Hongkiat(dot)com - Blog Gado-Gado Techno Sukses Dari Negeri Jiran Yang Mendunia

Hongkiat(dot)com - Blog Gado-Gado Sukses Dari Negeri Jiran

Lebih dari sepuluh juta pageviews (laman tayang) setiap bulannya. punya 70.000 follower fanpage di Facebook, 33 ribu follower di Twitter. Angka yang menggiurkan tentunya bagi siapapun. Apalagi kalau dibayangkan berapa banyak uang yang bisa dihasilkan. Jangan tanya, saya tidak tahu. Yang saya tahu, pemiliknya sudah melepaskan pekerjaannya dan menjadi full time blogger. Itulah sedikit data terkait Hongkiat(dot)com .

Nama blognya sendiri berbau Cina/Tiongkok dan memang tidak salah karena nama website ini diambil dari nama pemiliknya Lim Hong Kiat, seorang warga negara dari negeri jiran Malaysia.

Mulanya,  blog yang termasuk salah satu blog ngetop dunia ini dibuat sekedar untuk membagikan pemikiran dan sekaligus untuk sharing saja. Dibuat tahun 2007. Pemiliknya sekedar untuk berbagi apa saja, terutama terkait ilmu yang dimilikinya terutama terkait web development (pembuatan website).

Rupanya, dalam perjalanannya banyak pembaca yang menyukai isi dan gaya penulisan dari si empunya blog. Dan, akhirnya blog tersebut pun kebanjiran pembaca dan pada akhirnya bergeser dari sekedar membahas tentang website menjadi gado-gado techno, alias membahas segala sesuatu yang berbau teknologi. Meskipun terkadang terselip beberapa tulisan yang bersifat umum, seperti pembahasan tentang teh.

Jadi, tidak salah juga disebut sebagai blog gado-gado.

Pasar pembacanya seluruh dunia karena blog ini ditulis dalam bahasa Inggris. Pembacanya pun datang dari seluruh dunia dan dianggap sebagai salah satu blog techno terbaik dunia. Bahkan, beberapa nama ternama lainnya dalam di dunia maya internasional, seperti Huff Post, Lifehacker, Gizmodo , kerap menjadikannya referenssi selain mengulasnya.

Posisi Alexanya pun terlihat enak dipandang mata, yaitu di kisaran 9000-an di Amerika Serikat dan 4000-an di India.

O ya. isi blog ini sekitar 5000 artikel. Banyak yah? Memang, meski sudah 12 tahun, kalau dirata-ratakan berarti dalam satu tahun ada setidaknya 350-400 artikel yang terbit per tahun (satu perhari?). Masih beranggapan jumlah artikel tidak penting bagi kesuksesan sebuah blog?

Mulanya memang ditulis sendiri, tetapi kalau melihat isinya, belakangan ini banyak mendapatkan penulis tamu.

Salah satu blog yang bisa dijadikan contoh, bahwa sebuah blog personal, gado-gado, bisa sukses kalau ditekuni dan dikelola dengan baik.

Mau tiru? Coba pelajari dulu dengan cara berkunjung ke hongkiat.com . Tidak rugi untuk belajar meski dari negeri jiran yang sering "berseteru" dengan Indonesia.

6 Responses to "Hongkiat(dot)com - Blog Gado-Gado Techno Sukses Dari Negeri Jiran Yang Mendunia"

  1. Menarik juga tuh blog gado2 dari negri jiran bisa mendunia sepertinya sang empunya memang serius dalam mengurus blognya atau mungkin ada orang yang mendukungnya dari belakang..😄😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti selalu ada orang yang mendukungnya di belakang, bisa istri, anak, pacar, orangtua..

      Kuncinya memang keseriusan dan komitmen dalam mengelola blognya

      Delete
  2. Lovely Bogor juga bakalan bisa TOP Pak, bahkan sebelum 12 tahun... :) Amiinn...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiinn.. Makasih didoain Mas..Semoga mas sukses juga menjadi penulis buku

      Delete
  3. Suka banget kalau baca tentang sejarah dari sebuah blog atau website yang awalnya biasa, jadi luar biasa.

    Semacam penyemangat buat saya yang benar-benar lebih fokus dalam menulis ketimbang ngevent hehehe, atau sekadar tiap hari belajar SEO, tapi nggak nulis-nulis hahaha.

    JAdi ingat tulisan pak Anton di komen postingan saya, bahwa menulis itu ibarat menabung, meski tabungan kita di copas di mana=mana hehehe :D

    Ada banyak ya blog di dunia yang membuktikan, bahwa menulis setiap hari itu sangat penting.
    Mungkin awalnya tulisan kita sama sekali nggak dibaca orang.
    Tapi seiring waktu, who knows ya?
    Apalagi sekarang si Google gonta ganti algoritma melulu hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah.. sekarang mah menabung saja yang banyak.. nanti akan ada hasilnya.

      Hasil tidak akan mengkhianati proses.

      Penting loh menulis setiap hari.. bisa mengasah kemampuan diri yang paling utamanya

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel