Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan Blacuk : Mencoba Terjun Ke Bisnis Online Dan Menjual Produk Sendiri

Mencoba Terjun Ke Bisnis Online Dan Menjual Produk Sendiri

Mungkin, bagi yang sudah terbiasa datang ke Maniak Menulis akan sedikit heran dengan adanya sebuah banner atau iklan yang berada di bagian atas blog ini. Bentuknya, persis seperti image dalam tulisan ini.

Iklan tersebut bukan iklan Adsense.

Iklan itu juga bukan iklan mandiri hasil negosiasi di belakang layar.

Bukan juga iklan afiliasi.

Tidak ada uang yang didapat dari terpasangnya iklan itu di blog Maniak Menulis.

Iklan itu adalah sebuah langkah awal yang tertunda hampir selama satu tahun.

Di akhir tahun 2018 dan awal tahun 2019, saya dan seorang kawan lama memang berniat mendirikan sebuah usaha bisnis yang bertema "ramah lingkungan". Kebetulan, sahabat masa SMA itu memiliki pandangan yang mirip dalam hal ini, yaitu mencoba mendorong masyarakat menjadi lebih ramah lingkungan dalam kehidupannya.

Nah, hasil ngobrol lama itu akhirnya tertuang dalam sebuah bentuk usaha, yaitu menjual produk ramah lingkungan untuk menggantikan yang sekarang umum dipakai. Dimulai dengan niat mempromosikan penggunaan tas blacu sebagai pengganti kantong plastik sekali pakai.

Dan, saat itu lahirlah BLACUK.

Brand yang akan dikembangkan untuk mempromosikan dan menjual produk yang ramah lingkungan.

Sempat berjalan beberapa bulan untuk pengembangan produk dan berbagai hal lain, tetapi kemudian stagnan. Masalah utamanya sangat klasik dan memang selalu dihadapi, yaitu kekurangan waktu yang sangat parah.

Bukan cuma saya, tetapi sahabat saya juga begitu. Ia bekerja di Cikarang dan masih menjadi karyawan di sebuah perusahaan trading. Ia masih harus mengurus keluarga dan banyak hal lainnya. Jadi, yang namanya waktu itu memang sangat sempit sekali.

Setelah beberapa bulan sempat vakum, kami berdiskusi kembali dan sepakat untuk kembali ke ide awal, membangun dan mengembangkan ide BLACUK.

Dan, untuk itulah banner BLACUK dipasang di Maniak Menulis.

Kebetulan, sebagai seorang blogger, saya cukup memahami sedikit tentang bagaimana pemasaran secara online dan menyadari potensi blog sebagai tempat untuk memasang iklan. Buktinya dari Adsense sendiri saya mendapatkan penghasilan, tetapi kali ini saya akan menggunakannya untuk memperkenalkan BLACUK kepada dunia luar.

Saya ingin bilang bahwa ada satu lagi produk yang lebih ramah lingkungan lahir ke bumi. Masih merangkak memang, tetapi kami akan berusaha untuk terus mengembangkan di masa yang akan datang.

Lahirnya Blacuk juga memang sesuai dengan beberapa hal yang saya targetkan di masa depan, yaitu berusaha untuk mendapatkan penghasilan dari kegiatan yang satu ini. Saya sudah menetapkan untuk menjadi 50% blogger 50% wirausaha.

Untuk sementara penghasilan dari ngeblog masih berasal dari satu sumber utama, yaitu penghasilan Adsense yang, Alhamdulillah, saat ini membaik.

Tetapi, saya ingin melangkah lebih jauh lagi, yaitu menjual produk sendiri. Dengan begitu, saya memegang kontrol lebih luas lagi dan tentunya berharap bisnis yang satu ini bisa memberikan "lebih banyak" lagi di masa yang akan datang.

Tentu saja, saya tidak akan melepaskan kegiatan ngeblog saya. Bagaimanapun, justru intinya tetap berbasis pada kegiatan yang saya sukai ini. BLACUK adalah pengembangan dari ide dasar tersebut.

Selama ini jaringan blog yang saya buat sudah cukup memiliki pembaca. Dan, dari sana saya melihat peluang untuk mempergunakannya juga sebagai lahan memperkenalkan brand Blacuk.

Bukan itu saja sebenarnya, saya juga sudah membuat rencana dan strategi untuk menjadi internet marketer, khusus untuk Blacuk dengan membuat akun khusus di Instagram dan Facebook. Ke depannya masih ada beberapa media sosial lainnya yang akan dipergunakan untuk menyebarkan brand ini.

(Percayalah, saya tidak akan menjadi internet marketer seperti yang banyak ditulis orang yang merasa pakar. Saya punya gaya dan cara sendiri)

Mengingat keterbatasan waktu, untuk sementara hanya dua medsos ini yang akan dipakai, sampai ada tambahan tenaga di masa lalu.

Jadi, itulah alasan kenapa ada iklan BLACUK di bagian atas blog ini. Mungkin tidak akan seterusnya, mungkin juga seterusnya tetapi akan berpindah posisi, yang manapun belum ditentukan karena akan tergantung situasi dan kondisi. Yang jelas juga, iklan dan banner seperti ini akan terpasang di jaringan blog Lovely Bogor.

Doakan yah agar bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Kalau Anda sempat, silakan berkunjung ke www.blacuk.com, atau akun Instagram  dan Facebook Blacuk ya

6 comments for "Iklan Blacuk : Mencoba Terjun Ke Bisnis Online Dan Menjual Produk Sendiri"

  1. Saya sudah coba tengok blog nya. Semoga sukses jualannya. Lebih utama lagi, semoga pencemaran bisa kita kurangi bersama-sama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaamiin.. makasih doanya Nisa.. dan maaf baru dibalas.. Maklum baru habis cuti panjang

      Delete
  2. Saya sejak kemarin liat banner di atas, kirain itu iklan ads hahaha.
    Baru ngeh setelah baca tentang akun facebook kemarin, dan lebih ngeh baca ini.
    Semoga usahanya laris manis dan meluas ya Pak, konsepnya bagus banget tuh.
    Sekarang orang lagi booming banget meminimalisir pemakaian kantong plastik.

    Sayapun juga sering ke mana-mana bawa tas khusus, kebetulan saya punya banyak tas dari goodie bag hahaha.

    Cuman memang masih sulit dibawa karena agak tebal, kalau tipis kayak gini bagus tuh Pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahahaha.... itu Blacuk Ads...Makasih doanya Rey

      Delete
  3. Semangat, Pak Anton. Setiap permulaan untuk usaha baru tidaklah mudah, yang penting tetap berani melangkah.

    Konsep tas ramah lingkungan itu sudah bagus. Semoga penasarannya kian meluas sehingga dikenal masyarakat

    Saya juga biasa bawa tas khusus dari rumah kalau mau ke pasar m penting artinya bagi saya. Kontribusi lingkungan dimulai dari diri sendiri.

    ReplyDelete