Rejeki Nomplok ! Ada Question Hub Penuh Kumpulan Ide Gratis Untuk Tulisan

Rejeki Nomplok ! Ada Question Hub Penuh Kumpulan Ide Gratis Untuk Menulis

"Pucuk di cinta ulam tiba"
Gitu kata pepatah lama. Masih tahu kan artinya ? Sederhananya "rejeki nomplok". Kalau yang belakangan juga tidak mengerti, yo wis, nggak usah dipikirin. Tapi, kalau mau tahu maknanya yaitu dapat rejeki yang tidak disangka-sangka pada saat sedang butuh.

Itu lah perasaan saya pagi ini. Sudah beberapa hari ini agak ruwet juga kepala karena target ngeblog 2020 sepertinya tertinggal jauh dari jadwal. Produksi artikel tidak secepat yang diharapkan dan jadwal.

Salah satu hambatannya ada pada kebutuhan ide tulisan yang meski sudah banyak, tetap saja terasa kurang dari kebutuhan. Padahal, sudah banyak waktu dibuang untuk membuat daftar dan gudang ide.

Maklum lah, terkadang otak yang sudah tua dan lelah dipakai berpikir di kantor dan mikirin kreditan sering mulai ngadat dan terasa berat untuk berpikir lebih keras lagi. Jadinya, aliran ide sering mampet belakangan ini.

Tidak berarti nol besar, tetapi kurang lancar saja.

Nah, pagi ini wajah saya sumringah banget, rasanya. Selain karena ada email dari bos memberitahukan adanya sedikit tambahan pendapatan dari hasil kerja di tahun lalu, bonus, juga ada sesuatu di layar dashboard blogger yang membuat hari terasa lebih cerah.

Tampilannya, seperti di bawah ini.

Rejeki Nomplok ! Ada Question Hub Penuh Kumpulan Ide Gratis Untuk Tulisan


Iya, sekedar pemberitahuan lahirnya Question Hub (Pusat Penghubung Pertanyaan).

Kalau baca penjelasannya adalah tempat dimana kumpulan pertanyaan-pertanyaan yang dimasukkan para pencari informasi ke kolom pencarian Google, dan TIDAK TERJAWAB. Entah bagaimana Google mengklasifikasikannya sebagai tidak terjawab.


Membaca penjelasan singkatnya, gudang pertanyaan tak terjawab ini memang disediakan dan disebarkan ke blogger atau penulis dunia maya. Harapannya, jelas dong, Google bisa menyediakan informasi-informasi itu kepada yang mencarinya.

Bagi saya sendiri ini adalah sebuah kesempatan bagus juga.

Daripada kepala puyeng mikirin ide tulisan baru, kenapa tidak mencoba menjawab apa yang dicari orang lain? Tentunya, dalam bidang yang saya kuasai.

Google untung karena ada yang menjawab pertanyaan itu dan kredibilitasnya sebagai mesin pencari nomor satu tetap terjaga. Bagi saya, sebagai blogger, ada keuntungan bahwa ada ide yang secara riil memang dicari orang (meski entah seberapa banyak).

Jadi, sebuah hal yang win-win.

Bagi saya sendiri jelas membantu karena dengan begitu idenya sudah disediakan banyak sekali. Yang perlu dilakukan hanyalah memilah dan memilih yang sesuai dengan minat dan kemampuan.

Paling tidak saya bisa menghemat waktu dan bisa lebih meluangkan waktu untuk menulis dan bukan berkutat mencari dan mencatat ide (meski tetap akan saya lakukan terus juga).

Apalagi, kalau menurut kita pertanyaan "TAK TERJAWAB" di Question Hub itu sebenarnya sudah terjawab oleh salah satu tulisan di blog kita, kita bisa masukkan URL tulisan yang berkaitan dengan pertanyaan itu.

Entah apa efeknya nanti, belum tahu juga. Tapi, setidaknya, ada kesempatan tulisan yang sudah ada mendapat pembaca lagi. Dan, performa link yang kita kirimkan bisa dilihat melalui dashboard Question Hub juga. Datanya pasti lumayan akurat karena untuk itu produk baru Google ini akan butuh terhubung dengan Search Console.


Rejeki Nomplok ! Ada Question Hub Penuh Kumpulan Ide Gratis Untuk Tulisan



Mungkin ada baiknya rekan blogger mulai melirik ke fitur Question Hub ini karena saya rasa banyak untungnya di masa depan bagi perkembangan blog kita.

Jakarta, 29 Januari 2020

12 Responses to "Rejeki Nomplok ! Ada Question Hub Penuh Kumpulan Ide Gratis Untuk Tulisan"

  1. Baru lihat juga tadi soal Question Hub ini di dashboard blogger :D tapi setelah sign up, masih bingung bagaimana cara menggunakannya hihi~

    Nanti kalau butuh pertanyaan, mungkin saya akan buka lagi page-nya. Thanks for the detail mas, it helps much! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha... cara menggunakannya gampang, setelah login/signup.. masukkan saja keyword yang dimau.. nah setelah itu akan muncul pertanyaan yang masuk via kolom pencarian Google yang "dianggap" belum terjawab alias belum ada informasinya

      Delete
  2. Wah...saya udah nyobain ini cuman tema yang saya pilih lagi ga mood nulis. Beneran ngebantu kita bikin konten dengan pembahasan lebih deep, ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya sih bilang bukan soal "deep" alias pembahasan yang mendalam. Saya pikir ini hanya sekedar sumber ide baru saja.

      Masalah dalam tidaknya pembahasan akan tergantung pada penulisnya. Bagaimana dia bisa mengolah ide ini.

      Jadi, saya sih ga pikir ada kaitan dengan deep atau tidaknya pembahasan

      Delete
  3. Kemaren saya bingung itu apaan pak, saya coba klik-klik tapi gak ngerti itu buat apa. tapi setelah baca di sini baru tau.

    kalau pertanyaan yang belum terjawab itu, bisa jadi gudang ide. : )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan sesuai dengan prinsip blogger, menjawab terhadap pertanyaan yang dibutuhkan orang. Nah, ini kan ada pertanyaan yang belum ditemukan jawabannya, jadi ya bisa menjadi sarang ide tuh mas

      Delete
  4. Saya belum terlalu paham dengan question hub, mungkin menjawab pertanyaan orang yang tidak ditemukan di mesin pencari ya.

    Terus misalnya kita jawab pertanyaan orang, apakah ada backlink ke blog kita atau ngga? Atau dapat reward $$$ ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Intinya bahwa Google belum bisa menemukan tulisan yang menjawab pertanyaan yang masuk ke kotak pencarian mereka. Dibuat list dan dimasukkan ke Question HUb.

      Masalah backlink, saya kurang paham, tetapi ada fitur dimana kalau kita sudah membuat tulisan tentang itu, kita bisa memasukkan link tulisan kita di bagian pertanyaan itu

      Delete
  5. seperti google trends juga ya.. tapi emang persaingan keyword sih om.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mirip.. cuma tentang pertanyaan yang belum ada jawabannya

      Delete
  6. Hiks, saya close dong kemaren, terus munculinnya lagi gimana Pak? cari dengan keyword Question Hub ya?

    Bagus juga sih, karena zaman now, mencari jawaban yang lebih terpercaya kadang ketutupan blogger yang jago SEO tapi artikel nggak dipertanggung jawabkan hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gampang kok.. pake questionhub.google.com saja untuk memunculkannya lagi.

      Memang bagus sih menurut saya juga

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel