Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mencari Uang Dengan Membuat Website Hotel Memakai Template Dan Plugin Gratisan

Membuat Website Hotel Dengan Template Dan Plugin Gratisan

Sudah masuk bulan ketiga tahun 2020 dan target untuk ngeblog tahun 2020 sangat jauh tertinggal. Dari ribuan tulisan yang harusnya dibuat, baru beberapa puluh saja yang terealisasi.

Sebuah kabar buruk bagi seorang blogger yang mengandalkan kecepatan produksi artikel, seperti saya.

Masalah utamanya bukan pada ketiadaan ide atau kemalasan, tetapi karena perhatian teralihkan kepada hal lain.

Lebih penting? Sepertinya tidak juga, tetapi karena "menghasilkan uang lebih cepat" dibandingkan menulis di blog.

Sejak awal tahun 2020, ada stau pekerjaan yang menjadi titik berat perhatian saya, yaitu membuat website untuk sebuah hotel di Bogor.

Pemiliknya, yang juga merupakan saudara istri tahu bahwa saya mengelola Lovely Bogor, sebuah website bertema Bogor. Kebetulan sekali, website hotel miliknya itu menghilang karena kelalaian dan juga karena memang tidak pernah diurus.

Ia meminta bantuan saya untuk membuatkan sebuah website lengkap untuk hotelnya. Namanya, Hotel Duta Berlian yang berlokasi di dekat Kampus IPB Dramaga.

Masalahnya, ia sangat tidak paham sama sekali tentang website dan tidak tahu bagaimana harus menampilkan hotelnya dalam website tersebut. Jadi, jangankan bicara soal CMS (Content Management System), bicara soal URL saja sudah membuat kepalanya pening.

Jadilah, sejak awal tahun, saya harus bergelut dan meluangkan banyak waktu untuk membuatkannya sebuah website. Tentunya yang layak dan pantas, serta bisa mencerminkan hotel yang dikelolanya.

Sebagai langkah awal, saya menjelaskan akan memakai Wordpress Self Hosted. Karena, sebagai seseorang yang juga sudah menguasainya, saya paham kelebihan dalam hal tampilan dan kemudahan CMS yang satu ini.

Hanya, untuk tampilan, saya memutuskan untuk memakai template bawaan saja, yaitu Twenty Seventeen dan bukan membeli tenplate jadi. Pertama karena harganya lumayan mahal, dan saya harus membantunya menekan cost. Kedua karena biasanya kalau membeli, lebih susah untuk didesain ulang.

Saya putuskan untuk memakai template bawaan Wordpress saja.

Untuk membentuk tampilan, kebetulan saya juga sudah menguasai Plugin Elementor, sebuah plugin Page Builder (pendesain halaman). Lagi-lagi, yang gratisan saja. Tidak perlu yang berbayar.

Berbagai modul yang ada di dalam versi gratisan, plus satu dua plugin tambahan "gratisan" lainnya sudah lebih dari cukup untuk membangun sebuah website profesional sekalipun.

Apalagi, untuk sebuah hotel, tidak perlu terlalu banyak butuh modul.

Yang menjadi problem utama, bukan membuat websitenya sendiri. Masalahnya ada pada "FOTO". Sebuah website hotel butuh foto lumayan banyak. Dengan begitu, siapapun bisa melihat dan tertarik untuk menginap di hotel itu.

Belum lagi, ternyata hotel tersebut punya banyak fasilitas lain, seperti restoran, ruang pertemuan, dan yang lain untuk juga ditampilkan.

Kebutuhan foto sangat banyak.

Padahal, waktu saya tidak banyak.

Untungnya ada si kribo cilik, anggota termuda Lovely Bogor, sekaligus anak sendiri. Saya berikan proyek untuk mengambil foto-foto hotel tersebut. Dengan begitu, pengerjaan bisa tetap jalan meski saya tidak ada.

Lumayan lama juga untuk melengkapi semua foto dan kemudian melakukan pengeditan.

Alhamdulillah, setelah perjuangan hampir 2 bulan penuh, pengerjaan website hotel Duta Berlian selesai juga dan website diserahkan dalam pertemuan kedua dengan pemilik dan stafnya.

Hasilnya..

Bukan cuma NOT BAD. Pemiliknya sangat puas dengan hasil dan merasa senang sekali. Begitu juga dengan para stafnya. Mereka menyebutkan baru kali ini punya website yang seperti itu.

Sebagai bagian dari layanan terhadap jasa yang saya berikan, saya menyediakan masa maintenance 3 bulan, lebih lama dari penyedia jasa pembuatan website lain. Juga, saya akan melakukan pelatihan bagi pemilik dan stafnya tentang cara mengelola website supaya kejadian hilangnya website mereka tidak terulang di masa datang.

Untuk itu, saya mendapatkan bayaran yang lumayan lah.. Lebih besar , kira-kira 3 kali lipat penghasilan dari Adsense setiap bulan. Si Kribo Cilik pun mendapatkan bayaran (selain pengalaman) untuk jasa pemotretan.

Menyenangkan lah, lumayan buat tambahan masuk kuliah si kribo cilik.

Cuma ya, itu tadi, waktu jadi agak tersita dan target mengurus blog agak terengkalai. Target sepertinya semakin berat untuk dicapai.

Tetapi, sebagai kompensasinya, saya mendapatkan uang lebih cepat, dan kemungkinan untuk mendapatkan order pembuatan website yang lain. Pemiliknya sudah mempromosikan websitenya kepada rekan-rekannya.

Dan, saya bisa memamerkan hasil kerja, berupa website hotel tersebut kepada yang lain. Yang ternyata langung membawa hasil juga, yaitu seorang teman, direktur pengelola sebuah usaha agrowisata di Garut sudah meminta bantuan untuk mengerjakan blognya.

Sesuatu yang pasti akan menyita waktu lagi, tetapi kalau mengingat prospek bayarannya, rasanya cukup bagus dan setimpal dengan habisnya waktu.

Yah, hasilnya, memang target memenuhi blog dengan banyak artikel akan semakin terganggu
. Tapi, apa daya, godaan mendapatkan uang lebih cepat susah untuk diabaikan begitu saja.

Mencari Uang Dengan Membuat Website Hotel Memakai Template Dan Plugin Gratisan


Meski, berarti saya harus bekerja dan berpikir lebih keras agar uang didapat dan target tercapai. Cuma, bukankah itu memang pengorbanan yang harus dilakukan demi tujuan akhir, menjadikan blog dan website sebagai bisnis yang menghasilkan?

O ya kalau mau melihat website hasil karya saya (dan si kribo) silakan lihat website Hotel Duta Berlian.

4 comments for "Mencari Uang Dengan Membuat Website Hotel Memakai Template Dan Plugin Gratisan "

  1. Saya barusan lihat website-nya, menurut saya bagus dan cukup untuk memfasilitasi kebutuhan owner dalam memberikan informasi perihal hotel yang dimilikinya :D tapi tadi saya lihat di daftar harga paket pernikahan, seperti jasmine dan lainnya, ada beberapa harga yang kelebihan angka nol mas hehe mungkin bisa dikoreksi :D soalnya tadi saya lihat ada yang harga 85.000 tapi tertulis 85.0000 ~

    Eniho, sukses terus untuk mas Anton, semoga semakin banyak orderan untuk pembuatan website ke depannya dan portofolio mas juga semakin banyak. All the best yaaaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mbakyu... matanya jeli, yang punya saja tidak melihat kesalahan itu.

      Sudah saya edit lagi.. terima kasih..

      Terima kasih juga doanya... semoga Mbakyu juga sukses selalu

      Delete
  2. E-wow, dapat Job nih.Mmm...selamat yah Pak. Semoga sukses selalu.

    Ohy, blog MM kalau dilihat dari hape saya, templatenya berantakan Pak, coba deh di cek.

    Tapi kalau dibuka Via Dekstop.Tampilannya Oke Pake Bingitz. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di hape saya baik2 saja Kang.. bisa coba screenshoot kan.. soalnya sudah dicoba beberapa kali dan baik2 saja di ponsel..

      Delete