Mengelola Personal Blog Menyegarkan Juga

Mengelola Personal Blog Menyegarkan Juga

Sudah 5 hari personal blog saya, Blog Si Anton berjalan. Sebelumnya sempat bingung, harus seperti apa diisinya karena selama ini memang jenis blog yang satu ini adalah yang paling menakutkan untuk saya.

Mungkin, karena saya sudah tua dan tidak lagi pandai menggunakan kata-kata manis dalam menulis. Tidak bisa nyastra. Tidak banyak basa basi. Juga, tidak pandai bercerita.

Kebanyakan tulisan saya, di berbagai blog biasanya menggunakan kata-kata yang "straight to the point", langsung ke sasaran, tanpa banyak "bunga-bunga" kalimat.

Jadi, membuat sebuah blog personal seperti itu, justru rasanya berat sekali.

Terlebih, masih ada satu hambatan yang paling besar, yang hadir dalam bentuk sebuah pertanyaan "Maukah membuka diri lebih lebar?".. Maksudnya, selama ini terus terang, masih agak berat untuk membeberkan siapa saya, bagaimana kehidupan saya, dimana, dan berbagai hal yang menyangkut diri sendiri.

Padahal, sebuah personal blog justru bergantung pada yang seperti itu.

Ternyata, setelah lewat lima hari, rasanya, saya seperti menemukan kembali sebuah rasa yang dulu sempat hadir, yaitu ketika pertama kali mulai ngeblog. Saat itu saya menulis dengan bebasdan leluasa tanpa terbeban apa-apa. Pokoknya menulis saja. Ide tulisan mengalir tanpa henti. Apa saja yang terlihat bisa menjadi bahan untuk ditulis, meski dalam tulisan-tulisan singkat saja.

Nah, sekarang perasaan itu seperti hadir kembali.


Entah kenapa.

Memang, selama ini jaringan blog milik saya, Lovely Bogor Network sudah dikelola dengan cara yang tidak jauh berbeda, yaitu menulis, dan menulis untuk diri sendiri. Jadi, apa yang dilakukan di blog baru itu sebenarnya tidak berbeda jauh dengan yang selama ini sudah berjalan

Tapi, perasaannya berbeda.

Di Blog Si Anton ini, saya merasa lepas, bebas, dan tanpa kekangan sama sekali. Apa yang mau saya tulis, ya tulis saja. Bahkan, saat di atas Commuter Line pun sering saya menulis.

Isinya tidak beraturan dan campur aduk. Kadang juga justru terkesan jail, seperti orang tidur di atas kereta pun saya upload. Orang lewat juga diupload. Kadang curhat, kadang ngomel. Kadang panjang, kadang pendek.

Semua suka-suka saya sendiri.

Sangat menyegarkan, seperti "refreshing" dari dunia rutin.

Bisa jadi memang karena masih baru dan saya sedang menikmatinya. Mirip sama pengantin baru yang sedang honeymoon.

Bisa jadi karena itu.

Bisa jadi juga sebenarnya selama ini, saya secara tidak sadar merasa "tertekan" atau "bosan" menulis dengan dibatasi, seperti di Lovely Bogor harus tentang Bogor, di blog Maniak Menulis membahas blog dan dunia baca tulis, di Maniak Potret soal fotografi, dan beberapa lainnya.

Secara tidak sadar memang disana ada batas-batasnya.

Mungkin juga, secara tidak sadar, sebagai publisher Adsense, saya sedikit terbebani dengan keinginan mendapatkan uang banyak setiap bulannya. Mungkin juga secara tidak sadar karena Lovely Bogor sudah lumayan mendapat nama, tekanan untuk mendapatkan hal yang sama di semua blog perlahan merasuki dan meracuni.

Mungkin juga selama ini sebenarnya ada rasa bosan menumpuk sedikit demi sedikit.

Semuanya mungkin.

Jawaban pastinya, tidak mengerti juga.

Yang pasti, saya selama 5 hari ini merasakan kesenangan dan kegembiraan saja menulis di sebuah blog dengan template sederhana banget. Tampilannya standar sekali dan berkesan jadul. Tetapi, terasa bebas disana.

Entah sampai kapan hal itu berlangsung.

Mungkin bisa 1 tahun 2 tahun, bisa juga berakhir dalam 1-2 hari ke depan.

Entahlah, saya pikir, berpikir terlalu banyak justru menambah tekanan tak terlihat. Jadi, untuk sementara saya mau "berlibur " dulu dan menikmati kebebasan yang ditawarkan Blog Si Anton kepada saya.

Will be back soon.

2 Responses to "Mengelola Personal Blog Menyegarkan Juga"

  1. Saya udah main ke blognya pak, dan menurut saya sebenarnya baik di blog personal tersebut, dengan di sini, gaya penulisan atau gaya bahasa pak Anton itu sama saja.

    Cuman temanya aja kali yang di sana tuh lebih ringan.
    Mengalir apa yang ada.

    Beda dengan yang di sini, kebanyakan opini, kalau mau ditelaah, memang lebih berat di sini, tapi bener juga, sebagai penyeimbang juga bagus ya bikin blog beda buat suka-suka menulis :D

    Kalau menurut saya, personal blog tidak melulu kita menceritakan diri kita sampai sedetailnya.

    Cukup menceritakan apa yang kita alami sesuai dengan apa yang kita mau tulis.

    Kalau saya malah kebalik nih, justru personal blognya yang di bangun, jadinya kadang campur-campur, ada curhat receh, ada curhat yang agak berat hahaha.
    Intinya curhat semua hahahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha karakter dan gaya menulis sulit untuk dirubah, karena baru beberapa hari, masih sulit merubah gaya. Tetapi itu salah satu targetnya karena saya merasa ada sesuatu yang kurang dan masih harus saya pelajari lagi.

      Manusia bisa berubah kan.

      Personal blog itu memang tidak paten definisinya, sama juga bahwa sifatnya akan tergantung sudut pandang masing-masing. Saya sendiri mencoba untuk keluar dari zona nyaman saya dan harus lebih berani untuk nenbuka diri.

      Pasti ada batasannya.

      Ga masalah kok mau yang manapun yang dibangun, selama Rey menyukainya, ya jalani saja.

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel