Pengaruh Trafik Pengunjung Pada Peringkat Alexa : KECIL SEKALI !

Pengaruh Trafik Pengunjung Pada Peringkat Alexa : KECIL SEKALI !
Masih suka memperhatikan Peringkat Alexa ? Tahu kan apa Peringkat Alexa atau Alexa Ranking? Dulu sempat ngetop loh pembicaraan mengenai hal yang satu ini di dunia blogging. Saya pun ketika pertama ngeblog sangat rutin sekali berkunjung dan mengetes berapa peringkat Alexa dari blog-blog yang saya kelola.

Cuma, setelah beberapa lama, akhirnya saya memilih untuk mengabaikan hal ini. Tidak penting bagi tujuan saya ngeblog. Meskipun demikian, saya menyadari bahwa ada di belahan blogosphere (dunia blogging) yang masih memandang penting ranking Alexa yang dimiliki sebuah blog, terutama buat merek yang mencoba mengais rejeki dari content placement .

Meski mengabaikan dan tidak memasukkannya sebagai salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan, tidak berarti saya berhenti bermain-main ke website salah satu anak perusahaan AMAZON, sebuah perusahaan multimedia dunia ini. Paling tidak beberapa kali dalam setahun, saya akan iseng mengecek, sambil coba mencari tahu bagaimana sebenarnya metrik Alexa bekerja dalam mengukur performa sebuah website.

Nah, salah satu hal yang menurut saya menarik dari Alexa adalah bahwa PENGARUH TRAFIK PENGUNJUNG memegang peranan kecil saja bagi peringkatnya. Klaim yang terdengar asal-asalan, tetapi sebenarnya ada satu contoh kecil dari dua blog yang saya kelola, yaitu blog UMUM SEKALI (US) dan MANIAK MENULIS (MM).

Keduanya memang memakai template yang sama, yaitu Viomagz buatan Mas Sugeng, tetapi isinya berbeda. US bertema gado-gado, apa saja dimasukkan kesana, sedang MM bertema menulis dan membaca (termasuk blogging). US tidak memiliki kolom komentar, sedangkan MM sebaliknya. Dan, masih banyak lagi bedanya.

Hasil perbandingannya, dalam kondisi hari ini adalah blog US rupanya lebih mampu menarik pengunjung dibandingkan blog MM. Bisa dimengerti, karena blog MM bermain dalam dunia dimana persainganya luar biasa ketat (menyerempet tentang blogging). Secara trafik pengunjung blog MM hanya mampu mendapat 1/6 atau 1/7 dari blog US.

Blog US terlihat secara konstan memiliki grafik trafik pengunjung, dan mayoritas pengunjung organik dari mesin pencari, yang terus menaik. Sementara MM tetap begitu-begitu saja karena persaingan yang tinggi.

Kalau berdasarkan banyak teori, seharusnya blog US harus memiliki peringkat Alexa yang lebih tinggi, iya kan? Jika merujuk pada apa yang disebutkan di website Alexa pun, seharusnya demikian tetapi kenyataannya TIDAK.

Blog Maniak Menulis memiliki peringkat Alexa yang jauh lebih tinggi dari blog Umum Sekali.

Pengaruh Trafik Pengunjung Pada Peringkat Alexa : KECIL SEKALI !
Peringkat Alexa blog Maniak Menulis

Pengaruh Trafik Pengunjung Pada Peringkat Alexa : KECIL SEKALI !
Peringkat Alexa blog Umum Sekali
Meski pengunjungnya hampir 7 kali lipat blog MM, blog US harus rela peringkat Alexanya berselisih hampir 60 ribu.

Dari sanalah kesimpulan bahwa, trafik pengunjung, bukanlah faktor utama penentu peringkat Alexa sebuah website. Hal ini dipertebal dengan hasil berkunjung ke beberapa blog lain, yang kalau menurut widget counter pengunjung mereka jauh di bawah blog US, tetapi peringkatnya sangat kecil.

Begitu juga dengan asal pengunjung, rupanya pengunjung organik pun tidak memberikan pengaruh besar pada peringkat Alexa. Blog MM hanya memiliki pengunjung organik rendah sekali dan hanya 1/3 saja dari blog US.

Lalu, apa yang mempengaruhi peringkat Alexa?

Jawabannya

1. Backlink

Meski pengunjung lebih sedikit, blog Maniak Menulis punya lebih banyak backlink. Beberapa rekan blogger sudah berbesar hati untuk membantu dengan memberikan beberapa backlink. Blog US sedikit sekali karena biasanya pengunjungnya datang dan pergi kalau informasi sudah didapat.

2. Bounce Rate

Bounce Rate atau Rasio Pantulan Blog Maniak Menulis lebih rendah daripada blog Umum Sekali. Entah kenapa rupanya banyak pengunjung yang betah disini, hasilnya blog itu punya Bounce Rate pernah di bawah 30% (meski sekarang naik karena jarang diupdate). Sementara blog US bounce rate0nya 90% ke atas

3. Lama Waktu di Website

Jangan tanya. Kebanyakan pengunjung blog MM rupanya "betah" disini sehingga mereka mau meluangkan waktu 3-5 menit saat berada di sini. Sementara, blog US hanya antara 1-1 1/2 menit saja, selebihnya kabur

MANIAK MENULIS

UMUM SEKALI
Nah, itu hasil analisa kecil-kecilan saja. Bukan kepastian karena pastinya Alexa punya resep khusus lain yang tidak disebarkan ke publik.

Tetapi, dari sini, saya menyimpulkan dan mungkin memberi sedikit saran, kalau peringkat Alexa masih penting bagi Anda (entah dengan alasan apa), lebih baik tidak perlu fokus pada mencari pembaca/pengunjung. Memang, rasanya semakin banyak pengunjung akan tetap memberikan efek, tetapi akan memakan waktu lebih lama.

Rasanya akan lebih efisien kalau berfokus pada

  • Mencari backlink/tautan balik. Silakan blogwalking sesering mungkin atau menjadi penulis tamu di blog yang mau menerima. Kalau nggak sabaran bisa beli backlink dari penyedianya
  • Membuat artikel yang panjang dan menarik untuk memastikan bounce rate dan waktu di blog meningkat drastis
Itu pandangan saya.

Jujur saja, saya tidak melakukan kedua saran di atas. Bukan apa-apa, peringkat Alexa sudah tidak penting bagi saya, seperti sudah disebutkan di awal. Lagipula, tidak sesuai dengan diri sendiri.

Belum lagi kalau ditambah bahwa saya berpikir bahwa semakin banyak pengunjung semakin baik. Tidak peduli berapa peringkat blog-blog saya di dunia, selama pengunjungnya datang, itu sudah lebih baik. Kenaikan peringkat Alexa 1000 tingkat sekalipun, tidak akan menyenangkan kalau pengunjung ternyata hanya 100. Lebih baik peringkat turun 100000 tetapi ada 1000 pengunjung yang datang.

Tetapi, kebutuhan orang bisa berbeda. Kalau tidak cocok, jangan dipakai saran disini.


6 Responses to "Pengaruh Trafik Pengunjung Pada Peringkat Alexa : KECIL SEKALI ! "

  1. Lama ngga main ke Alexa. Nanti berkunjung ah,,,

    ReplyDelete
  2. aku udah gak perhatiin alexa mas.. sekarang yg penting nulis dan happy aja.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus begitu malah menurut saya mah... ga usah ribet...

      Delete
  3. Makasih banyak ulasannya pak.
    Semacam nyambung banget nih, saya tadi barusan blog walking ke blog siapa ya tadi (astagaaaaa, baru saja sekitar 10 menit yang lalu dan saya sudah lupa hahahaha)

    Intinya juga membahas alexa.

    Betewe, sejak DA saya turun (hadeh, di postingan tadi juga saya nulis kayak gini hahaha) saya jadi lebih suka kunjungi alexa.
    Soalnya amazed aja ama peningkatannya, liat angka rank nya tiap hari selalu meramping jadi semacam obat baper banget pak hahahaha.

    Beteweee..
    template mas Sugeng tuh rasanya udah menjamur di mana-mana ya, hampir 80% blogger laki yang saya kunjungi blognya pakai template itu.

    Bahkan salah satu blog yang copas puluhan artikel saya juga pakai template itu *eh hahahaha

    Kalau blog saya, salah satu yang membantu merampingkan bounce rate adalah pembaca setia saya.
    Terus terang trafic saya belum sebanyak para blogger mastah.

    Tapi senang juga liat bounce rate lumayan meramping.

    Oh ya, blog bapak yang US saya juga belum pernah main ke sana, soalnya saya masuk dari profil bloggernya yang isinya banyaaaakkb banget blog hahaha

    ReplyDelete
  4. Hahahaha.. Rey... baru tau yah blog saya banyak..

    Memamng kalau gampang lupa, pertanda sudah tua..wkwkwkwkw.... Soal Alexa sendiri, memang saya perhatikan kalau rajin bersilaturahmi dengan sesama blogger biasanya Alexanya ramping karena bounce rate cenderung rendah.

    Soal si template mas Sugeng.. hemm.. templatenya rapih sih Rey dan mudah digunakan. Secara SEO juga bagus dan tidak acak-acakan. Kebetulan karena bentuknya magazine jadi lumayan enak dipakai...

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel