Kolom Komentar Terpaksa Dimoderasi Lagi Karena Ulah Spammer

Kolom Komentar Terpaksa Dimoderasi Lagi Karena Ulah Spammer

Spammer itu memang makhluk yang menyebalkan. Semoga mereka diberi hidayah oleh Yang Maha Kuasa.

Sudah lama saya melepaskan moderasi pada blog Maniak Menulis. Maksudnya, toh pengunjungnya kebanyakan rekan-rekan sesama blogger, dan biasanya tidak ada komentar berbau spam yang masuk. Paling ada rekan yang numpang memajang nama blognya disini.

No problem lah yang seperti itu. Normal saja. Apalagi dengan begitu, saya tidak perlu repot lagi memperhatikan kolom moderasi. Bebas dan mengurangi kerjaan.

Sayangnya, hari ini terpaksa lah, moderasi diberlakukan pada blog ini. Bukan apa-apa, dan memang terasa menyebalkan. Tetapi, harus dilakukan.

Hari ini blog ini dibanjiri komentar spam. Benar-benar banjir karena jumlahnya buaaanyaak sekali dan di setiap artikel ada komentar spam banyak. Dan itu terjadi di semua postingan.

Asal mulanya tindakan spamming ini terjadi adalah karena ada peningkatan secara drastis di aplikasi Adsense di smartphone. Tidak wajar sekali karena kurang dari 1 jam ada peningkatan trafik mencapai 1000 pageviews. Jumlah yang sangat luar biasa sekali mengingat Maniak Menulis cuma blog kecil saja.

Selidik punya selidik, setelah melihat data di Google Analytics, terlihat hanya ada satu visitor, tetapi ia membaca semua tulisan secara terus menerus. Silih berganti.

Feeling ada ketidakberesan muncul di hati. Dan, ketika melihat komentar, disana sudah bejibun tulisan yang mempromosikan obat kuat.

Kolom Komentar Terpaksa Dimoderasi Lagi Karena Ulah Spammer

Benar-benar kurang ajar sekali. Jumlah komentar spamnya luar biasa banyak. Ada yang langsung dianggap spam oleh blogspot, tetapi banyak yang lolos juga.

Gila lu dro!

Akhirnya, dengan hati dongkol terpaksalah harus mendelete semua komentar yang lolos dan langsung membersihkan kotak spam. Hanya saja karena terus masih berlangsung, saya putuskan untuk mematikan kolom komentar sementara.

Setelah sepertinya serangan reda, saya mensetting ulang kolom komentar dan menjadikannya "selalu dimoderasi".

Yah. Bakalan capek. Dan, saya mohon maaf kepada siapapun yang meninggalkan komentar bahwa sekarang komentarnya tidak langsung muncul tetapi dimoderasi dulu. Tidak menyenangkan memang, tetapi apa daya, capek juga menghapus satu persatu komentar spam sebanyak itu.

Maaf yah!

8 Responses to "Kolom Komentar Terpaksa Dimoderasi Lagi Karena Ulah Spammer"

  1. Wah saya juga begitu pak anton ketika masih di hosting dengan blogger. Kebanyakan para spammer hadi dari para kaum judi online dan sex hehehe. Al hasil, komentar spam seperti itu saya hapus saja.

    Btw, keren Pak Anton masih setia sama Windows XP hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. iya ampuun.. soal tampilan Windows XP, ya tidak masalah. Soalnya saat membuat tulisan juga saya tidak butuh hal lain selain tempat untuk menulis

      Delete
    2. Mantap deh pak anton mah, betul-betul fokus menulis hehehe

      Delete
  2. Diset kadang-kadang aja mas moderasinya..seperti saya,saya set 3 hari, jadi kalau ada yang komentar sudah lewat 3 hari dr recent post otomatis masuk moderasi ,jadi teman bloggger bisa langsung komnetar diartikel terbaru..Biasanya spammer komentar diartikel yang lama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hadeuh... nah yang kemarin itu, semua artikel dia masukkan komentar spamnya. Mau tulisan yang baru atau lama, semuanya dikomentari yang sama. Entah pakai alat apa.

      Kalau dilihat di Google Analytics, satu persatu komentar spam dimasukkan olehnya

      Delete
  3. Gakpapa mas, asal bisa bikin spammer jera, hehe..

    ReplyDelete
  4. Saya juga dulu sering di komentari spammer, ya saya tendang langsung ke spam, meski sempat tayang beberapa saat.

    Saya termasuk yang sering cek komen sih, kadang sehari meski belum sempat buka laptop saya cek di hape, dan kalau ada komen yang merugikan, langsung saya tendang ke spam hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti itu.. cuma kalau satu hari ratusan, tangan saya gempor juga , seperti kasus pada saat tulisan ini dibuat, semua tulisan diberi spam.. repotz.. makanya saya matikan dulu komentar untuk sementara

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel