Kamera Ideal Untuk Seorang Blogger Seperti Apa Spesifikasinya?

Kamera Ideal Untuk Seorang Blogger Seperti Apa ?

Blogger butuh kamera. Tidak semua sih, cuma untuk travel blogger, fashion blogger, food blogger, pasti butuh. Apalagi bagi seorang blogger yang hendak menjadi "wartawan" bagi blognya.

Kamera menjadi kebutuhan bagi blogger tipe seperti ini karena foto atau image akan menjadi separuh jiwa dari tulisannya.

Pertanyaannya, kamera seperti apa sih yang ideal bagi kalangan blogger yang seperti ini ? Spesifikasinya seperti apa?

Sebuah pertanyaan yang sebenarnya susah-susah mudah untuk dijawab. Pertanyaan itu pernah timbul saat pertama kali ingin menjadi blogger kota dan menulis tentang berbagai hal di kota dimana saya tinggal, Bogor.

Setelah melalui proses yang lumayan panjang, lebih dari satu tahun, saya menemukan jawabannya. Mungkin tidak sesuai dengan arahan dari para master (sudah biasa kan kalo saya ngeyel), tetapi rasanya, memang begitulah kenyataannya.

Jawaban yang saya temukan adalah :

Saya ingin Samsung Galaxy S10 atau S10 Plus atau iPhone X

Yap. Benar sekali. Smartphone kelas atas ini memang yang saya inginkan untuk menemani saya dan akan sangat sesuai dengan gaya ngeblog saya.

Kecil. Ringan. Kameranya bagus banget.

Cuma, ya ada cumanya.

Harganya mahal. Entah berapa pastinya, yang jelas uang yang harus keluar bisa antara 9-15 juta untuk mendapatkannya. Kalaupun, saya punya uang sebanyak itu (dan sudah beberapa kali memang ada), tetap saja ada pemikiran "eman-eman" (sayang) untuk membelanjakan uang sebanyak itu hanya untuk sekedar smartphone.

Jangan ditiru yah, karena itu pemikiran orang miskin saja. Jadi, kalau Anda orang kaya dan tidak sayang mengeluarkan uang, ya beli saja.

Saya lebih memilih memberikan uang itu kepada yayang di rumah, supaya ia bisa membeli peralatan dapur atau kursi, atau apapun untuk menata rumah. Saya juga memilih untuk menabungnya saja untuk biaya kuliah si kribo cilik yang sekarang sudah SMA.

Jadi, kemungkinan besar, saya tidak akan pernah membeli smartphone sekelas itu. Saya idamkan yah, tetapi bukan jenis kamera ideal bagi saya.

Kamera Ideal Untuk Seorang Blogger Seperti Apa ?


Hasilnya, yang ada di tangan saya adalah sebuah OPPO A3s yang harganya hanya 1/4 atau 1/5 saja dari kamera idaman tadi. Itupun dipaksa sang kumendan yang melihat Asus Padfone warisan dari si Kribo Cilik sudah hidup segan mati bentar lagi.

Kamera belakangnya 13 MP. Kamera depan EGP (Emang Gue Pikirin) karena memang jarang selfie dan memamerkan foto di blog, jadi nggak perlu banget kecuali buat iseng kalau lagi jalan sama nyonya besar.

Lensanya kurang tajam, apalagi kalau dibandingkan dengan kamera DSLR. Fiturnya sangat terbatas karena tidak ada mode manual.

Tapi, saya merasa itulah kamera ideal bagi saya.

Mungkin akan terdengar sebagai mencari alasan bagi ketidakmampuan membeli kamera yang mahal, tetapi sebenarnya bukan demikian.

Pengalaman saya menunjukkan beberapa hal, terkait kegiatan ngeblog dan fotografi, yaitu :

1. Blog itu tentang storytelling, bercerita 

Oleh karena itu, kamera diperlukan bukan dengan tujuan sekedar menampilkan ketajaman gambar. Foto yang baik untuk sebuah blog adalah yang juga bisa "bercerita".

Dalam hal ini, kualitas lensa dan lain-lain menjadi nomor dua, tiga, empat atau keberapa lah, terserah Anda. Yang penting adalah bagaimana fotografernya menemukan dan menangkap momennya

2. Ukuran Foto

Sebesar apapun resolusi yang sebuah kamera bisa capai, ketika harus dimuat di blog, ukurannya harus diperkecil agar tidak memberatkan loading.

Otomatis, kamera semahal apapun kamera, ukuran fotonya akan di-press lagi sampai batas layak upload. Dan, hal ini akan mengurangi kualitas gambarnya juga

3. The Man behind the gun

Kamera penting, tetapi yang paling penting dalam segala sesuatu adalah orang di belakangnya. Prinsip "the man behind the gun" berlaku dalam dunia fotografi.

Seorang fotografer yang baik, dengan kamera apapun, dia setidaknya akan bisa menghasilkan foto yang baik dan enak dilihat.

----

Dan, itulah saya pikir, kamera smartphone OPPO A3s yang sekarang saya punyai, sudah termasuk dalam kategori kamera ideal untuk blogger seperti saya. Paling tidak untuk menjalankan fungsi menangkap momen ketika sulit membawa kamera DSLR yang saya punya, seperti saat berangkat ke kantor, mengantar mantan pacar ke mall.

Saya bisa tetap berfungsi sebagai blogger dalam menangkap peristiwa-peristiwa yang lewat di depan mata sebanyak mungkin.

Canon 700D, sang DSLR entry level, hanya akan keluar ketika situasi memungkinkan, seperti saat berjalan-jalan santai tanpa tujuan, atau ketika memang diniatkan untuk hunting foto.

Jadi itulah kamera ideal menurut saya.

Spesifikasinya akan berubah-ubah karena suatu waktu sang OPPO A3s pasti akan rusak dan pensiun. Saat itu saya harus menggantinya lagi. Dan, saat itu pula kamera ideal saya berubah lagi.

Jadi, spesifikasi kamera ideal itu, menurut saya, adalah yang ada di tangan. Bukan berapa besar lensa atau resolusinya. Bukan pula jenis atau harganya.

Kamera Ideal Untuk Seorang Blogger Seperti Apa ?

Nah, foto-foto di dalam tulisan ini merupakan hasil dari kamera ideal yang saya punya sekarang. Bukan hasil Samsung Galaxy S10 atau iPhone, hanya sebuah OPPO A3s saja.

8 Responses to "Kamera Ideal Untuk Seorang Blogger Seperti Apa Spesifikasinya?"

  1. Jadi ngomongin kamera atau smartphone nih? hehe.
    Saya juga cuma menggunakan kamera yang ada di hp saat ini saja. Atau lebih tepatnya saya malah lebih sering menggunakan screen shot sebagai gambar di artikel, wkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iseng... lagi puyeng, jadi nyampur semua..hahahaha

      Delete
  2. ya bagaimanapun "blogger" harus kreatif, apapun kamera yg dipake, blogger biasanya pintar untuk mengolah gmbarnya. gak perlu gadget mahal sih. Kecuali memang dia juga berprofesi sebgai fotografer pro

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau memang punya rejeki sih, kenapa tidak. Bukan berarti harus dipaksakan

      Delete
  3. Saya pakai kamera HP pak, Vivo hahahaha.

    Cuman kalau beauty blogger kudu punya kamera mirrorless minimal deh, soalnya biar lebih tajam, atau mungkin hape yang harganya mihil itu.

    Kalau saya mending beli kamera harga sedang, ketimbang beli hape harga di atas 10 juta.
    Bahkan hape harga 5 juta kok ya sayang ya.

    Saya suka teknologi sih, tapi saya tahu teknologi itu cepat berkembang.
    Asal ada laptop buat nulis dengan spek sedang, hape yang kameranya masih manusiawi buat ngambil gambar, saya sih its oke, meski kadang minder juga kalau ke event cuman bermodal hape, sementara yang lagi nenteng kamera lucu-lucu.

    Tapi balik lagi, saya punya ciri khas lain yang mungkin nggak bisa dibandingkan dengan teman-teman lainnya.
    Setiap orang punya ciri khas, dan sementara ini, blog dengan foto cantik menawan kayaknya bukan ciri khas blog saya, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup.. kalau memang mau menampilkan foto yang bagus, punya DSLR atau Mirrorless akan menambah sesuatu. Tetapi, sebenarnya kamera jenis apapun memerlukan seorang yang bisa mengoperasikannya dengan baik. Kalau tidak ya hasilnya sama saja.

      Delete
  4. Penginnya sih punya kamera Hp seperti blogger lain..gambar psotingannya cakpe cakep,,, tapi karena adanya hp yang kameranya 5 MP , Ya udah pakai itu saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah berarti itu kamera ideal buat mas Dwi...:-D Jangan patah arang karena alat "kurang" mas..

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel