi tata bahasa dan ejaannya. 

Pokoknya semua blog mendapatkan perhatian lebih dari biasanya.

Entah kenapa bisa demikian, tetapi saya merasa terjadi perubahan akibat mendekam di rumah kelamaan, saya merasa perlu melakukan perubahan dalam berbagai hal. Dan, sebelum saya beranjak untuk menulis lebih banyak lagi, rasanya saya perlu memperbaiki beberapa hal dari semua blog yang ada.

Salah satu yang menjadi perhatian saya adalah masalah "MENU" di blog berbasis Blogspot. Terlihat ruwet banget dan kacau balau. Tidak ada keteraturan dan klasifikasi yang jelas. 

Pikir punya pikir hal ini terjadi karena sistemnya yang hanya mengandalkan label, berbeda dengan Wordpress Self Hosted yang punya Kategori dan Label. Dipadukan dengan luasnya tema blog (ingat blog MM bukan niche blog, ini blog gado-gado banget) dan sikap spontan saya, hasilnya adalah kekacauan dan banyaknya tumpang tindih. Mirip sekali dengan gudang yang acak-acakan.

Saya juga menemukan bahwa blog Maniak Menulis tidak berjalan di konsep awal. Mulanya blog ini dibuat bukan sekedar membahas tentang blogging, ngeblog. Bukan juga untuk sekedar review buku. Rencana awalnya adalah untuk membahas segala sesuatu yang berkaitan dengan "BACA" dan "TULIS".

Segala sesuatunya. Waktu itu rencananya untuk menjadi media bagi informasi terkait dunia tersebut dari dalam dan luar negeri.

Sayangnya, dalam perjalanannya, saya tidak berjalan di jalur yang ditentukan. Fokus saya berubah menjadi lebih banyak membahas segala sesuatu tentang blog. Hasilnya, blog ini bergeser lumayan jauh dari konsep awal.

Tidak menyesal sama sekali sih, sebenarnya. Banyak kesenangan meski seperti orang tersasar dan tak tentu arah.

Juga, tidak ada niat untuk berhenti menulis segala sesuatu terkait blog. Meskipun demikian, rasanya, sudah waktunya untuk memutar kemudi dan mengembalikan Maniak Menulis ke arah semula. Tidak hanya terfokus pada satu titik saja.

Langkah pertama untuk mengarah kesana adalah menyederhanakan "MENU" . Menghilangkan kesan bahwa Maniak Menulis hanya membahas sekedar blog dan Adsense saja. Kesannya sempit banget jadinya. Padahal, kalau dilihat dari label yang ada, topiknya beragam dan sangat banyak sekali. Jadi, ada ketidaksinkronan antara menu dan label yang ada.

Saya putuskan menu hanya akan punya beberapa label saja, yaitu BACA, TULIS, CARI UANG, JELAJAH INTERNET, CMBYB. Semua ini rasanya cukup untuk menjadi payung bagi berbagai label yang ada.

BACA : berbagai tulisan terkait dengan kegiatan menbaca dan jenis bacaan

TULIS : berbagai tulisan terkait dengan kegiatan menulis, mulai dari tips, teknik, segala sesuatu terkait ngeblog, tutorial, dan opini

CARI UANG : berbagai tulisan terkait cara mendapatkan uang dari kegiatan baca dan tulis

JELAJAH INTERNET : hasil jalan-jalan di dunia maya yang berkaitan dengan kegiatan baca dan tulis

CMBYB : Menu ini sebenarnya berisi berbagai tulisan hasil pesanan khusus dari salah seorang kawan sesama blogger, Kang Nata yang pernah meminta saya membuat tulisan tentang Cara Mengelola Blog Yang Baik versi Maniak Menulis. Sejauh ini baru ada 3 tulisan. 

Penyederhanaan menu ini mungkin juga akan diimbangi dengan decluttering di beberapa bagian tampilan dimana salah satu dari widget "Labels" atau "Arsip" akan dihilangkan. Menu label sudah terlalu banyak isinya dan justru terlihat membuat kacau. Widget arsip pun sama juga karena isi blog yang sudah banyak sekali dan template Linkmagz tidak menyediakan opsi menjadikannya dropdown.

Jadi, salah satu akan dikorbankan.

Saya ingin membuat Maniak Menulis jadi mirip rumah saya di dunia nyata yang sudah lebih rapi dan hanya berisi benda-benda yang fungsional saja. Tidak ada tumpukan benda tidak perlu. 

Dengan begitu, saya berharap perhatian saya bisa lebih terfokus pada kegiatan utamanya, yaitu menulis saja. Rasanya tidak enak juga melihat blog yang penuh dan kacau balau seperti itu.

Wish me luck, semoga perubahan ini berujung pada hal baik, yaitu saya menjadi penulis yang baik juga.

8 comments for "Beberes Maniak Menulis : Menata Ulang Menu, Kembali Ke Konsep Awal"

  1. Saat saya membaca artikel ini, sepertinya pemilik rumah belum selesai beres2. Saya akan kembali setelah pemilik rumah selesai berbenah. Supaya lebih enak saat menyajikan hidangan untuk saya 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang bener.. tau ajah Nisa.. emang lum selesai..hahahahahha

      Delete
  2. Saya juga beberapa hari ini membaca ulang tulisan lama dan banyak yang harus ditata ulang. Terutama menata kalimat yang kurang pas dan menambahkan internal link.

    Kadang juga kepikiran untuk menyederhanakan label tetapi belum dapat mood.
    Memang pekerjaan menata itu butug effort dan mood serta waktu yang pas.

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam Ikrom..

      Pelan pelan saja mas.. saya juga melakukannya tidak sekaligus. Kadang sambil ngepel atau nyapu mikir harus diapain itu blog.

      Kalau dipaksa , kadang malah ilang dan ga semangat

      Delete
  3. Dan memang jujur, blog ini makin asyik Pak, semacam datang berkunjung di sebuah rumah yang nyaman, tenang, simple, bersih dan nggak banyak perintilan.

    Tampilan seperti ini sebenarnya yang saya inginkan, tapi yang cantik, *teteeeppp hahaha.

    Saya sukanya yang simple, tapi masih ada sentuhan ciri khas saya, dan rasanya belum nemu yang seperti itu.

    Jadinya betah melulu sama template bawaan itu, meski mupeng juga kalau liat blog orang cantik-cantik gitu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang diniatkan untuk menjadi sesederhana mungkin Rey. Masih akan ada perubahan yang mengarah kesana, termasuk isinya.

      Hahahaha.. dirubah atuh Rey itu tampilan Blognya, banyak kok template yang asyik dan girly. Pink mah gampang atuh ngerubahnya. Memang harus ada ciri khas Reynya juga jangan sampai hilang, si pinky.

      Utak atik lah Rey...

      Delete
  4. Saya sempat beberapa kali menata ulang template blog sendiri. Akhirnya saya menyerah dan pesan ke ahlinya, Pak. Hehehe.

    Setelah itu baru saya beberes dan lebih dirampingkan lagi.

    Blognya Pak Anton bagus kok. Informatif. Tampilannya juga mobile friendly, simple.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itu juga sangat baik.. hahaha.. ga repot. Betul saya suka yang langsing..

      Waduh, makasih mbak.. :-D #hidunglangsungmengembang

      Delete