Ohelterskelter : Bukti Travel Blogger Harus Mahir Fotografi

Ohelterskelter : Bukti Travel Blogger Harus Mahir Fotografi
Screenshoot dari homepage website Ohelterskelter
Beda. Memang beda sekali saat berkunjung ke travel blog "kelas atas", atau supaya tidak ada kesan adanya kasta dalam dunia blogger, sebutlah sebagai "berpengalaman". Dalam banyak hal!

Ohelterskelter, sebuah website yang dikelola oleh Yuki Anggia Putri, salah satu travel blog terkenal di Indonesia semakin menegaskan tentang satu hal yang kerap dilupakan dan dianggap remeh, yaitu tentang "foto". Lagi-lagi foto!

Bagaimana tidak. Saat membaca beberapa postingannya yang ada disana, terasa seperti larut dan ikut mengalami apa yang dirasakan penulisnya. Bukan sekedar karena gaya penulisannya yang bercerita, tetapi juga karena foto-fotonya yang membuat saya merasa seperti ikut berada di tempat yang sang blogger, yang sama dengan saya lulusan Universitas Indonesia, Fakultas Sasra (sekarang Fakultas Ilmu Budaya).

Bukan apa-apa. Foto-fotonya tidak memainkan peran sebagai pemanis tulisan saja. Foto-foto dalam artikelnya seperti menjadi cerita tersendiri dan berkolaborasi dengan baik dengan gaya penulisannya.

Cobalah lihat sebuah foto sederhana seperti di bawah ini.

Foto Yuki Anggia Putri dari Artikel Masih Ragu Ke Inggris? Mungkin 5 Hal Ini Bisa Mnejadi Inspirasi
Sederhana, tetapi sudah menyampaikan sebuah cerita kecil tentang situasi di Inggris. Diambil tentunya bukan oleh seseorang yang sekedar bisa memotret tetapi dengan perhitungan dan teknik fotografi yang matang dan mumpuni.

(Perhatikan saja, tanpa perlu menggunakan teks yang banyak, kita bisa tahu dimana foto ini diambil dan ada bagian yang memang mencerminkan budaya disana. Jelas di Inggris! Karena disana tertulis Liverpool, sebuah kota pelabuhan yang terkenal juga dengan klub sepakbolanya. Dan, pub disana memang merupakan ciri budaya masyarakatnya)

Ada banyak foto sejenis yang bisa ditemukan di dalam blog wanita ini. Tidak satupun yang mengecewakan. Coba saja sendiri kalau tidak percaya untuk berkunjung ke Ohelterskelter.

Beberapa waktu yang lalu, saya pernah menulis tentang sebuah travel blog lainnya, yaitu Trip of Mine, yang dikelola Mas Himawan Santoso.Blog yang menarik kalau dilihat dari sisi penulisan dan cara berceritanya.

Cuma, ada satu hal yang membuat saya terpaksa mengeluarkan komentar atau kritik yang mungkin dianggap kurang ajar atau kurang bisa diterima. Komentar itu adalah tentang pemakaian foto di dalam Trip Of Mine yang kurang "pas".

Kurang pas dalam artian teknik, cara pengambilan, penempatan obyek, dan segala sesuatu yang berkaitan dengan foto yang bagus. Bagaimanapun, saya juga menekuni fotografi, meski dengan kamera biasa saja, tetapi saya cukup paham tentang mana foto yang baik dan bagus.

Dan, dalam blog mas Himawan itu, terasa sekali ada hal yang tidak digali dan dikembangkan lebih jauh lagi, yaitu tentang foto-fotonya. Padahal, potensinya sangat besar meski obyeknya kebanyakan berada di dalam negeri saja. Tetapi, kalau itu diolah lebih jauh lagi, hasilnya akan bisa mengembangkan blog itu ke level yang lebih tinggi.

Dan, bagaimana travel blog yang ideal itu, seperti hadir di depan mata dengan nama Ohelterskelter.

Terus terang, saya tidak tahu apa arti nama blog itu, dan tidak begitu peduli.

Yang terpenting adalah isinya menarik dan menarik untuk dibaca. Teks dan fotonya berada dalam harmoni dan masing-masing menggiring pembaca untuk ikut merasakan petualangan yang dialami sang blogger.

Dan, saya harus berkata bahwa si "Tama", entah apa hubungannya dengan si Yuki sehingga dianggap fotografer pribadi (tidak penting), adalah seorang fotografer jempolan.

Keren punya. Blog dan fotografernya.

Blog ini sebenarnya juga harus membuka mata, bagi siapapun yang berniat menjadi travel blogger. Mereka bukan hanya harus memperdalam dan menemukan gaya penulisan yang berbeda dan unik. Bukan hanya itu.

Seorang travel blogger harus juga memahami fotografi, atau setidaknya memiliki orang yang mempunyai kemampuan memotret yang mumpuni dan selalu bersama Anda selama bepergian. Tanpa itu, rasanya sulit blognya berkembang ke tingkat yang lebih jauh lagi karena tanpa itu foto-fotonya akan kurang berbaur dengan postingannya.

Jadi, tanpa berniat merendahkan, jika memang berniat untuk sharing pengalaman traveling, ada baiknya berkunjung dulu ke blognya si Yuki Anggia Putri, Ohelterskelter ini. Coba pelajari banyak hal dari sana, terutama dalam hal foto, yang kerap dianggap remeh.

3 Responses to "Ohelterskelter : Bukti Travel Blogger Harus Mahir Fotografi"

  1. Uwoooow.. yang menarik dari review Blog seperto ini adalah pembaca kayak saya jadi tahu, mana kelibihan dan mana kekurangan. Jadi semacam bisa belajar sedikit demi sedikit. Terima kasih banyak ulasannya kak.. ❤️❤️❤️❤️❤️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah, saya juga masih belajar kok.. hahaha cuma iseng aja bahas soal foto di blog orang lain

      Delete
  2. y memang percuma klo sudah jauh jauh traveling tapi fotonya jelek kan, jadi mubazir usahanya hahaha baiknya belajar foto dulu sebelum traveling

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel