Update Algoritma Google Nopember 2019 Benar-Benar Bikin Keleyengan

Update Algoritma Google 2019 Benar-Benar Bikin KO

Mantap rasanya, pakai "banget". Sepulang dari dinas luar dan melepas diri dari dunia blog, pening kepala langsung begitu melihat grafik perkembangan semua blog dalam jaringan Lovely Bogor.

Semua memperlihatkan sinyal yang sangat tidak menyenangkan. Menukik. Drastis. Persis seperti seorang pemain ski yang meluncur turun.

Dan, semuanya terjadi dalam waktu yang sangat singkat sekali.

Paling tidak angka 30% menyeruak saat coba dihitung penurunan "pageviews" dibandingkan sebelum berangkat tugas. Itulah angka rata-rata dari kesemua blog yang ada dan dari berbagai macam topik.

Angka yang sebenarnya tidak normal hanya karena tidak diisi dengan artikel baru selama beberapa hari. Juga, pastinya bukan sebuah kejadian rutin mingguan karena gejala terlihat di berbagai topik, dari yang pelajaran sekolah sampai yang wisata.

Mumet.. sebentar. Yah, namanya juga masih manusia, jadi terkadang kejutan tidak menyenangkan seperti ini pasti membawa efek (Mungkin, nanti kalau sudah berhenti jadi manusia, tidak akan ada lagi rasa mumet seperti ini).

Kecewa ? Pasti rasa itu ada. Apalagi selama 3 bulan terakhir, perkembangan semua blog terlihat membaik dan trafik terus memanjat ke atas dengan baik. Pertumbuhan uang dollar yang masuk juga paralel dengan kenaikan tersebut. Jadi, tetap saja rasa itu, meski tidak diperintah, nongol dan hadir di dalam hati.

Mirip dengan jelangkung, yang datang tak diundang, pulang tak diantar. Suka suka dewek.

Tapi.... Cuma "sebentar"

Situasi seperti ini bukan sebuah hal yang baru. Kehidupan sebagai blogger yang sudah dijalani selama 5 tahun, mengajarkan bahwa kalau gejala seperti ini timbul, biasanya saya tidak sendirian mengalaminya.

Gejala ini biasanya ditimbulkan oleh perubahan Algoritma Google.

Dan, benar saja!

Beberapa website yang mengamati khusus tentang Search Engine Google, seperti Seroundtable, memberikan indikasi memang ada perubahan Algoritma Google yang terjadi sejak 7 Nopember 2019 yang lalu.

Meski, lagi-lagi tanpa penjelasan dari pelakunya.

Tebakan saya juga betul, saya bukan hanya satu-satunya korban yang mengalami penurunan drastis sampai 30%. Banyak webmaster lain yang juga mengalaminya dan dari semua niche. Malah, ada yang mengalami trafik pengunjung menukik sampai 50%.

Yang misuh-misuh banyak karena korbannya bukan hanya pelaku black hat, tetapi yang jujur (white hat) dan tidak pernah neko-neko, seperti saya juga (sombong dikit lah soal yang ini).

Entah, apa yang disasar dari update Algoritma Google bulan Nopember 2019, tapi rasanya sih pasti demi perbaikan dari sang Mesin Pencari sendiri agar terus semakin membaik dalam memberikan hasil bagi penggunanya.(Sekedar coba berpikir positif, lagipula tidak bisa berkutik dalam hal ini mah sebagai blogger yang mengandalkan mesin pencari Google dalam menjaring pembaca)

Memang, rasanya seperti petinju terkena pukulan lawan. Keleyengan.

Untungnya, cuma sebentar saja.

Setelah itu, everything is back to normal. Kembali seperti sediakala.

Belajar dari pengalaman selama ini, tidak ada gunanya berkeluh kesah, tidak ada manfaatnya mencari cara untuk mengatasi update algoritma sang raksasa. Lebih baik segera move on dan kembali kepada tujuan awal dan melakukan pemecahan yang saya tahu, yaitu menulis terus.

Lagipula, jatuh bangun, kecewa senang adalah bagian dari kehidupan. Sesuatu yang harus diterima dan akan terus terjadi selama masih hidup.

Jika tidak bisa, maka saya harus berhenti menjadi blogger dan juga .... manusia. Sebab, hanya dengan begitu yang seperti ini akan hilang.

8 Responses to "Update Algoritma Google Nopember 2019 Benar-Benar Bikin Keleyengan"

  1. Setelah pulang Dinas luar ,kepala jadi pening, masak sih Pak...? Dana SPPD-nya Kurang yah ? .... :) hahahah...bercanda. Oyy...... !

    Saya baru tahu kalau ada update algoritma ......, dan trafik blog saya kayaknya gitu gitu saja, ngak ngaruh, atau belum ngaruh.....atau google sudah males mempengaruhi blog saya yg notabenenya adalah blog acak - acakan....entahlah saya kudu memperhatikan perkembangannya beberapa minggu ke depan. Siapa tau ntar ikutan pening juga.hahaha.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Entahlah. Tapi karena akang kan tidak bergantung pada mesin pencari dalam mencari trafik, jadi wajar saja kalau perubahan algoritma Google tidak berpengaruh banyak.

      Cuma, bagi yang bergantung pada mesin pencari, seperti semua blog saya, ya kerasa banget.

      Kalau memang tidak merasa bergantung pada mesin pencari, mengapa perlu mengamati?

      Delete
  2. Kalau blog saya sih gak terasa, karena trafiknya masih rendah, kalau blognya sudah besar kayak blog pak Anton, saya rasa wajar untuk panik dan mengamati dengan saksama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah.. justru karena blog saya masih kecil, kepala jadi puyeng. Kalau sudah besar mah, ga mikirin lagi yang kayak gini...

      Insya Allah blog mas Faisal akan menjadi besar

      Delete
  3. Blog saya mah udah dari kapan tahu trafiknya turun. Sekarang sudah ngga merhatiin lagi. Nulis juga sedang malas. Tapi bukan karena trafik sih, murni karena malas aja. Kalau ngga ada yang ngasih kontent, kayanya malas publish deh, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi.. nah ini mah susah obatnya. Pantes beberapa kali bolak balik kesana belum ada yang baru lagi.. Rupanya sedang ada yang kena penyakit malas..

      Hehehe.. jangan-jangan kata orang, tanda mau punya momongan tuh.

      Delete
  4. Hmm... saya dari awal mulai nulis (2014) sampai sekarang gk pernah sama sekali perhatiin perkembangan dari algoritma gugle.

    Alasan utama ya.. males aja mikirin yang terlalu "teknis", toh kita buat tulisan buat manusia juga bukan buat bot hehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bagus banget kalau begitu. Saya masih karena lumayan nambah pengetahuan dan bahan tulisan

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel