Perubahan Algoritma Inti Google Bulan Maret 2019 Membawa Keberuntungan

Hidup itu ada naik dan turunnya. Ada pahit dan manisnya. Semuanya silih berganti datang mewarnai kehidupan.

Sudah sejak tahun lalu, tepatnya bulan September 2018, semua blog di bawah naungan Lovely Bogor Network memang mengalami penurunan trafik. Tidak sedikit. Lumayan besar antar 30-50% dibandingkan trafik normal.

Yang paling besar ada di Lovely Bogor sendiri dengan penurunan 50% dibandingkan jumlah biasanya.

Penyebabnya adalah karena banyak sekali artikel yang semula rajin nongkrong di halaman 1 SERP Google tiba-tiba rontok dan menghilang entah kemana. Dan, hal ini berlaku hampir di semua website,

Pertama kali dugaan adalah karena banyak blog yang berganti server ke Managed VPS. Perubahan URL-nya diduga menjadi penyebab.

Cuma, karena memang strategi saya sederhana, tidak ada tindakan apa-apa yang dilakukan untuk membenahinya. Mau turun kek, mau naik kek, semua akan diperlakukan biasa saja. Toh memang begitulah adanya kehidupan di dunia. Tidak selamanya manis dan tidak selamanya pahit.

Semua ada masanya.

Yang saya lakukan hanya TIGA hal saja, yaitu MENULIS, MENULIS, dan, MENULIS.

Sudah sejak lama saya tidak mau lagi terlalu terfokus pada berbagai hal teknis, seperti SEO, Backlink, atau sejenisnya. Mau naik dan turun dianggap sebagai kodrat dari kehidupan sebagai blogger saja.

Hanya, beberapa hari yang lalu, tepatnya tanggal 14 Maret 2019, ada sesuatu yang membuat "Bingung". Semua blog tiba-tiba mengalami lonjakan pengunjung. Jumlahnya seperti kembali lagi seperti sebelum bulan Agustus 2018.

Bahkan, di Lovely Bogor, jumlahnya melebihi sebelumnya.

Perubahan Algoritma Inti Google Bulan Maret 2019 Membawa Keberuntungan

Perubahan Algoritma Inti Google Bulan Maret 2019 Membawa Keberuntungan

Perubahan Algoritma Inti Google Bulan Maret 2019 Membawa Keberuntungan


Kaget. Senang. Tidak percaya. Bingung.

Yah, mana ada blogger yang tidak senang pembaca blognya bertambah banyak. Iya kan? Saya juga begitu.

Tetapi, tetap ada rasa heran dalam hati karena saya tidak merasa melakukan apa-apa. Bahkan frekuensi update belakangan ini agak menurun karena disibukkan hal lain di dunia nyata dan juga kondisi badan sedang tidak prima.

Rasanya tidak mungkin penambahan artikel yang biasa-biasa saja bisa memacu pengunjung sebanyak itu datang.

Pasti ada sesuatu.

Dan, seperti biasa, meski tidak terlalu memperhatikan, saya biasanya akan iseng datang ke Search Engine Land atau Search Engine Roundtable, dua buah blog/website yang fokusnya khusus membahas dan memantau perkembangan Mesin Pencari Google. Biasanya dari sana akan ada gosip atau rumor tentang update algoritma Google.

Dua website ini memang spesialis memantau hal-hal terkait mesin pencari, terutama Google. Dan, sepertinya punya channel juga untuk berkomunikasi dengan staff perusahaan raksasa itu.

O ya jangan salah yah. Banyak tulisan tutorial soal SEO dan mesin pencari buatan empu blogger tutorial tentang blogging Indonesia kerap mengambil datanya dari sini tetapi kadang tidak disebutkan sumbernya.

Nah, hasil baca-baca disana, rupanya memang Google baru saja melakukan perubahan pada Algoritma Inti pada tanggal 12 Maret yang lalu. Jangan tanya apa itu algoritma inti, saya tidak tahu, tidak akan berpura-pura tahu supaya kelihatan keren, juga sebenarnya tidak begitu peduli.

Hanya rasa ingin tahu saja yang mendorong saya mencari informasi apa yang sedang terjadi dan mengapa tiba-tiba trafik datang melimpah seperti itu.

Rupanya dijelaskan disana bahwa hasil dari perubahan algoritma itu memang banyak yang memberi efek berupa jumlah trafik yang kembali ke titik "normal", yaitu sebelum Agustus 2018. Banyak yang mengalami hal yang sama dan hampir semua blog saya mendapatkan imbas positif.

Sesuatu yang menyenangkan dan menggembirakan karena hasilnya adalah peningkatan pada penghasilan Adsense. Iya dong, pengunjung yang bertambah, biasanya, paralel dengan penghasilan iklan yang naik juga.

Jadi, menyenangkan sekali selama beberapa hari ini melihat data yang tampil di aplikasi Adsense di Oppo A3S. Angkanya membuat hati berbunga-bunga.

Perubahan Algoritma Inti Google kali ini membawa berkah bagi saya.

Walaupun demikian, saya menyadari bahwa suatu waktu, entah kapan, tetap ada kemungkinan trafik akan kembali merosot. Bagaimanapun, karena saya mengandalkan mesin pencari untuk mendapatkan pembaca, perubahan apapun yang dilakukan Google terhadap algoritmanya akan berefek kepada blog di bawah naungan Lovely Bogor Network.

Dan, kemungkinan itu akan sangat mungkin terjadi karena tentunya Google akan terus menyesuaikan algoritmanya agar menghasilkan "keuntungan" yang maksimal buat mereka. Namanya juga bisnis, iya nggak?

Bagaimana kalau nanti turun lagi? Ya tidak masalah. Saya hanya akan melakukan yang saya bisa dan sukai, yaitu MENULIS, MENULIS, dan MENULIS.

Mau senang, mau susah, saya hanya akan melakukan itu saja.

Karena tugas saya sebagai blogger, ya itu saja. Membuat tulisan, menerbitkannya, dan kemudian menulis lagi. Entah kalau Anda mau menambahnya dengan tugas-tugas yang lain. Kalau saya sih tidak mau repot.

2 Responses to "Perubahan Algoritma Inti Google Bulan Maret 2019 Membawa Keberuntungan"

  1. Wah semoga blog blog saya juga kembali naik kalau nggak ya tetap 3M menulis, menulis dan menulis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaamiin semoga ya mas Dwi... Tetap semangat mas..

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel