Pola Naik Turun Pendapatan Adsense Setiap Bulan

Pola Naik Turun Pendapatan Adsense Setiap Bulan

Bukan sebuah hal yang penting untuk diketahui. Toh sesuatu yang berada di luar kontrol saya  sebagai blogger dan publisher Adsense. Tetapi, mengetahuinya mungkin bisa membantu juga menata harapan dan ekspektasi kita , supaya tidak mudah kecewa.

Sama dengan berbagai bisnis lainnya, mengelola blog untuk mendapatkan pemasukan via divisi periklanan Google ini ada pasang surutnya. Selalu ada siklus naik turun pendapatan Adsense, bukan hanya tahunan tetapi juga setiap bulannya.

Berdasarkan pengalaman pribadi dan grafiknya, polanya hampir sama (tidak 100% sama yah karena masih tergantung banyak variabel lainnya), yaitu :

-  Awal bulan : titik terendah setiap bulan, apalagi pada tanggal 1-4, membaik sedikit sampai tanggal 10

-  Pertengahan bulan : membaik dari awal bulan, dimulai dari tanggal 11 sampai ke 20, kecenderungan angka terus stabil

- Akhir bulan : angka menanjak mulai tanggal 21 sampai akhir bulan sebelum kemudian drop lagi di awal bulan berikut

Dugaannya adalah awal bulan biasanya pengiklan akan melakukan review dari performa iklan yang mereka pasang pada bulan sebelumnya. Apakah menghasilkan penjualan terhadap produk barang atau jasa mereka? Lebih baik atau lebih buruk dari sebelumnya?

Kalau gagal, mereka akan melakukan tindakan koreksi, baik terhadap bentuk iklan, jenis iklan, atau jumlahnya. Bila cukup tinggi, mereka akan mempertahankan jumlah iklan atau menguranginya.

Dengan kata lain, ada waktu yang diperlukan untuk menganalisis hasil bulan sebelumnya dan pembuatan budget belanja iklan bulanan yang berujung pada penundaan pemasangan iklan.

Pada periode tengah bulan, setelah keputusan diambil, maka jumlah iklan dikembalikan ke normal dan hal ini mendorong penambahan iklan yang tampil ke Google.

Sampai kemudian, di akhir bulan, karena mengejar target dan budget pemasangan iklan, jumlah iklan cenderung ditingkatkan agar budget "habis" dan target tercapai.

Teorinya begitu.

Situasi akan berbeda kalau dalam satu bulan terdapat libur panjang atau hari khusus. Beberapa pengiklan, terutama yang bersifat consumer products atau traveling akan menggenjot iklan mereka. Alasannya adalah karena biasanya pada hari libur orang cenderung punya banyak waktu luang baik untuk berjalan-jalan atau berbelanja.

Sementara itu, perusahaan yang bergerak di bidang lain, justru akan mengurangi iklannya karena tidak efektif dan jarang menarik pengunjung web.

Hari khusus seperti ini akan menghadirkan anomali (pola khusus / tidak biasa).

Kira-kira begitu hasil pengamatan saya.

Manfaatnya buat para publisher Adsense mengetahui pola naik turun pendapatan Adsense bulanan ini sebenarnya ada. Mereka bisa mengatur hati mereka supaya tidak terlalu kecewa di awal bulan karena pendapatan turun, dan tidak perlu terlalu berharap tinggi di akhir bulan karena sifatnya sementara saja.

Tidak perlu mengeluh di awal dan bergembira di akhir.

Bisakah merubah pola itu? Naik turunnya tidak, karena bisnis apapun akan mengalaminya.

Tetapi, kita bisa memastikannya bahwa angka itu menunjukkan peningkatan secara perlahan. Misalkan, di awal bulan 9 menjadi lebih tinggi daripada awal bulan 8, awal bulan 8 lebih tinggi dari awal bulan 7, dan seterusnya.

Kalau pola ini ada, silakan bergembira karena berarti menunjukkan bahwa performa Adsense "membaik" (tentu harus diamati selama beberapa bulan).

Cuma, saya katakan, butuh perjuangan keras untuk terus membuat data tersebut terus meningkat karena terkadang juga naik dan turun. Tidak pasti.

Promosi bisa membantu, tetapi grafiknya menjadi naik turun drastis dan kalau tidak dilakukan promosi, polanya kembali seperti itu.

Dan, saya pikir cara terbaik agar  bisa stabil menaik secara rutin, atau setidaknya tidak naik turun secara drastis, adalah dengan terus menulis konten baru.

Bukan berarti bahwa pasti akan berhasil, tetapi hal itu lebih menjanjikan. Cara yang ini sudah saya lakukan dan memang tidak pesat dan drastis, tetapi angka peningkatan selalu ada. Naik turun pun tidak terlalu drastis.

Itu hasil pengamatan saja yah. Bukan kepastian.

Sangat mungkin bisa berbeda dengan pengalaman Anda.

6 Responses to "Pola Naik Turun Pendapatan Adsense Setiap Bulan"

  1. Kalau masalah adsense, terus terang saya masih amat sangat awam pak, meskipun di blog udah kepasang adsense, tapi mungkin karena hasilnya tiap hari ampuuunnn kecil banget, saya jadi males ngeceknya hahaha.

    Jangankan mau diamati, bahkan dilirikpun kadang-kadang aja, saya bahkan belum terlalu ngeh dengan cara mengatur iklan atau mungkin cara lainnya.

    Tapi besar harapan saya nih, semoga bisa kayak para master suhu lainnya yang udah mulai menikmati hasil adsense :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada yang tidak bisa Rey.. mungkin belum saatnya, tapi suatu waktu nanti kan bisa jadi salah satu sumber

      Delete
  2. saya pakai akun hosted tua, adsense yang saya buat sekitar taun 2013, saya pakai di blog tekno kemaren2 sih lancar blognya sekarang udah nganggur akunya karena blognya udah gak potensial lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Potensial atau tidak sih tergantung kitanya mas Alfan.. diolah saja terus pada akhirnya biasanya akan ada hasil..

      Delete
  3. Rasanya awal bulan sama akhir bulan tidak ada bedanya, soalnya blog saya masih baru. Dan harus banyak belajar dari blog mas Anton ni

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh... Jangan, saya blogger bengal dan kerap membangkang sama pandangan para master..:-D

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel