Google Hanya Mementingkan Website Besar - Algoritma Update Juli 2019

Google Hanya Mementingkan Website Besar - Algoritma Update Juli 2019

"Bilang saja kalau memang ingin mementingkan website-website besar saja dan tidak mau blog-blog kecil ikut serta", komentar kesal dari salah satu pembaca Serountable. Silakan baca di SINI. Atau bisa juga lihat screenshootnya di bawah ini.

Google Hanya Mementingkan Website Besar - Algoritma Update Juli 2019

Google Hanya Mementingkan Website Besar - Algoritma Update Juli 2019

Omelan dan makian ini lumayan banyak menyikapi "lagi-lagi" update Algoritma Google yang terjadi antara 11-13 Juli 2019 yang lalu.

Banyak website/blog trafiknya menukik drastis, mulai dari sekedar 10% sampai dengan 90%. Bahkan, website yang dikelola dan ditangani oleh perusahaan jasa SEO sekalipun ikut serta rontok. Beberapa twit pada webmaster menunjukkan memang terjadi pergerakan drastis pada pergerakan dari mesin pencari Google, beberapa hari belakangan ini.

Sayapun mengalaminya, Beberapa hari terakhir memang terjadi penurunan trafik pengunjung lumayan drastis ke semua blog di bawah Lovely Bogor Network. Angkanya, sekitar 30-40% dari sebelumnya.

Pertama-tama, saya menduga karena sekolah sudah dimulai kembali, maka wajar saja kalau terjadi penurunan. Apalagi di awal tahun pelajaran.

Cuma rupanya, dugaan saya salah. Seroundtable, salah sebuah website terpercaya dalam urusan yang seperti ini memberikan sinyal atau gelagat bahwa memang, lagi-lagi, terjadi update besar-besaran pada algortima Google.

Tapi, bukan itu yang menarik bagi saya.

Perhatian lebih tertuju pada komentar-komentar yang masuk.

Salah satunya yang menuduh Google lebih berpihak kepada website besar dan tidak peduli kepada yang kecil.

Benarkah?

Mungkin ya, mungkin tidak. Saya tidak peduli juga.

Bukan karena tidak peduli pada trafik pengunjung, tetapi karena saya berpandangan apa yang dilakukan Google. Kalaupun pandangan itu benar, dan memang sang raksasa memprioritaskan website besar, hal itu adalah logis dan masuk akal.

Bagaimanapun, mereka adalah institusi bisnis yang mencari keuntungan. Pemain kecil, atau blog kecil, tentunya tidak akan memberikan banyak profit kepada mereka. Yang besar-besar lah merupakan sumber keuntungan.

Bila, perusahaan itu memtutuskan untuk memberikan keistimewaan bahkan dalam hal mesin pencari pada website besar, ya itu haknya. Kenapa juga harus dipermasalahkan?

Semua unit usaha akan memberikan perlakuan spesial terhadap pelanggan besar dibandingkan yang kecil-kecil. Coba saja lihat perlakuan terhadap pelanggan yang datang dengan Mercedes Benz dan yang datang dengan becak saja?

HASIL STRATEGI MINIM PROMOSI DAN TERNAK BLOG


Iya kan?

Apakah pernyataan ini pertanda saya pasrah?

Bukan. Lebih tepatnya tidak peduli dan juga tidak mau mempermasalahkan seseorang memakai haknya. Sebuah hal yang normal unit bisnis berusaha mengeruk keuntungan sebanyak mungkin, dengan berbagai cara yang tidak melanggar hukum.

Juga, sebagai pemain kecil, dan pengoleksi recehan, saya memandangnya sebagai sebuah tantangan saja. Namanya bergelut di dunia bisnis, baik sebagai sampingan atau pekerjaan utama, hal seperti ini pasti ada.

Naik turun adalah hal biasa.

Justru aneh kalau tidak ada dinamika seperti itu.

Lagipula, saya pikir, lebih baik berfokus pada diri sendiri. Fokus pada pengembangan apa yang kita punya. Baik itu dalam hal konten, atau cara promosi, atau apapun yang bisa dilakukan.

Tidak perlu juga menjadi reaktif dan langsung kalang kabut mencari solusi atau trik-trik baru untuk mengakali. Belajar dari pengalaman, update algoritma seperti ini semakin sering saja, dan waktu itu hanya akan habis untuk berusaha menemukan celah-celah.

Tidak ada manfaatnya.

Sangat bisa jadi, bahkan sebelum selesai menemukan trik baru, Google melakukan update lagi, yang artinya bisa jadi apa yang baru saja dipelajari dan coba dipraktekkan tidak terpakai lagi.

Lebih bagus, waktunya dipergunakan untuk mengembangkan diri sendiri (dan blog kita tentunya). Siapa tahu suatu waktu, blog kecil yang kita kelola saat ini menjadi besar dan mendapatkan prioritas dari sang Google (Boleh kan ngimpi dikit?)

Cukup diketahui saja bahwa Google baru saja update algoritma lagi di bulan Juli ini. Jangan heran kalau ada fluktuasi di Google Analytics atau Searchmaster.

Lupakan saja dan kembali pada apa yang sedang Anda kerjakan.

18 Responses to "Google Hanya Mementingkan Website Besar - Algoritma Update Juli 2019"

  1. WAHAHAHAHAHA BLOG ANE MAKIN TENGGELEM HUHUHHUUUHUU :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah begini lebih baik tertawa dan senang daripada misuh misuh

      Delete
  2. Tadi sudah ngetik komentar panjang. Gegara hilang sinyal, malah ngga mood lagi ngetik ulang.

    Intinya, setuju aja deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikut setuju juga deh... daripada nanti disuruh nyari yang terhapus gara gara hilang sinyal kan repot

      Delete
  3. Sekadar tahu dan "oh" saja ya pak hehehe.

    ReplyDelete
  4. Apalah saya cuma remahan rempeyek wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuma rempeyek mah enak.. apalagi pake sayur asem. yummy..:-D

      Delete
  5. ada yang naik, ada yang turun, begitulah, sama seperti kehidupan, kadang bahagia, kadang sedih.

    ReplyDelete
  6. Penurunan memang ada.

    Kalau dipikir pikir, pusing juga yah kalau mesti turun naik kayak gini, algoritma google memang bikin panas dingin.

    mendingan mikirin nulis dan posting artikel yang belum banyak di tayangkan di Google, sehingga potensi trafik akan selalu ada. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Kang.. ngapain dipikirin terus-terusan.. santai saja ah

      Delete
  7. Lapor, Pak. Hari ini saat membuka blog saya tanpa https dan juga blog Bapak yg hanya http, muncul iklan mgid di layar chrome hp saya. Padahal saya merasa ngga pernah pasang iklan tersebut. Apakah Pak Anton juga mengalaminya? atau mungkin hp saya yang error.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin dia lagi pingin mampir Nisa.. biarin ajah 🤣🤣

      Btw #serius.. saya mengalami juga kok. Mungkin kaitannya sama provider yg kita pakai krn saya juga ga pakai mgid.. Adsense saja..

      Jadi ga usah beli hape baru..😁

      Delete
  8. blog saya stabil pak, stabil kurang pengunjungnya hahahahaha
    Kalau saya belum ada pergerakan turun apalagi naik.
    Masih sama seperti yang lalu-lalu.
    Di mana, agak naik di weekday, dan turun di weekend.
    Kebalik banget ya ama lainnya :D

    Tapi bener ya, mari kita membicarakan algoritma google, lalu sudahi dan kembali bekerja hahahaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lupakan.. Kalau saya mungkin karena bergantung pada search engine jadi perubahan algoritma Google akan memberi efek lebih banyak

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel