Target Ngeblog 2020 : Realistis Atau Tidak ?

Target Ngeblog 2020 : Realistis Atau Tidak ?

Saat tulisan ini dibuat, bulan Nopember 2019 akan segera berakhir. Hanya tersisa 3 hari (dengan hari ini) sebelum mencapai ujungnya. Artinya, setelah itu hanya tersisa satu bulan lagi, Desember sebelum tahun 2019 menjadi sejarah

Banyak yang terjadi, seperti juga tahun sebelumnya, dalam perjalanan ngeblog saya.Yang paling akhir terjadi adalah hantaman dari perubahan algoritma Google yang mengakibatkan trafik menukik hampir 40%-an. Pembayaran Adsense yang masih tertunda.

Semuanya memberikan sinyal "negatif" tentang kehidupan blogging. Paling tidak, memberikan fakta bahwa kehidupan sebagai blogger pemburu recehan bukanlah hal yang mudah. Tidak seperti yang diceramahkan dan dipercaya banyak orang kalau menjadikan blog sebagai bisnis itu mudah.

Akan selalu ada tantangan dan hambatan yang hadir.

Tidak akan pernah mulus.

 Tetapi, tahun ini juga harus dilihat dari sisi lain, bahwa penghasilan dari Adsense juga meningkat dibandingkan tahun 2018. Entahlah mengapa bisa naik. Mungkin karena secara keseluruhan trafik pengunjung juga tetap naik meski di akhir tahun melempen dihantam badai. Mungkin juga karena CPM atau CPC membaik.

Yang penting, tetap ada fakta bahwa secara penghasilan, tahun 2019 tetap lebih baik.

Jadi, secara keseluruhan, sebagai 50% blogger dan 50% wirausahawan, saya harus menyimpulkan kalau tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya karena pendapatan yang membaik.

Nah, berdasarkan fakta inilah hitung-hitungan dibuat. Namanya juga sedang belajar jadi bisnisman, jadi yang satu ini harus ditetapkan dulu. Target harus dibuat dulu sebelum kemudian dibuatkan rencana untuk mencapainya.

Target saya di tahun 2020 tidak rumit. Cuma angka-angka saja. Maklum,saya hanya mau terfokus pada hal yang bisa dikendalikan saja, yaitu jumlah artikel yang diproduksi.

Untuk yang lain, seperti trafik pengunjung, rasanya sulit mengontrol apalagi jaringan blog Lovely Bogor bergantung pada mesin pencari dalam mendatangkan trafik. Semua tergantung pada mesin pencari, terutama Google, yang sedang rajin update algoritmanya. Sangat sulit untuk dikontrol dan diprediksi.

Jadi, saya akan tetap fokus pada target kuantitas artikel saja.

Berdasarkan kondisi perhari ini, saya menetapkan target yang harus dicapai sampai akhir tahun 2020 seperti di bawah ini.

NAMA BLOGSEKARANGTARGET
UMUM SEKALI9122000
MANIAK MENULIS6271500
LOVELY BOGOR12302000
TALKING INDONESIA88400
CELOTEH ORANGTUA80400
CELOTEH HIJAU60400
LINGKUNGAN HIDUP104500
LB FOTOGRAFI263600
POJOK MENULIS9382000
MANIAK POTRET2741000
BLOGOPIX106500
468211300


GILA ?

Memang. Saya sendiri berpandangan bahwa target di atas mendekati "Mission Impossible". Berat pake bingitz. Tidak heran juga kalau ada yang mengatakan saya tidak "realistis" membuat target seperti itu.

Tidak akan saya salahkan.

Hanya saja, saya sudah beralih menjadi 50-50 blogger-wirausahawan. Jadi, pola pikir juga harus berubah. Saya tidak bisa lagi main aman dengan membuat target yang mudah dan bisa dicapai, tetapi saya harus menetapkan sesuatu yang memang diinginkan.

Keinginan saya adalah tahun depan penghasilannya menjadi 2 kali lipat dari tahun ini. Dan, kesemua itu, berdasarkan perhitungan saya bisa dicapai dengan melipatgandakan jumlah artikel seperti itu.

Asumsinya sederhana saja, kalau dengan artikel 4682 sekian, saya mendapatkan (misalkan 100 dollar), maka untuk mendapat 200 dollar, maka butuh 9364 artikel. Tambahan sekitar 1000 artikel adalah toleransi 10-12% mengingat akan selalu ada naik turunnya, dan tambahan ini untuk memastikan pendapatan menjadi 2 kali lipat dan tidak kurang.

Saya tidak akan melakukan promosi karena kalau dilihat tidak banyak gunanya bagi pendapatan Adsense. Juga tidak mau menghabiskan waktu mencari backlink karena sepertinya tidak cocok dengan pola dan karakter ngeblog saya.

Jadi, itulah target saya di tahun 2020 nanti.

Berat ? Sangat.

Jika dilakukan seorang diri.

Sangat mungkin sekali, tahun depan strategi akan berbeda. Produksi artikel selama ini hanya bersandar pada blogger tunggal, yaitu saya sendiri. Tetapi, rasanya untuk mendapatkan target seperti di atas, cara itu tidak cocok karena bagaimanapun tenaga dan waktu satu orang sangat terbatas.

Jadi, rasanya perlu pendekatan dan pemecahan yang berbeda.

Entah seperti apa nantinya, akan dipikirkan setelah mengumumkan target ini dulu.

Setidaknya, untuk tahun depan, saya sudah memiliki target pencapaian. Berhasil atau tidak, tergantung bagaimana saya merencanakan, mengeksekusinya, dan menemukan solusi terhadap hambatan dan tantangan yang ada.

Wish me luck, bro and sis!

19 Responses to "Target Ngeblog 2020 : Realistis Atau Tidak ?"

  1. Masyaallah...beneran ternak blog ya...
    Seru juga.....
    Semoga target tercapai dan nurut saya realistis kok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Hanila.. Memang seru ternak blog itu..

      Aaaminn..makasih doanya

      Delete
  2. Wah ini benar-benar luar biasa, saya saja tidak berani buat target banyak seperti itu, apalagi blognya beda-beda, satu blog saja saya merasa kewalahan. Semangat Pak! Semoga targetnya tercapai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. yah pertama saya juga khawatir tidak memenuhi target, tetapi saya melihat sisi baiknya bahwa hal itu akan terus memacu saya untuk terus menjadi blogger yang produktif.

      Berat mah pasti.. sudah terbayang, tetapi bukankah disitu seninya, yaitu berjuang, berpikir dan berusaha.

      Makasih doanya mas..

      Delete
    2. Nah itulah yang saya suka, semangatnya itu.

      Sama-sama pak.

      Delete
  3. Setelah saya hitung - hitung, targetnya " Memang Luarrrr biasa ". Luar biasa berat bangetz Ndroh..!!!, hehehe....

    Kecuali Pak Anton kerjanya sehari - hari cuma nulis blog doang, atau ada team lain yang ikutan menulis, mungkin targetnya bisa terwujud .

    Tapi.........!

    Bak Pepatah " Gantungkan cita - citamu setinggi langgit, " walau akhirnya cuma sampai di Bulan, Toh sudah tinggi juga ".

    Mungkin ini yang bakal terjadi, walau targetnya tidak tercapai diakhir tahun 2020, toh pertumbuhan artikel blog Pak Anton tetap tinggi dari tahun 2019 ".

    # tapi....kalau nanti targetnya tercapai, jangan lupa nih,,,kami ditraktir makan - makan , hahahaha.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha... target akhirnya kan penghasilan dua kali lipat dari Adsense.. Biar ga tercapai jumlah tulisannya, asal target penghasilan tercapai juga sudah membuat senang..

      Memang ditargetkan bukan ditulis sendiri Kang Nata, nggak akan sanggup meski waktu cukup sekalipun. Targetnya memang dibuat berdasarkan asumsi ada penulis lain yang bantu, jadi rencana tahun depan melibatkan tim dan bukan sendirian

      Delete
    2. Soal traktir mah.. asal mau ke Bogor juga saya traktir dah, nggak usah nunggu tahun depan..:-D

      Delete
  4. Wah gila... menginspirasi buat saya yang bermasalah dengan kontinuitas menulis blog... thnks suhu. tahun 2020 saya juga bikin target nulis blog ah... dan semoga bisa menerbitkan buku... aamiin.. (tolong diaminkan guys)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin dong targetnya agar kita bisa terus bersemangat mengejar sesuatu yang lebih baik.

      Memang gila, dan bikin pusing, tetapi justru disitu tantangannya dan menariknya. Kalau mudah sih, ngapain juga dibuat target.

      Iya kan?

      Delete
  5. Perubahan algoritma tidak berpengaruh pada blog bersih. Itu ditegaskan Google pada situs resmi mereka.

    Ada banyak faktor diluar itu yang sedang mereka awasi.

    Salut sama jumlah blognya saya rasanya gak akan sanggup mengelola sebanyak itu, apalagi artikelnya sudah 4000 lebih, saya hanya punya 500 artikel kalau gak salah. Terlalu sulit membagi waktu dan membuat konten tulisan sesuai niche blog.

    Saya ucapkan selamat dan teruslah menulis!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teorinya begitu.. tetapi kenyataan di lapangan membuktikan lain. Keluhan karena penurunan trafik terjadi baik bagi yang memakai black hat atau white hat, atau bahkan yang tidak pakai teknik apapun.

      Blog yang saya kelola, bahkan promosi saja tidak dan hasilnya tetap saja terkena ketika terjadi perubahan algoritma. Bukan algoritma penghukum yah, tetapi karena memang pada dasarnya ada perubahan dalam algoritma pencarian secara global.

      Jadi, jangan percaya seratus persen dengan apa yang tertera di Google. Faktanya ternyata juga berbeda dan bahasa yang dipergunakan rancu.

      Memang berat, tetapi justru disitu menariknya. Kalau ringan, tentunya tidak akan menarik, setidaknya buat saya. Lebih menantang melakukan sesuatu yang hampir tidak mungkin dilakukan, daripada yang pasti bisa dilakukan

      Thank U

      Delete
  6. Kembali lagi saya mengunjungi blog Mas Anton. Selalu ada inspirasi untuk menulis. Salam hangat selalu, Mas....

    Target seperti ini, menurut saya, hal kecil. Mas Anton seharusnya lebih dari apa yang ditulis dalam tabel itu. Saya percaya itu, Mas ... Pun semoga saya juga bisa mengikuti. Heheheee....

    ReplyDelete
  7. Luar biasa Pak. Semoga tahun depan semangat menulis tentap konsisten, dan rejeki semakin mengalir sesuai dengan kerja keras kita. Sukses selalu Pak.

    ReplyDelete
  8. Saya ampir tiap kali kunjungi blog ini di sela2 rehat makan siang... banyak tulisan2 menarik. And target di atas luar biasa. Bikin merinding..hehe.. Sukses terus y Pak.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel