Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hutang Di Dunia Blogging Yang Akan Saya Bayar Tahun 2020

Hutang Di Dunia Blogging Yang Akan Saya Bayar Tahun 2020

Janji adalah hutang.

Dan, dalam dunia blogging, saya pernah membuat janji kepada seorang kawan, yang biasa berantem dan bercanda bareng, Kang Nata, sang boss Asikpedia.

Dalam sebuah kolom komentar di blog ini, ia menyarankan agar saya membuat sebuah tulisan, yang sebenarnya sudah dibahas ratusan bahkan ribuan kali oleh blogger lain, yaitu tentang "Cara mengelola blog dengan baik".



Begini katanya.

Hutang Di Dunia Blogging Yang Akan Saya Bayar Tahun 2020

Entah mengapa bos Asikpedia dan Khasiatjitu itu menyarankan seperti itu. Padahal, saya bukan blogger sukses dan bukan seorang master blogger. Terkenal saja tidak.

Tapi, saya menyanggupinya dan berjanji akan menulis tentang hal itu di blog ini. Meski, sepertinya Kang Nata sedang berada entah dimana, tetapi janji adalah janji, dan janji itu hutang. Tidak peduli apakah ia akan datang kesini atau tidak, saya berniat melunasi janji tersebut.

Cuma, saya tidak bisa, mungkin karena saya bukan seorang master, untuk membuat satu tulisan saja. Terlalu banyak aspek dalam ngeblog yang rasanya sulit dirangkum dalam satu tulisan saja. Lagi-lagi, mungkin karena kemampuan saya memang seperti itu, jadi rasanya tidak mungkin bisa tulisan tentang "Cara mengelola blog dengan baik" dibuat hanya menjadi satu tulisan saja.

Jadi, saya putuskan membuat satu seri tulisan yang setiap tulisan akan membawa satu sisi terkait mengurus blog yang baik (menurut saya).

Seri tulisan ini akan selalu dimulai dengan judul "SERI CMBYB - CARA MENGELOLA BLOG YANG BAIK" + No Urut (#001) dan seterusnya. Kemudian akan ditambahkan topik apa yang diulas disana, seperti "Cara ini dan cara itu".

Dan, semuanya diharapkan bisa tuntas di tahun 2020. Banyak sekali? Pasti banyak karena seperti sudah diketahui bersama, mengelola blog itu ibarat menjalankan roda perusahaan media seorang diri. Tidak sedikit tugas dan pekerjaan yang harus dilakukan.

Tentunya, untuk mengurangi rasa bosan kalau membahas hal-hal yang seperti itu terus menerus, saya akan menyelinginya dengan tulisan lain ala blogger katrok bin bengal.

Nah, itulah janji saya di tahun yang baru berjalan 15 hari ini, bahwa saya akan menepati janji dan melunasi hutang kepada Kang Nata.

Kalau kebetulan ada yang bertemu dengan si "Jet Lee" dari Ogan Komering itu, mohon bantuan untuk memberitahukan bahwa Maniak Menulis akan menepati janjinya tahun ini.

Jakarta, 15 Januari 2020


7 comments for "Hutang Di Dunia Blogging Yang Akan Saya Bayar Tahun 2020"

  1. Ditunggu tulisan perihal tips jitu mengelola blog dengan baik, mas :D
    Kebetulan saya butuh ilmu-ilmu baru dari dunia blogging hihihi~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah, saya seperti menebar garam ke laut kalau ke si Mbak mah.. malu aku jadinya..

      Delete
  2. hahahaha, bakal sumringah tuh si Kang Mas Jet li kalau baca ini :D
    Tapi kalau menurut saya nggak salah Kang Nata meminta hal itu, soalnya Pak Anton berhasil mengelola beberapa blog dan semuanya bisa menghasilkan.

    Saya satu blog aja, mau pingsan rasanya hahaha.

    Setuju juga, mengelola blog itu kayak menjalankan perusahaan seorang diri, semua dilakukan sendiri, bukan sekadar nulis saja.
    Dan itu yang kadang bikin saya nyaris nggak sanggup.

    Hanya karena saya suka nulis aja, makanya masih bisa bertahan.
    Meski kurang tidur hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru nyaris kan.. hahahaha.. Pasti sanggup Rey. Tidak mudah memang, dan kurang tidur memang bakalan terjadi dalam hal ini. Memang ada pengusaha yang cukup tidur.. wkwkwkw

      Tetap semangat Rey

      Delete
  3. Di tunggu Tipsnya, biar tahun 2020 makin lancar ngeblognya. lama gak buka blog kangen juga. Sibuk di dunia perkodingan terus gak nulis-nulis jadi keterusan malesnya.

    Semoga kedepan, makin semangat lagi ngeblognya.

    ReplyDelete
  4. Kak Jet Lee berhasil memancing abang untuk menepati janji di 2020 ini ya. semangaaat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gitu deh.. entah dia pake ajian apa bisa begitu..

      Delete