Cara Mengatur Permalink di Wordpress Self Hosted

Cara Mengatur Permalink di Wordpress Self Hosted

Tahukan yang namanya Permalink? Kalau menurut kamus, arti kata "permalink" adalah sebagai berikut : 
a permanent static hyperlink to a particular web page or entry in a blog.
Dalam bahasa Indonesia

hyperlink statis permanent dari sebuah halaman web atau pintu masuk ke sebuah blog
Kalau puyeng membaca kata resminya, coba saja lihat URL ketika Anda membuka sebuah halaman website. Nah kira-kira begitulah bentuk permalink.

Disebut pintu masuk, karena di bagian depannya akan terpambang nama domainnya, seperti maniak menulis maka permalinknya akan selalu dimulai dengan "www.maniakmenulis.com". Barulah emudian diikuti dengan beberapa bagian lainnya. Karena, Maniak Menulis menggunakan basis blogspot, maka di belakangnya akan selalu diikuti dengan tahun, kemudian bulan, barulah kemudian 6 kata yang biasanya diambil dari judul artikel.

Contoh artikel ini mempunyai permalink "http://www.maniakmenulis.com/2019/06/cara-mengatur-permalink-di-wordpress.html"

Banyak orang, blogger dan pengelola website berpendapat bahwa yang satu ini adalah bagian penting dari SEO. Bahkan, para pengguna Wordpress Self Hosted menekankan bahwa sistem permalink di Wordpress Self Hosted memiliki kelebihan dibandingkan Blogspot.

Pandangan itu terjadi karena struktur permalink website berbasis blogspot, baik TLD atau subdomain, selalu memakai tambahan tahun/bulan sebelum "kata-kata". Dan, hal ini dianggap tidak bagus bagi SEO.

Entahlah benar tidaknya karena pengalaman sendiri mengatakan bahwa permalink blogspot sekalipun tetap dipandang oleh mesin pencari karena blog-blog berbasis blogspot saya tetap bisa tampil di halaman pertama Google.

Lalu, bagaimana dengan permalink di WP Self Hosted sendiri?

Jawabannya, TERGANTUNG webmasternya. Iya, itu akan terserah selera dari pengelola website atau bloggernya.

WP Self Hosted memang menyediakan beberapa pilihan, seperti bisa dilihat di bawah ini :

Cara Mengatur Permalink di Wordpress Self Hosted

Permalink di Wordpress Self Hosted bisa dikata hampir tidak terbatas. Pilihannya mulai dari yang sama persis dengan Blogspot, memakai tanggal (bahkan kalau mau memakai jam),  sampai yang buat sendiri karena disediakan menu "custom permalink", alias suka-suka webmasternya.

Semua bisa diatur di dashboard. Kode-kodenya tidak susah karena di bagian bawahnya sudah diberikan petunjuk bagaimana membuat permalink sendiri. Contoh kalau menambahkan hari berarti harus menambahkan  "/%day%/ "

Itulah kelebihan WP SH dalam hal ini dibandingkan blogspot. Keluwesannya. Entah efeknya bagi SEO karena saya bukan pemerhati SEO.

Untuk melakukan perubahan ini pun mudah

1. Login ke namadomain.com/wp-admin
2. Masukkan nama user dan password untuk masuk di dashboard
3. Cari bagian "Setting"
4. Pilih "Permalink"

Cara Mengatur Permalink di Wordpress Self Hosted

5. Atur sesuai dengan yang dimau
6. Save
7. Selesai

Biasanya para pengguna WP lebih suka memakai permalink sederhana, seperti www.namadomain.com/judul-artikel dibandingkan yang ala blogspot. Alasannya karena "katanya" lebih ramah mesin pencari.

Kira-kira begitulah cara mengatur permalink di Wordpress Self Hosted.

Sesederhana itu? Ya memang. Kenyataannya memang WP Self Hosted itu user friendly dan mudah sekali digunakan. Tidak ribet bin rumit. Jadi, kalau ada yang membuat kelihatannya rumit, ya rasanya pasti ada bumbu-bumbu di belakang itu seperti supaya yang menulis kelihatan "keren" bin penting (suudzon.com).

Selamat mencoba.

6 Responses to "Cara Mengatur Permalink di Wordpress Self Hosted"

  1. sip mas,..dulu pernah atur jug katanya harus menggunakan tanggal ya biar lebih seo katanya,..katanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebanyakan sih bilang, justru jangan pake tanggal atau bulan.. entah mana yang bener

      Delete
    2. Mungkin sama-sama bener mas 😂😂😂,..karena setelah saya coba enggak ada bedanya,..tergantung artikel juga,..kalau bagus ya page one kalau enggak ya enggak he-he,..sekedar curhat mas 😀

      Delete
    3. Sangat bisa jadi karena memang faktanya begitu.. dua-duanya bisa tampil di halaman pertama, tetapi dua-duanya bisa juga tidak tampil.. hahahaha berarti emang tergantung artikelnya yah

      Delete
  2. tak tahu nak comment apa... saya pening sebab terlalu banyak link blog nya. jadi saya masuk blog yang latest update... maaf ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tak comment juga tak apa... tidak ada paksaan... saya berkunjung ke blog Anies karena memang ingin membaca saja kok.. bukan untuk minta kunjungan balik..

      Santai saja yah

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel