Menerbitkan Artikel Dengan Tanggal Masa Lalu

Menerbitkan Artikel Pada Tanggal Yang Sudah Berlalu

Biasanya pada sebuah blog, artikel atau postingan akan selalu terbit berurutan sesuai dengan kapan tombol "publish" ditekan. Saat itu postingan tersebut akan muncul dengan tanggal saat terbit tertera.

Tetapi, bagaimana kalau sebuah agen iklan yang meminta agar artikel tersebut diterbitkan dengan tanggal yang sudah lewat, alias beberapa hari sebelum saat sebenarnya artikel itu terbit. Untuk memudahkan dibayangkan, hari ini tanggal 18 Nopember 2019, tetapi entah dengan alasan apa mereka meminta agar artikel tersebut "terbit" di tanggal 18 Oktober 2019.

Bingung kan?

Nah, sebenarnya tidak usah bingung-bingung karena baik Blogspot atau Wordpress sebenarnya menyediakan fitur tersebut. Cuma, memang jarang digunakan.

Coba saja lihat fitur "schedule" atau "jadwal" yang ada di bilah kanan "ruang edit" saat kita menuliskan posting sebelum diterbitkan.

Memang, biasanya kita memakainya untuk membuat jadwal terbit di masa depan. Dengan begitu posting akan diterbitkan pada tanggal yang sudah ditetapkan.

Tetapi, sebenarnya fungsi  fitur itu juga bisa dipergunakan untuk menerbitkan posting di "masa lampau" alias tanggal yang sudah berlalu.

Hasilnya, posting tersebut tidak muncul di halaman homepage dan langsung masuk ke "arsip" saja.

Silakan coba sendiri. Siapa tahu di masa depan hal ini diperlukan sebagai syarat dari content placement, seperti yang baru saja saya alami. Dimana saya harus menerbitkan artikel dengan menggunakan tanggal di masa lalu.

Tadinya saya mau praktekkan pada tulisan ini, tetapi sayang karena informasinya jadi tidak tersampaikan kalau tulisan ini langsung masuk ke arsip. Jadi, saya tetap setting dengan tanggal hari ini saja.

1 Response to "Menerbitkan Artikel Dengan Tanggal Masa Lalu "

  1. saya kayaknya belum pernah menerbitkan artikel dengan tanggal mundur,paling paling setting tanggal artikel dengan tanggal maju namun dengan jam yang berbeda.Untuk menyelipkan artikel placement.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel