Pembayaran Adsense Bulan Nopember Terlambat [LAGI] - Pasti Efek BLACK FRIDAY

Pembayaran Adsense Bulan Nopember Terlambat [LAGI] - Pasti Efek BLACK FRIDAY

Biar bukan paranormal, saya cukup yakin kalau di malam Minggu yang kelabu karena hujan baru saja mengguyur Bogor, ada banyak orang yang sedang galau, panik, dan manyun. Bukan karena tidak bisa apel pacar dan hanya berlaku pada kalangan khusus saja, yaitu para publisher Adsense atau divisi periklanan Google.

Bukan hanya di Indonesia saja loh. Di seluruh penjuru dunia juga.

Sebabnya ? Karena pembayaran Adsense bulan Nopember terlambat. Dashboard akun saya memang menyebutkan hal itu. Dollar jatah saya bulan ini ternyata belum dikirimkan via Western Union, padahal biasanya sudah ada pemberitahuan sejak tanggal 21 tiap bulan. Cuma untuk bulan kesebelas ini, meski sudah tanggal 23 Nopember, belum ada pemberitahuan sama sekali.

Yang ada hanyalah sebaris keterangan berisi 3 huruf saja "Automatic Payment Pending". Itu saja dan tanpa kata-kata penjelas tambahan sama sekali.

Pembayaran Adsense Bulan Nopember Terlambat [LAGI] - Pasti Efek BLACK FRIDAY

Buat yang belum biasa, mungkin rasa galau dan cemas akan menyeruak dalam hati. Pertanyaan seperti, "Mungkinkah ada kesalahan yang saya lakukan sehingga pembayaran ditunda?" atau "Mungkinakah saya dibanned?" tidak jarang akan hadir menyikapi situasi yang ini.

Buat yang sudah biasa, "Paling akan berkata, "Ada masalah teknis kah?". Bagaimanapun Google adalah buatan manusia sangat mungkin mengalami kesalahan, baik manusia ataupun kesalahan teknis. Jadi, keterlambatan pembayaran sangat mungkin terjadi.

Jadi, itulah kenapa saya cukup yakin ada cukup banyak orang yang sedang resah karena hal yang satu ini.

Cuma, saya sudah tidak lagi khawatir tentang situasi yang satu ini. Beberapa tahun terakhir, saya sudah mengalaminya beberapa kali, jadi sudah terbiasa. Satu dua tahun sebelumnya, saya memang masih mencari alasan kenapa Google bisa terlambat dan sudah menemukan jawabannya.

Pasti bukan karena kesalahan saya, karena Policy Center dashboard bersih sekali dari pelanggaran kebijakan. Serta, saya tidak pernah neko-neko dalam hal penempatan iklan karena bahkan sekarang mayoritas menggunakan Auto-Ads , yang artinya saya lepas tangan dalam hal penempatan iklan.

Nah, saya cukup yakin juga bukan masalah teknis dan gangguan. Terjadinya selalu di bulan yang sama, Nopember setiap tahun. Rasaya tidak mungkin kesalahan terjadi di waktu yang sama berturut-turut selama beberapa tahun. Sekali wajar, dua kali masih mungkin, tetapi tiga atau empat kali, tidak mungkin pegawai Google sebodoh itu untuk melakukan kesalahan yang sama terus menerus dan berulang setiap tahun.

Pasti ada penyebab lainnya.

Penjelasannya adalah dua istilah, yaitu "Thanksgiving Day" dan "Black fridays".

Yang tertama adalah tradisi masyarakat di Amerika Serikat, terutama, dimana pada hari itu keluarga berkumpul dan mengucapkan syukur bersama-sama. Terjemahan dalam bahasa Indonesia adalah "Hari Pengucapan Syukur", tapi saya lebih suka menyebut sebagai "Hari Bersyukur" saja. Biasanya untuk menyambut hari ini, banyak orang akan kembali ke kampung halaman.

Tradisi ini tidak memiliki tanggal tetap, tetapi pastinya jatuh pada hari Kamis pada minggu ke-4 bulan Nopember. Jika dihitung, rata-rata hari ini akan jatuh sekitar tanggal 21-24 Nopember setiap tahun. Tanggal yang bertepatan dengan kebiasaan pembayaran Adsense ke para publisher.

Dan, jangan lupa, pegawai Google juga manusia yang butuh liburan. Mereka pasti akan memilih berlibur bersama keluarga.

Ditambah dengan datangnya "Black Friday", atau Jum'at Hitam. Istilah ini sebenarnya tidak resmi, tetapi juga sudah merupakan tradisi. Istilah ini merujuk pada hari Jum'at setelah Thanksgiving Day yang jatuh setiap Kamis. Tradisi ini dimulai tahun 2005.

Apa istimewanya Black Friday ? Kalau Anda seorang yang gemar belanja, pasti akan menyukai hari ini.

Black Friday bisa disebut sebagai HARI BELANJA. Semua pertokoan dan pusat perbelanjaan akan memberikan diskon besar-besaran kepada pembeli di hari itu. Mereka juga akan buka sejak dinihari (tidak jarang hanya beberapa saat lewat tengah malam), sampai tengah malam berikutnya.

Belanjanya gila-gilaan loh karena sejak pertama kali dilaksanakan, pada satu ahri tersebut terjadi transaksi rata-rata di atas 50 Milyar Dollar AS atau sama dengan 700 trilyun rupiah. Hanya dalam sehari.

Bisa bayangkan betapa riuhnya pusat perbelanjaan di hari ini? Kalau tidak, bayangkan suasana menjelang Lebaran di Indonesia saja.

Boleh ditebak kalau banyak pegawai Google juga kemarin, tanggal 22 Nopember 2019, sedang asyik memilih-milih barang diskonan di berbagai pusat perbelanjaan. Mana bisa berpikir pekerjaan kalau sedang sibuk memilih belanjaan dan bersenang-senang.

Setelah capek, Sabtu dan Minggu adalah akhir pekan. Ya, libur. Lagipula, perbankan juga libur di kedua hari ini.

"Urusan kerjaan mah belakangan, bersyukur dan belanja dulu saja,", begitulah mungkin pikiran para karyawan Google saat ini.

Jadi, sebenarnya tidak perlu khawatir lah untuk keterlambatan pembayaran Adsense di bulan Nopember tahun ini, 2019, dan tahun-tahun yang akan datang. Tidak ada masalah dan sangat manusiawi.

Sama seperti kita mereka juga butuh hiburan dan bersenang-senang. Meski, memang kesenangan mereka akan membuat uang yang mungkin kita perlukan agak terlambat datangnya. Tetapi, tidak ada salahnya kalau kita juga tidak terlalu memusingkan yang satu ini.

Biasanya sih, hari Senin atau Selasa setelah itu, pembayaran akan dikirimkan.

So, tidurlah dengan nyenyak. Jangan sampai pesan "automatic payment pending" mendatangkan mimpi buruk. Bayangkan saja apa yang bisa dibelanjakan minggu depan.

Sleep tight, my friend. Have a nice dream.

12 Responses to "Pembayaran Adsense Bulan Nopember Terlambat [LAGI] - Pasti Efek BLACK FRIDAY"

  1. Semoga keterlambatan pembayaran dari Pihak GA menuai hikmah yang baik yah Pak.#Latihan sabar.hahaha.

    Tapi walau terlambat, saya tetap yakin kalau nanti Pak Anton akan gajian juga dari GA . Dan Jika nanti Pak Anton butuh Nomer rekening saya,,,, silakan Inbox yah. hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha... saya mah ga khawatir Kang... Santai kok.

      Kirim sini nomor rekeningnya, nanti saya serahkan ke petugas pajak biar dicek sama mereka apakah ada tunggakan pajak..:-D

      Delete
    2. hahahah......, bisa viral dong No.rek saya.

      Delete
    3. Kan memang sudah terkenal.. siapa tahu saja ada yang mau transfer sesuatu

      Delete
  2. I cannot relate, google ads ku sudah dibanned beberapa tahun lalu wkwkwk

    Tapi gapapa lah, sekarang dpt rezeki nya dari pihak ketiga aja
    jasa article writer, review job, dan article placement

    ReplyDelete
  3. Banyak sekali orang-orang pada mengelu hal pendding ini, dimedia sosial ramai
    Pegawai google kan juga manusia, kalau hanya telat beberapa hari mah santai saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha.. sudah diduga banyak yang galau karena ini. Yah, sebenarnya juga misuh-misuh ga ada gunanya juga..Iya kan?

      Delete
  4. Dalam system online pun ternyata berlaku ya jam kerja. Black Friday artinya ga effective.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah mungkin yang terbayang dengan sistem online adalah bahwa semua dilakukan secara otomatis oleh mesin. Padahal sebenarnya di belakang layarnya ada operator yang mengawasi, kemudian supervisor yang bisa melakukan otorisasi dan seterusnya.

      Di belakang sistem online ada manusia dan manusianya butuh libur juga.

      Efektif tidak efektif itulah budaya disana.

      Delete
  5. Wahhhh saya gajiannya masih lamaaaa, susahnya buat dapet banyak yaa

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel