[WORPRESS] Plugin SiteOrigin : Membuat Tampilan Tak Terbatas Tanpa Ruwet Dengan Kode

[WORPRESS] Plugin SiteOrigin : Membuat Tampilan Tak Terbatas Tanpa Ruwet Dengan Kode

Salah satu hal yang paling menyenangkan menggunakan Wordpress (Self Hosted) adalah fleksibilitas-nya. Keluwesannya.

Sistem "plugin" yang terpasang menghadirkan kemudahan yang tidak bisa ditemukan dalam Blogger atau Blogspot.

Tidak percaya? Coba saja merubah tampilan dari sebuah website yang menggunakan hosting Blogger. Pilihannya mengganti template secara keseluruhan atau mau ruwet masuk ke dalam kode-kode HTML. Tanpa itu, tampilan sebuah website berbasis Blogspot akan tetap begitu-begitu saja.

Hal itu tidak terjadi di Wordpress. Kemudahan itu disediakan dalam berbagai bentuk plugin yang sangat user friendly alias ramah pengguna. Contohnya dalam hal tampilan, tersedia plugin SiteOrigin (selain beberapa lagi yang sejenis, seperti Elementor).

Plugin ini memberikan kemudahan untuk seorang webmaster/blogger untuk merancang tampilannya sendiri. Bukan hanya "homepage" nya saja yang bisa diutak-atik, tetapi juga setiap halaman posting, kalau memang mau bisa dibuat sesuai dengan kemauan sang webmaster.

Mau memasukkan "artikel terkait" di tengah halaman. Mau merubah susunan letak teks dan foto sekehendak hati. Mau memakai font yang berbeda di setiap tulisan. Semua bisa dilakukan dengan menggunakan plugin Site Origin.

Enaknya, semua dilakukan bahkan tanpa harus masuk ke dalam halaman kode. Cukup dengan drag and drop saja.

Tampilan bisa dirancang dengan batasan kreativitas bloggernya saja.

Biayanya ?

Nah, itu dia yang memang paling banyak ditanyakan. Sesuatu yang berguna seperti ini biasanya mahal. Tetapi, kali ini, jangan tanya biaya karena tersedia versi gratis dan benar-benar tidak berbayar.

Tentu kalau merasa perlu dan punya uang bisa memakai versi premium yang lebih komplit.. Tetapi, bahkan dengan versi gratis saja, hal itu sudah memberikan keleluasaan untuk mendesain tampilan laman postingan dalam jumlah tak terbatas.

Saya belakangan ini mulai menggunakannya untuk mengatasi masalah tampilan di beberapa blog berbasis Wordpress. Niatnya mengganti dengan yang lebih bagus dan menggunakan Visual Composer berbayar. Cuma karena keterbatasan dana yang habis dipakai renovasi atap rumah, saya terpaksa menemukan alternatif dan menemukan plugin yang satu ini.

Sangat membantu sekali dalam urusan tampilan. Tidak perlu membeli template baru dulu dan cukup dengan memanfaatkan plugini ini. Bahkan, setelah ini terpikir untuk memanfaatkan template yang ada untuk diubah agar terlihat lebih rapi dan enak dilihat.

Kalau Anda menggunakan Wordpress SH, silakan coba sendiri dan kembangkan blog Anda denganSiteOrigin. Linknya di SINI untuk melihat dokumentasi dan tutorialnya.


3 Responses to "[WORPRESS] Plugin SiteOrigin : Membuat Tampilan Tak Terbatas Tanpa Ruwet Dengan Kode"

  1. Saya belum coba site origin kalau elementor udah pernah coba.

    Belum selesai bongkar atapnya Pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama saja mas.. saya sudah coba Elementor juga. Yang paling enak sebenarnya sih Visual Composer.

      Sudah selesai bongkar pasangnya. Yang belum beres pindahan rumahnya, dari kontrakan kembali ke rumah.. haahaha.. makanya jadwal terbit masih acak-acakan

      Delete
  2. Saya punya wordpress tapi belum TDL sih hahaha.
    Lama nggak utak atik, rasanya kok makin aneh ya tampilan WP.
    Jadi males mau nulis di sana (alesaaaannn) hahahaha

    Kalau blogger emang semua kudu utak atik kode ya, dan sedihnya lagi, lama2 jadi error atau loading semakin berat hiks

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel