Trafik "Pengunjung" Di Dashboard Blogspot Tinggi ? Jangan Senang Dulu Lihat Template Yang Dipergunakan

Trafik Pengunjung Di Dashboard Blogspot Tinggi ? Jangan Senang Dulu Lihat Template Yang Dipergunakan

Memang tidak salah kalau melihat trafik pengunjung tinggi itu menyenangkan. Rasanya semua blogger akan merasakan hal yang sama kalau kondisinya begitu. Sebaliknya, kalau rendah, bisa bikin tidak enak makan tidak enak tidur.

Saya pun begitu.. dulu tapinya, kalau sekarang sih, karena sudah semakin tua, maka semakin bijaksana dalam menyikapi. Mau turun mau naik, sekarang mah santai saja dan terus saja menulis. EGP.

Tapi, rasanya, masih akan banyak sekali blogger yang rajin melongok entah itu dashboard Google Analytics, Hi-Stats, atau Blogspot/Blogger (kalau memakai hosting disana).

Nah, nama yang terakhir itu, yaitu Blogspot dan Blogger memang kerap mem-PHP (Pemberi Harapan Palsu) lewat statistiknya. Tidak diniatkan seperti itu sih, pastinya niatnya baik. Tetapi, masalah utamanya data yang tersaji disana memang kerap membuat hati terasa "senang" karena angkanya biasanya lebih tinggi kalau dibandingkan dengan statistik yang di Google Analytics atau Hi-Stat.

Iya kan? Pasti Anda sudah tahu hal itu.

Hal itu terjadi karena beberapa hal, yaitu :

- Yang dihitung di statistik Blogspot adalah Pageviews atau Laman Tayang. Cuma seringnya, terutama yang baru terjun ke dunia blog memandangnya sebagai "Pengunjung" alias Pembaca. Padahal, kadang pembaca bisa membuka 2-3 laman. Angka pengunjungnya , atau visitors pasti lebih kecil dari pageviews.

- Statistik trafik pengunjung di Blogspot menghitung kunjungan robot. Banyak pengunjung dari wilayah-wilayah aneh dari berbagai negara yang tidak bisa berbahasa Indonesia, seperti Swaziland, Kenya, dan sebagainya ke blog berbahasa Indonesia. Memang mungkin ada orang Indonesia disana, tetapi kalau ditilik di statistik Google Analytics, biasanya lama kunjungan hanya 0 detik saja. Kemungkinan besar adalah "robot".

- Menghitung kunjungan sendiri. Meskipun sudah diset agar penayangan yang dilakukan oleh pemilik blog tidak dihitung, terkadang, tetap saja dihitung sebagai pengunjung dan statistiknya naik. Padahal, kalau di blogspot kerap kita harus membuka blog sendiri untuk membalas komentar. Berbeda dengan Wordpress Self Hosted yang bisa dilakukan via dashboard.

Jadi, itu adalah paling tidak 3 hal yang membuat data statistik di Blogspot kurang begitu akurat dan valid.

Tetapi, ada satu hal lagi yang sering tidak disadari oleh pengguna Blogspot. Kerap hal ini juga dimanfaatkan untuk keren-kerenan memperlihatkan keberhasilan pencapaian dalam mengundang pembaca.

Contohnya, ada di bawah ini.

Trafik "Pengunjung" Di Dashboard Blogspot Tinggi ? Jangan Senang Dulu Lihat Template Yang Dipergunakan
Keren banget yah angkanya? Memang bagus banget. Meskipun saya sadar angkanya tidak riil, tetapi meski sudah dilakukan kalkulasi datanya tetap sangat luar biasa.

Meskipun begitu, saya hanya ingin menekankan bahwa angka "laman tayang" sesungguhnya mungkin hanya 1/3 - 1/5 saja.

Serius?

Sangat serius.

Dan, bukan tanpa alasan saya berani mengatakan demikian. Sebelumnya saya pernah menulis bahwa saya kolektor template. Silakan lihat tulisan"Menjadi Kolektor Template/Theme Blog".

Dalam tulisan itu disebutkan berbagai template (Blogspot) dan theme (Wordpress) yang saya pernah beli (bukan pakai yah, kalau pakai lebih banyak lagi).

Nah, terutama untuk template blogspot, ada satu kesamaan yang selalu ada dari semua template yang pernah saya beli (dan pakai). Template blogspot akan menggandakan atau melipat-tigakan angka pageview di dashboard blogger. Semua template yang saya punya dan pernah pakai begitu.

Rata-rata kalau homepage, angkanya sama, yaitu "1" saja kenaikannya normal. Tetapi, begitu halaman artikel yang dibuka kenaikannya antara 2-5 untuk setiap kali buka. Belum ditambah kalau menjawab komentar ditambah lagi 2-5 juga.

Beberapa template yang saya perhatian, seperti Kompi Flexible yang dipakai Maniak Menulis akan menambah angka di statistik blogger sebagai berikut :

  • Homepage / Beranda :  1
  • Laman Artikel           :  3
  • Balas Komentar         :  3

Kalau Viomagz    

  • Homepage : 1
  • Laman Artikel :2
  • Balas Komentar : 1-2
Simplify

  • Homepage : 1
  • Laman Artikel : 3
  • Balas Komentar : 2-3
Maniak Menulis memakai Kompi Flexible, begitu juga dulu blog saya yang lain Uumum Sekali. Tetapi kemudian saya gantu template Umum Sekali dengan Viomagz, hasilnya angka di statistik blogger blog itu langsung turun drastis. Padahal di Google Analytics dan aplikasi Google Adsense sama saja. Banhkan cenderung meningkat.

Dugaan adalah karena Kompi Flexible akan menambah lebih banyak di statistik blogspot dibandingkan Viomagz. Jadi, terlihat lebih banyak daripada yang sebenarnya.

Saya tidak tahu mengapa bisa demikian, tetapi, hasilnya yang saya tahu adalah pemakaian template akan sangat mempengaruhinya. Figur yang diperlihatkan menjadi sangat tidak akurat (apalagi kalau ditambahkan poin-poin lain yang disebutkan di atas).

Nah, kalau Anda melihat data statistik trafik pengunjung di dashboard blogspot Anda tinggi, sebaiknya, sedikit teliti. Dan, tidak perlu melambung sudah merasa berhasil karena data yang ada sebenarnya jauh lebih tinggi dari yang sebenarnya.

Begitu juga, kalau Anda melihat screenshoot dari seseorang yang memperlihatkan data statistik ala Blogspot/Blogger. Jangan langsung terkesima dan mengalirkan air liur karena terpesona. Angka itu mesti harus dibagi lagi berdasarkan template yang dipakai.

Meskipun dalam kasus screenshoot di atas, kebetulan blognya memakai template Kompi Flexible, sama seperti Maniak Menulis, hasil pembagiannya tetap saja keren. Angka 292.000 kalau dibagi 3-5 (asumsi setiap template menghasilkan 3-5) saja masih di angka hampir 60 ribu-90 ribu pageview perhari. Sesuatu yang tetap luar biasa .

Iya kan?

11 Responses to "Trafik "Pengunjung" Di Dashboard Blogspot Tinggi ? Jangan Senang Dulu Lihat Template Yang Dipergunakan"

  1. Baru saja aku buka halaman dashboard blogku dan baca satu artikel tentang google analystic, eh ... kebetulan pula dibahas di post ini.

    Benarkah yang paling akurat grafiknya harus dipasang google analystic dan untuk itu harus mendaftar terlebih dulu kemudian dipasangkan kode yg dikirim ke dashboard blog ?

    ReplyDelete
  2. Saya pun sekarang juga EGP, karena kalau cuma mikirin trafik yang nggak naik-naik malah bikin pusing 7 keliling dan malas nulis aja.
    EGP, yang penting berbagi....😌

    ReplyDelete
  3. Cieee...ciee... yang dapat Koment dari Idolanya ( Mbak Indri)....berbunga-bunga nich yeeee....

    Tapi saya ragu,apakah benar yang koment adalah Mbak Indri ? setahu saya Mbak Indri itu suka nulis koment yang panjang, tpi kok simple banget yach komentnya.

    Tapi ah...sudahlah buat apa dipersoalkan... :) Mbak Indri sudah nongol saja sudah puas dan bersyukur, sebab rindu tertuntaskan,hahahah......lebayyy... :)

    ReplyDelete
  4. @Himawan ... Menurut saya sih memang begitu Google Analytics lebih akurat dibandingkan statistik Blogspot. Fiturnya juga banyak sehingga kita bisa menyaring data pengunjung robot dan bisa mendapatkan data yang sebenarnya. Ada lagi Hi-Stat, cuma saya hanya sempat memakai sebentar saja. Jadi, tidak bisa komentar.

    Tidak ribet untuk memasang GA, setelah daftar (biasa saja dan tidak rumit caranya), memasang kode di bagian "head" template setelah itu data masuk.

    @Astria .. iyah saya juga sudah tidak peduli banyak terhadap statistik. Hanya secara rutin saya mengamati untuk memperhatikan perkembangan saja. Tidak lagi terlalu sering

    @Kang Nata .. hahahaha.. kok pikirannya sama. Yang penting mah Juragan Cipir sudah tayang lagi. Siapapun di balik akun Google Plus Indri Lidiawati memang tidak penting.

    ReplyDelete
  5. Zaman now banyak yang kayak gini nih, wkwkwkw.
    bahagia liat PV di dashboard, pas buka GA, masha Allah... cuman 1/3 doang kadang wakakaka.

    Dan btw saya baru tau loh kalau ternyata ada template yang bisa ngitung sampai 3 kali gitu.

    Jadi sedikit terbaca keheranan saya, akan blog2 orang-orang yang ngakunya sekali posting bisa kasih 4000an PV dalam seminggu, padahal di intip postingannya sepi banget.

    Ups jadi negthink deh hahaha

    ReplyDelete
  6. @Reyne ... Hahahaha,,,, iyah dan banyak juga yang menampilkan screenshoot blogspot karena memberi kesan lebih besar dan banyak...

    Upss.. ikutan negatif thinking juga neh

    ReplyDelete
  7. Saya dari dulu sampai sekarang tidak pernah paham dengan GA, padahal sudah daftar sejak lama. Hehehe. Mungkin karena sekarang demam statistiknya sudah menurun, jadi ya EGP aja dengan hasilnya. Yang penting bisa tetap menulis dan berbagi.

    ReplyDelete
  8. @Qudsi... yah biasanya semakin kesini kita semakin ga peduli sama statistik.. Bodo amiir.. cuma saya sekarang memakai GA atau statistik lainnya sebagai bahan tulisan..lumayan buat ngisi blog

    ReplyDelete
  9. Awal tahun ganti viomagz, turun drastis statistiknya

    ReplyDelete
  10. @Rifan ... kalau datanya berdasarkan statistik blogspot, pasti. Viomagz menambah lebih sedikit ketika sebuah artikel dibuka. Tapi, kalau data yang dipergunakan adalah Google Analytics, tidak ada penurunan

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel