5 Travel Blog/Blogger Indonesia Kesukaan Blogger Jelangkung

5 Travel Blogger Kesukaan Blogger Jelangkung

Ada satu bacaan yang paling saya suka, sejak masa kecil sampai tua bangka seperti sekarang ini, namanya kisah petualangan. Semasa kecil, saya suka membaca komik "Old Sutterhand", sebuah komik bercerita tentang petualangan seorang koboi di Amerika yang bertualang memerangi kejahatan. Ketika dewasa, kisah-kisah petualangan dalam bentuk buku atau kolom di surat kabar, selalu tidak luput mendapatkan perhatian saya.

Begitu juga setelah internet merajai dan menghadirkan bentuk bacaan digital, kesukaan saya tidak surut juga terhadap jenis bacaan yang satu ini. Salah satu jenis blog yang paling sering saya kunjungi adalah travel blog.

Sifat bacaan yang tersedia dalam blog jenis ini sama dengan kesukaan saya, yaitu tentang petualangan. Bedanya mungkin adalah dalam bentuk dan pemakaian bahasanya saja, tetapi intinya tetap bercerita tentang kisah perjalanan "seseorang" ke suatu tempat.

Hobi saya yang satu ini mungkin karena kesukaan melihat hal-hal baru . Sesuatu yang baru sama artinya dengan pengetahuan dan informasi baru yang sebelumnya tidak saya ketahui. Dan, cerita petualangan para travel blogger itu selalu menyuguhkan banyak hal baru.

Itulah mengapa saya menempatkan travel blog dalam salah satu daftar bacaan setiap harinya. Siapa tahu saja, hari ini ada cerita baru dari salah satu belahan dunia lain? Bukan hanya travel blogger asal Indonesia saja, tetapi saya juga berkelana di dunia maya mencari jenis blog sejenis yang ditulis orang asing (sesuatu yang membuat saya bersyukur bisa sedikit berbahasa Inggris).

Banyak juga saya membaca blog petualangan seperti ini sampai akhirnya saya berpendapat bahwa travel blog/blogger Indonesia sebenarnya tidak kalah dibandingkan blogger luar negeri dalam banyak hal. Cuma, mungkin karena kebanyakan menulis dalam bahasa Indonesia, maka gaungnya terbatas di negara sendiri saja.

Coba, (berkhayal dikit) mereka menulis dalam bahasa Inggris......

Terlepas dari itu, saya memiliki beberapa travel blog/blogger yang saya sukai. Bisa dikata blog-blog ini selalu mendapatkan kunjungan saya secara rutin. Meski, biasanya saya selalu mengaktifkan "jelangkung mode" saat bermain kesana, alias hanya membaca dan tidak meninggalkan jejak.

Paling tidak ada 5 travel blog kesukaan saya.

Ada beberapa faktor yang membuat saya suka pada semua travel blog/blogger ini, yaitu

1. Tulisannya enak dibaca


Sebagai seorang pembaca, saya tetap ingin membaca sesuatu disana. Dan, tentunya berharap tulisannya enak dibaca.

Pinginnya seperti membaca sebuah cerita perjalanan.

2. Foto, Foto, Foto

No picture, hoax.

Nggak sebegitu parahnya sih. Cuma, sebagai orang yang hobi fotografi, saya agak kritis terhadap pemakaian foto. Apalagi pada sebuah travel blog, saya berharap melihat foto yang bisa menggambarkan keindahan dari apa yang digambarkan lewat kata-kata dalam bentuk visual, foto.

Foto yang bagus bisa memperlihatkan sudut pandang penulisnya dan juga tentunya memperlihatkan kepada saya keindahan dari sebuah tempat atau lokasi. Foto bloggernya tentu boleh ada, tetapi tidak berarti harus selalu ada. Yang penting, suguhan dalam bentuk visual ini bisa memberikan "sesuatu" kepada saya, pembacanya.

3. Informatif

Meskipun saya tidak yakin bisa ikut pergi ke suatu tempat karena si kribo kecil pasti butuh biaya, saya tahu rasanya mengalami secara langsung kesulitan saat pergi ke luar kota atau negeri . Kebingungan karena berada di dunia yang berbeda bahasa, budaya, pasti membuat orang mengalami rasa bingung yang dahsyat.

Jadi, sebuah kisah petualangan di masa sekarang, haruslah juga memberi sesuatu yang bisa membantu orang lain dan bukan sekedar sibuk menceritakan tentang diri sendiri.


Itu tiga faktor yang saya selalu cari dalam sebuah travel blog.

Terus terang, saya tidak peduli apakah blogger-nya ramah atau tidak. Rajin membalas komentar atau malas. Buat saya sih, sebenarnya yang seperti ini tidak penting banget. Mau ramah dan rajin balas komentar tetapi tulisannya tidak enak dibaca, untuk apa saya harus kesana? Tujuan saya berkelana kesana dalam hal ini "memuaskan" keingintahuan akan dunia luar. Tujuan saya bukan bersilaturahmi.

Itulah juga alasan mengapa saya lebih suka menjadi blogger "jelangkung" yang datang tak diundang pulang tak diantar. Bebas.

Nah, ke-5 travel blog kesukaan saya si blogger jelangkung ini adalah

1. Ohelterskelter ~ Yuki Anggia Putri




Mungkin ada yang menyebut blog ini sebagai lifestyle blogger karena isinya terkadang diselipkan sponsored post atau yang tidak berkaitan dengan travel, tetapi saya memasukkannya dalam travel blog karena mayoritas artikelnya tentang traveling.

Bukan yang pertama saya kenal, justru belum lama ini saya temukan (lupa darimananya).

Tetapi, dibandingkan yang lain, yang satu ini meninggalkan kesan yang berbeda. Bukan karena bloggernya cewek, tetapi semua faktor yang saya mau dari sebuah travel blog atau seorang travel blogger ada disini.

Tulisannya enak sekali mengalir, dan bahkan di banyak tulisan, saya seperti dibawa ikut terlibat dalam petulangannya. Kesusahan yang dialaminya. Bukan sekedar ringan, tetapi sang blogger rupanya memang terbiasa menulis dalam bentuk storytelling, bercerita.

Kesannya memang agak serius dikit, tetapi enak dibaca. Soal informatif sendiri, kemasan informasinya bagus dan enak dibaca.

Soal foto, jangan tanya. Saya pernah menulisnya di Ohelterskelter : Bukti Travel Blogger Harus Pandai Fotografi.

Bagus banget foto-fotonya. Penempatan blogger sebagai obyek tidak menganggu yang membaca melihat keindahan dari suatu tempat. Terkadang malah bloggernya tidak ada di foto dan hanya berupa tempat. Pengambilan fotonya dilakukan dari sudut-sudut yang sangat pas. Sumpah, keren !

Ini travel blog favorit saya, setidaknya sejauh ini. Siapa tahu di masa depan saya menemukan yang lebih bagus lagi.

2.Wira Nurmansyah

5 Travel Blog/Blogger Indonesia Kesukaan Blogger Jelangkung

Tidak perlu disebutkan nama bloggernya kan?

Lucunya, blog yang satu ini saya temukan bukan karena ingin mencari "petualangan". Saya sampai kesini karena mencari tips tentang belajar motret alias fotografi.

Dan, tidak salah juga ternyata. Kalau melihat tulisan-tulusan awalnya, temanya adalah fotografi bukan traveling, tetapi rupanya seiring perjalanan waktu, penekanannya menjadi travel blog dengan tetap disisipi fotografi.

Gaya penulisannya, cowok banget dah, singkat singkat, tetapi tetap luwes (setidaknya lebih luwes dari saya). Yang kayak gini memang enak dibaca, oleh orang seperti saya. Tidak basa-basi, tidak penuh dengan bunga-bunga kalimat.

Soal foto, jangan ditanya deh. Jempol buat kemampuannya dalam merekam momen dan pemandangan indah di tempat yang dikunjunginya. Tidak jarang bahkan tanpa dijelaskan dalam kata saja, yang membaca bisa tahu keindahannya seperti apa di sebuah lokasi.

Mungkin termasuk blog-blog pertama yang saya kunjungi ketika saya terjun ke dunia blog.

3. Discover Your Indonesia ~ Firsta

5 Travel Blog/Blogger Indonesia Kesukaan Blogger Jelangkung

Indonesia itu indah. Tidak perlu harus bepergian ke luar negeri untuk mempunyai cerita petualangan yang menarik dan enak dibaca. Apalagi kalau ditulis dalam bahasa Inggris, bisa membantu mempromosikan pariwisata Indonesia.

Akhirnya juga bisa menjadi sebuah lahan bisnis.

Mungkin itu yang dipikirkan Firsta and Co tentang blog yang satu ini.

Awalnya memang blog bercerita pengalamannya berkelana dari satu tempat ke tempat lain di Indonesia. Bedanya, bahasa yang dipergunakan adalah bahasa Inggris, sebuah hal yang membuatnya langsung berbeda ( di mata saya ).

Berani keluar dan berani bertarung di kancah travel blog dunia.

Tulisannya sebenarnya ditulis secara sederhana saja. Bercerita tentang pengalamannya menjelajahi Indonesia. Ada juga tips dan trik. Tetapi, enak sekali membacanya. Tidak terlalu banyak pernak pernik tidak perlu .

Foto-fotonya masuk kategori premium lah. Jelas dihandle secara profesional oleh orang yang tahu cara memotret dengan baik. Keindahan sebuah lokasi terekam dalam foto-fotonya yang tajam dan berjiwa.

Bahkan, ketika sosok bloggernya ada di dalam foto, perhatian yang melihat bisa tetap menangkap keindahan alam di dalamnya.

Sekarang, kalau melihat blognya, terlihat bahwa unsur bisnis mulai ditekankan, tetapi tulisannya tetap saja menarik dan enak untuk dibaca.

4. Kadekarini ~ Kadek Arini

5 Travel Blog/Blogger Indonesia Kesukaan Blogger Jelangkung

Pertama emang agak bingung masuk ke blog yang ini. Halaman "About Me" dalam bahasa Inggris, tetapi isi konten kebanyakan dalam bahasa Indonesia.

Cuma, semua terobati setelah, terutama melihat foto-fotonya. Iler sampai keluar. Memang, sang blogger mengatakan bahwa ia juga jatuh cinta pada fotografi, jadi tidak heran juga kalau foto-foto yang terpajang di blonya  keren-keren.

Bahkan, tanpa membaca teksnya saja, mudah membayangkan betapa menyenangkannya dan jenis wisata apa yang sang blogger sedang nikmati.

Biarpun foto-fotonya menjadi yang paling menarik buat saya, tetapi tulisannya juga enak dibaca. Memang agak berbeda sedikit dari tipe-tipe yang sudah disebutkan di atas, lebih personal. Penggunaan kata "aku" banyak, yang menunjukkan penulisan selalu dari sudut pandang pertama.

Tetapi, alirannya dari satu kalimat ke kalimat lain tidak terpatah-patah dan mengalir. Pintarnya lagi, dia menyelipkan foto ketika peralihan antar paragraf terjadi, kesannya jadi mengalir saja.

Pantas lah menjadi salah satu travel blog ternama deh. Meski, saya juga baru menemukan ada travel blogger yang seperti ini memasang iklan Adsense.

5. Dua Rnasel ~ Ryan & Dina

5 Travel Blog/Blogger Indonesia Kesukaan Blogger Jelangkung

Jujur saja, diantara kelima travel blog kesakaan saya, yang satu ini dalam segi layout paling "sederhana". Juga, saya pikir memasukkannya dalam travel blog tidak 100% sesuai karena isinya sebenarnya bercerita tentang gaya hidup dua pemiliknya, yaitu sepasang suami istri Ryan & Dina.

Keduanya memutuskan gaya hidup yang dikehendakinya, yaitu "traveling" keliling dunia sejak 2009. Nomaden.

Gaya penulisan jujur dan apa adanya (entah siapa yang menulis, Ryan atau Dina) membuatnya enak dibaca. Tidak ada usaha untuk terlihat keren dan hebat.

Foto-fotonya sendiri cukup bagus, tetapi kalau dibandingkan yang lain dalam daftar ini, masih terasa kurang.

Hanya, pengalamannya itu sendiri yang mungkin sulit ditandingi. Yang satu ini mengundang saya untuk kembali dan kembali, karena saya juga ingin melihat "dunia". Cukup dengan membuka menunya saja, saya bisa melihat sisi lain dunia.

Enah berapa negara yang sudah mereka datangi.

Soal informasi sendiri, isinya banyak sekali, bahkan berlimpah.

---

Itulah 5 travel blog yang paling sering saya kunjungi. Bukan berarti setiap hari yah. Tetapi, sampai sekarang saya masih sering berkunjung. Kalau tidak ada tulisan baru, saya berkelana ke tulisan-tulisan lama mereka.

Sebenarnya, masih ada beberapa lagi yang menarik, seperti Ransel Kosong, Yunaidi Joepet. Foto-fotonya bagus banget dan tidak heran karena dia juga berulangkali menjadi juri lomba foto. Sayangnya, blog itu sudah lama tidak diupdate. Tulisan terakhirnya "2 tahun lalu". Jadi, saya sudah berhenti bermain kesana.

Rasa-rasanya pasti berbeda dengan versi Anda, iya kan?

8 Responses to "5 Travel Blog/Blogger Indonesia Kesukaan Blogger Jelangkung"

  1. Judulnya agak serem,jelangkung?
    Tapi isinya menarik.
    Kalau baca ertikel atau blog travelling gitu bawaanya selalu pengen ikut liburan....apalagi yang gambarnya keren-keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serem darimana.. emang pernah maen Jelangkung.. :-D

      Iyah emang.. sayang butuh biaya.. hahahaha jadi ga bisa ngikutin

      Delete
  2. Ampuuunnn deh, nggak ada satupun yang pernah saya kunjungi hahahaha.
    Kayaknya saya memang bukan seorang traveler sejati, atau minimal bukan seorang yang suka membaca wisata, jika saya nggak butuh.

    Mungkin juga sama kayak saya kurang suka baca review film,karena takut saya jadi pengen nonton filmnya, sementara waktunya nggak memungkinkan hahaha..

    Dan sejujurnya, satu hal yang paling membosankan untuk saya baca adalah traveling ke luar negri.
    Bukan nggak suka sih, tapi belum merasa butuh dan saya sama sekali nggak ada bayangan dengan apa yang dituliskan.
    tempatnya, dan sebagainya.

    Kecualiiiii, memang penulisnya punya ciri khas, yang menarik untuk dibaca, yang biasa saya suka tuh postingan mba Fanny dcatqueen.

    Tapi, saya juga nggak serta merta tertarik dengan tulisan travelingnya sih, semua karena saya sering ke sana, jadi suka ama gaya bahasanya, yang bener-bener ada ciri khasnya.

    Dan yang paling penting, nggak cuman bahas tempatnya yang sama sekali saya nggak tahu, tapi ada ceritanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masing-masing orang punya kesukaan Rey.. hahahaha.. dan ini salah satu kesukaan saya..

      Tidak semua blog traveling menarik Rey, makanya saya memilih saja yang memang membuat perhatian saya tertarik kesana. Banyak yang pembuatannya terkadang asal-asalan dan tidak mengundang perhatian

      Delete
  3. ini semua blogger sejati nulisnya bener - bener menarik la saya blogger copas ampun deh saya kunjungi satu -satu untuk beljar nulis juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dimana ada kemauan disitu ada jalan mas.

      Kenapa tidak. Coba saja buat satu blog lagi yang benar benar menuangkan pikiran dan tulisan sendiri. Toh, nggak bayar juga.

      Delete
  4. 5 nama TB ini baru saya tahu Om, pinter juga nyari blog blog yang kece seperti itu. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo soal urusan cewek kece mah... mata saya tajem banget :-D

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel