Think Out Of The Box : Menggunakan Kata Kunci Ngawur

Think Out Of The Box : Menggunakan Kata Kunci Ngawur

Think Out Of The Box. Berpikirlah di luar kotak.

Begitu kata banyak orang sukses kalau ditanya tentang bagaimana ia bisa mencapai kesuksesannya. Ungkapan ini adalah yang paling banyak diberikan oleh orang-orang seperti ini.

Tidak salah. Benar malah.

Karena ungkapan ini bermakna bahwa seseorang harus kreatif dan menjadi "tidak umum". Dengan begitu ia akan menjadi berbeda dan bisa menarik perhatian orang lain. Prinsip yang sama juga dipahami betul oleh para marketer, pemasar.

Oleh karena itu biasanya mereka akan terus memeras otak supaya cara dan barang dagangan mereka akan tampil menonjol dibandingkan yang lainnya.

Pemikiran yang sama "seharusnya" juga dipergunakan oleh para blogger kala mengelola blognya, terutama dalam kaitan dengan mencari informasi dan referensi untuk menambah wawasan bagi dirinya.

Sudah menjadi sesuatu yang umum, seorang blogger biasanya akan mencari informasi tentang tata cara mengelola blog dengan "baik dan benar". Tool yang dipergunakan, tidak lain tidak bukan, paling umum adalah mesin pencari Google.

Mereka biasanya akan memasukkan kata kunci atau keyword seperti :

  • Cara mengelola blog supaya menghasilkan uang 
  • Cara membangun blog agar mendatangkan banyak pengunjung
  • Cara membuat artikel agar ramah mesin pencari
  • Cara membuat blog yang mendatangkan pengunjung ribuan dalam satu hari
  • Blog paling terkenal di Indonesia
  • Blog paling terkenal dan keren di dunia
  • dan, entahlah berapa banyak frase-frase kunci mirip seperti ini dimasukkan ke kotak pencarian
Hasilnya, blog yang ditampilkan di halaman pertama SERP (Search Engine Page Result), ya itu itu juga, yaitu blog yang sudah dioptimasi dengan SEO dan sudah memiliki otoritas yang kuat. Sulit bagi tulisan-tulisan baru mendongkel posisi blog-blog seperti ini dari posisinya.

Masalahnya, apa yang disuguhkan kepada kita pencari sebenarnya, ya itu itu saja. Tidak ada perkembangan. Berapa kalipun dicoba, dengan kemampuan SEO yang seperti itu, sulit untuk bisa mengalahkan yang seperti ini. Mau dicoba dengan berbagai teknik SEO apapun sulit dan akan butuh waktu yang lama sekali (itupun tidak janji).

Monoton.

Sama saja seperti menyuruh diri sendiri membaca buku yang sudah dibaca berulangkali. Isinya tidak akan berubah, begitu begitu saja.

Hal ini tidak baik bagi perkembangan seorang blogger. Membaca hal yang sama terus tidak akan menambah cakrawala pemikiran. Dunia blog dibuat berkesan statis dan tidak dinamis seperti seharusnya.

Pada akhirnya, kalau terus dilakukan berulang-ulang, hasilnya mirip dengan indoktrinasi. Orang hanya dicekoki dengan pemikiran yang sama, tidak berubah.

Cenderung membuat pikiran menjadi sempit dan membebek saja.

Tidak bagus karena berarti tidak kreatif dan hanya mengikuti "kata orang saja". Bukan hasil pemikiran sendiri. Sulit untuk bisa berpikir di luar kotak kalau referensi yang ditelan itu-itu saja.

Menyadari kelemahan dan celah seperti ini, saya coba melakukan sesuatu yang agak tidak umum. Bisa dianggap aneh, tidak membawa manfaat, dan tidak tertarget.

Saya pergunakan "kata kunci ngawur". Contohnya, dalam urusan ngeblog, saya tidak lagi memasukkan frase seperti di atas, yang saya masukkan seperti di bawah ini :

  • Blog paling ngawur di Indonesia
  • Blog paling jelek
  • Blog yang menyebalkan
  • Blog gila
  • Blog yang bloggernya bikin bete
  • Blog yang tidak keren dan amburadul
Dan, banyak keyword yang bisa dikata di luar kebiasaan untuk dipergunakan.

Hasilnya? Banyak dan menyegarkan. Banyak sekali blog "tidak ternama" dengan pemikiran-pemikiran yang bagus dan ditulis dengan cara yang baik sekali. Bahkan, lebih baik daripada yang menduduki rangking pertama SERP.

Salah satu blog yang ditemukan dari hasil berkelana secara awur-awuran ini adalah Amiroh. Juga masih banyak lagi lainnya.

Menyenangkan karena ada tambahan berbagai sudut pandang, yang kerap berbeda dengan yang diajarkan oleh aliran mainstream. Menambah wawasan dan pengetahuan.

Hal ini membuat dunia blog tidak lagi sesempit yang dijabarkan oleh para master blogger. Semua menjadi luas sekali dan tidak sesempit celana kolor para mastah.

Yang penting, cara sederhana seperti ini juga membantu saya untuk "think out of the box" keluar dari kotak yang ditetapkan oleh para penguasa SERP. Saya membuat kotaknya menjadi milik saya sendiri dan pastinya lebih besar dan luas dibandingkan kepunyaan mereka.

Bagaimana dengan Anda? Pernah menggunakan cara ngawur seperti ini?

Bermanfaat loh!

4 Responses to "Think Out Of The Box : Menggunakan Kata Kunci Ngawur"

  1. Saya belum pernah Pak, saya mau coba ah, cari blog paling katro, blogger culun, blog gak jelas dll, siapa tau nemu blog yang tulisannya bisa menghibur dan bikin ketawa. :)

    ReplyDelete
  2. @Masandi.. coba saja mas.. seru kok.. saya nemuin blog banyak yang lucu-lucu dan menarik

    ReplyDelete
  3. Pak saya nemuin penulis buku yang dodol alias kocak abis, seorang ibu rumah tangga asal Yogya. Ternyata nulis buku pake bahasa gaul it's ok.

    Saya lanjutkan ke-ngawurannya ah...

    ReplyDelete
  4. @Masandi.. betul kan ada manfaatnya.. menambah pengetahuan tentang luasnya dunia

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel