Menggunakan Sketsa Sebagai Pengganti Foto Dalam Artikel

Menggunakan Sketsa Sebagai Pengganti Foto Dalam Artikel

Image itu bagian penting dalam sebuah tulisan. Salah satunya adalah untuk mengurangi kemungkinan pembaca merasa bosan saat membaca, bisa juga untuk membuat postingan blog lebih bervariasi, atau yang paling minim, supaya ramah sama Mbah Google yang mengatakan "image" membantu SEO.

Cuma, masalahnya di Maniak Menulis, peran image sebenarnya sangat terbatas, yaitu sebagai pelengkap saja. Mau tidak mau kalau di blog ini, pandangan bahwa image hanya sebagai pemanis memang berlaku. Berbeda dengan di blog Lovely Bogor dimana image memegang peran jauh lebih besar.

Nah, biasanya saya mengambil dari berbagai situs penyedia foto gratis, seperti Pixabay atau Pexels. Ada lebih dari itu sebenarnya , bahkan saya pernah menulis 25 Website Penyedia Foto Gratis untuk merangkum berbagai situs yang membagikan foto tanpa biaya sama sekali.

Sayangnya, rupanya ribuan blogger juga berpikiran sama. Maklum, sesama penggemar gratisan atau memang karena dana tidak mencukupi membeli yang premium.

Hasilnya, banyak sekali foto ilustrasi yang dipergunakan juga dipakai di banyak blog lain.

Tidak masalah sebenarnya, cuma rasanya kurang sreg saja.

Untungnya, lahir jalan keluar, yaitu ketika saya menemukan LunaPic. Sebuah website yang menyediakan tool (lagi-lagi gratis) untuk merubah foto menjadi sketsa.

Contohnya seperti ini.


Foto di atas termasuk foto legendaris. Sudah tidak terhitung banyaknya blog, termasuk blog MM memakai image gratis ini pada postingannya.

Iya kan.

Nah, dengan Lunapic, kita bisa mendapatkan image dalam bentuk sketsa digital yang akan memberi kesan berbeda, meski sebenarnya berdasar pada foto yang sama.

Lihat hasilnya.



Menggunakan Sketsa Sebagai Pengganti Foto Dalam Artikel

Not bad untuk image yang sekedar ilustrasi atau pelengkap dan berbeda dari yang biasa dipasang blogger lain kan?

Ada banyak menu "effect" yang bisa dipergunakan untuk menghasilkan variasi sketsa. Mirip seperti yang ada pada gadget android.

Memang sih, sebenarnya bisa dilakukan memakai photo editing software lainnya, cuma masalahnya akan makan waktu lumayan. Dengan menggunakan Lunapic, semua bisa dipersingkat dan yang perlu dilakukan hanya upload, kemudian coba-coba efek mana yang menurut kita bagus, dan kemudian simpan.

Jadi, saya memutuskan untuk blog Maniak Menulis, ke depannya akan jarang sekali menggunakan foto, kecuali terpaksa. Untuk pelengkap  dan pemanis postingan, blog MM akan memakai sketsa seperti ini.

Lunapic gratis kok (asal internet tidak lupa dibayar).

Buat yang mau mencoba, silakan kunjungi saja websitenya di SINI. Coba saja berbagai macam foto diupload dan kemudian dikreasikan menjadi sketsa. Menarik kok.

Dan, karena saya masih akan coba kembali menulis di kepadatan Commuter Line, ada aplikasi android yang sama untuk membuat sketsa seperti ini. Namanya Coolart dan ada beberapa lagi lainnya.

Ada yang mau ikutan menggunakan sketsa?

7 Responses to "Menggunakan Sketsa Sebagai Pengganti Foto Dalam Artikel"

  1. Wah, mantap juga idenya. Tapi saya belum mau repot. Pakai yang biasa dulu deh, hehe.

    ReplyDelete
  2. Keren juga foto penyerta artikel sesekali dibuat sketsa. Kesannya jadi tampil beda :)

    ReplyDelete
  3. diartikel sebelumnya saya perhatikan ada perubahan pd gambar, waktu itu saya menduga pak Anton akan ada program baru dan ternyata benar.

    saya ikutan Pak.... biar blog jadi lebih aneh..

    ReplyDelete
  4. @Nisa : iya memang nambah kerjaan dikit

    @Himawan : jangan atuh buat trip of mine.. ga seru kalau pake sketsa

    @Kang Nata : hayuk bergabung.. biar bertambah blog aneh di dunia ini.

    ReplyDelete
  5. biasa dicoba juga nich mas, jadi keren fotonya dan menambah daya tarik pembaca untuk betah di blog kita.

    ReplyDelete
  6. @maschun... mari bergabung mas, biar nambah orang anehnya

    ReplyDelete
  7. Buat pembeda ya bang, biar one and only....

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel