Target Ngeblog 2019 : Harus Lebih Berat !

Target Ngeblog 2019 : Leih Konsisten! Itu Saja!

Gagal total! Itu saja dua kata untuk menggambarkan pencapaian target ngeblog di tahun 2018 yang baru saya berlalu. Bisa dikata demikian karena secara persentase, target yang tercapai hanya 33,3333 % saja.

(Silakan bagi sendiri 100% dibagi 3 untuk mendapatkan angka persentase secara tepat)

Dari tiga target yang ditetapkan, yaitu :

  1. Lovely Bogor - 1000 artikel
  2. Pojok Menulis - 1000 artikel
  3. Umum Sekali - 1000 artikel
Hanya nomor 1 saja yang terpenuhi. Jumlah artikelnya sudah melewati angka 1.100 buah. Sedangkan untuk yang no 2 dan 3, terhenti pada angka 880-an dan 670 sekian.

Alasannya, yah banyak, sebanyak bintang di langit karena mencari alasan itu mudah. Jadi, kalau mau saya bisa mengajukan beribu alasan untuk kegagalan itu. Tetapi, hal itu tidak menutupi, bahwa target tahun 2018 tidak tercapai.

Gagal! Itu saja.

Bahkan, angkanya tidak melewati 50%nya.

Sedih?

Tidak juga.

Saya menyadari bahwa di tahun 2018 yang lalu ada satu hal yang membuat target itu gagal, yaitu "TIDAK FOKUS" mengejar target. Padahal, secara hitungan matematis, yang nomor 2 bisa terpenuhi dan bisa dikejar karena berisikan tulisan pendek-pendek saja.

Tetapi, saya memutuskan untuk tidak melakukannya.

Perhatian saya teralih untuk mengisi blog lain di luar yang ditargetkan, salah satunya Maniak Menulis yang tidak masuk dalam rancangan target 2018. Belum ditambah beberapa blog lain. Jadi, pada akhirnya saya tidak konsisten mengejar target yang telah ditetapkan.

Kegagalan mencapai target ini, sudah bisa diprediksi pada pertengahan tahun 2018 karena ketidakfokusan itu.

Jadi, tidak perlu disedihkan dan disesali, toh memang salah sendiri.

Nah, meski gagal dengan pencapaian target tahun 2018, untuk tahun 2019 ini, tetap harus ada target yang harus dibuat.

Hal itu untuk tetap memberikan dorongan lebih untuk ngeblog dan yang pasti membuat kegiatan ngeblog menjadi lebih "berwarna" dan ada tantangan. Yang seperti ini diperlukan, mengingat perjalanan ngeblog saya mulai masuk tahun ke 9 di tahun ini.

Jadi, rasa bosan mulai bertambah dan untuk menghindari stagnan dan hiatus, target perlu tetap dibuat.

Lalu, apa targetnya ?

  • menyelesaikan apa yang tidak selesai di tahun sebelumnya, yaitu membuat Pojok Menulis dan Umum Sekali terisi 1000 artikel tahun ini
  • menghidupkan beberapa blog yang hiatus terlalu lama, terutama yang berkaitan dengan lingkungan
  • membuat semakin banyak blog yang terisi 1000 artikel sambil terus menambah isi yang sudah terpenuhi targetnya, termasuk blog MM dan beberapa blog lainnya
  • berhenti membuat blog dan lebih fokus pada pengembangan yang sudah ada (sayang sudah ada puluhan url kalau tidak diisi)
  • membuat website untuk bisnis bekerja sama dengan kawan lama (non blog) dan sudah dimulai sejak tanggal 2 Januari yang lalu
Banyak banget yah?

Iya dong. Mau tidak mau karena setiap tahun tantangan harus ditambah, kalau memang tujuannya menjadi gantungan hidup saat pensiun nanti. Tidak bisa selalu sama karena berarti tidak maju-maju.


Bagaimana kalau tidak tercapai?

Lha, belum dimulai saja kok sudah pesimis? Tahun 2019 baru saja dimulai dan tidak sebaiknya dimulai dengan sikap pesimistis.

Tidak seru kalau begitu.

Jadi, itulah target ngeblog saya di tahun 2019.

Bagaimana dengan Anda?

3 Responses to "Target Ngeblog 2019 : Harus Lebih Berat !"

  1. Belum ada target, Pak. Tapi saya berencana menyelesaikan target 2018 yang belum tercapai.

    ReplyDelete
  2. Saya mengulas sedikit dan juga secara singkat mengenai tulisan ini di situs blog yang baru saya buat. Mohon maaf sebelumnya tidak izin. Saya terlalu tergesa-gesa karena termotivasi oleh tulisan Anda. Terima kasih jika memaafkan.

    ReplyDelete
  3. @NIsa : nah itu namanya target

    @Pakinto : Mangga silakan saja pak.. silakan dikomentari dan dibahas sebebas mungkin.:-D Tidak perlu minta maaf ahh.. tidak seru..

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel