Perpustakaan Admont, Austria : Buku Dan Keindahan Dalam Biara

Perpustakaan Admont, Austrlia : Buku Dan Keindahan Dalam Biara
Sumber : Kredit Wikimedia Commons

Ingin membaca, tentu boleh. Namanya juga sebuah perpustakaan. Tetapi, di Perpustakaan Admont, Austria, rasanya perhatian juga akan teralihkan oleh hal lain. Buku-buku bisa menjadi tidak menarik bahkan bagi seorang kutu buku sekalipun.

Bagaimana tidak. Perpustakaan yang memiliki koleksi lebih dari 200.000 volume ini juga menghadirkan keindahan yang mau tidak mau mengundang perhatian juga. Bentuknya adalah bangunan, arsitektur, dan berbagai ornamen yang ada di dalamnya sendiri.

Tempat dimana perpustakaan yang "wajib" dikunjungi versi Business Insider ini berada merupakan sebuah bangunan kuno dan bersejarah. Dibangun pertama kali pada tahun 1074 sebagai sebuah biara dan perpustakaannya sendiri selesai 7 abad kemudian di tahun 1776.

Arsitekturnya menggunakan gaya Barok dan dihiasi dengan berbagai mural indah di seluruh bagiannya, terutama di langit-langitnya dimana terdapat lukisan dinding yang memukau. Lukisan ini merupakan hasil karya seniman terkenal di abad itu, Bartolomeo Altomonte yang berusia 80 tahun ketika menyelesaikan secara total 7 mural di dalam ruang perpustakaannya.

Bukan itu saja di dalam area, termasuk pada bagian perpustakaannya, terdapat banya sekali benda seni bernilai tinggi, seperti patung karya pematung jaman Barok, Josef Stammel. Hal ini karena Biara Admont sendiri bukan hanya berfungsi sebagai perpustakaan, tetapi juga tetap merupakan biara aktif bagi para biarawan dan biarawati, selain juga sebagai museum dan sekolah.

Kredit Jorge Royan Via Wikimedia Commons

Jorge Royan / http://www.royan.com.ar 

Sumber Wikimedia Commons

Perpustakaan Admont sendiri memiliki ukuran kurang lebih panjang 70 meter , lebar 14 meter, dan tinggi 11 meter dna terdiri dari 3 bagian.

---
Referensi :

Admont Abbey - Wikipedia
Twisted Sifter - The World’s Largest Monastery Library is in Austria and it’s Beautiful

6 Responses to "Perpustakaan Admont, Austria : Buku Dan Keindahan Dalam Biara"

  1. GILAAAAK, INI PERPUSTAKAAN SIH BIKIN BETAH PARAH KALAU BEGINI BENTUKNYA YA :D

    ReplyDelete
  2. Bangunannya indah sekali, wah kalau saya yang kesana jadi tidak membaca nih. Karena terbius oleh arsitek ruangan yang begitu megahnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga rasanya bakalan begitu sih...ngapain baca buku mending keliling perpustakaannya..hahaha

      Delete
  3. Sudah lama nggak ke perpustakaan...maklum di perumahan mana ada, padahal kangen masa masa sekolah kalau pas istirahat nongkrongnya di perpustakaan, baca baca sambil pinjam untuk dibawa pulang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama saya juga sudah lama banget ke perpustakaan... waktunya ga ada tuk kesana..

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel