Hasil Strategi Minim Promosi dan Ternak Blog

Hasil Strategi Minim Promosi dan Ternak Blog

Katanya :

  1. Blog tanpa promosi akan seperti kuburan dan tidak akan ada pengunjungnya (tentunya kalau tidak ada pengunjung siapa yang mau mengklik iklan? Iya kan?)
  2. Lebih baik fokus pada satu blog saja daripada banyak blog 
Pernah dengar dong pernyataan-pernyataan seperti ini di dunia blogging?

Betulkah hal itu?

Panjang lebar dan akan penuh dengan perbedaan pendapat dalam hal ini. Memang, pada intinya suka-suka saja dan masing-masing orang punya cara. Iya kan?

Tetapi, berdasarkan pengalaman sendiri yang menerapkan strategi gabungan minim promosi dan ternak blog menghasilkan seperti di bawah ini.

Hasil Strategi Minim Promosi dan Ternak Blog


Cuplikannya mengatakan ada kenaikan penghasilan + 71% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Untuk mudahnya, karena tulisan ini dibuat tanggal 7 Januari pukul 12.31, jadi pendapatan itu berasal dari tanggal 1-7 Januari 2019 kemudian dibandingkan tanggal 1-7 Januari 2018.

Yap.

Kesimpulannya, strategi minim promosi dan beternak blog ternyata bisa membuat pendapatan Adsense meningkat.

O ya, saya sebut minim promosi bukan tanpa promosi. Hal itu terjadi karena saya masih melakukan blogwalking, debat di komunitas dunia maa, dan juga beberapa blog masih melakukan sharing otomatis ke akun Google Plus. Jadi, masih bisa dianggap melakukan "promosi" (meski sangat minim sekali).

Pencapaian kecil sih, masih belum cukup buat bayar cicilan Fortuner dan penghasilan Adsense baru bisa bantu bayar hosting blog Wordpress, bayar sewa domain, jajan untuk bahan tulisan kuliner, dan bantu bayar cicilan Nissan March tahun 2015.

Belum WAH kalau secara nilai.

Tetapi, angka peningkatan 71% itu mewakili perkembangan jaringan Lovely Bogor Network dimana jumlah pengunjung dan penghasilan terus meningkat dengan menerapkan strategi "menulis", "menulis", dan "menulis" saja.

Apa yang terlihat disini hanya mewakili statistik yang sama yang saya lihat bulan-bulan sebelumnya dibandingkan 1 tahun sebelumnya.

Peningkatan itu ada.

Blog ternyata terus berkembang meski tanpa promosi, dan bahkan tidak peduli SEO. Selama blog terus diupdate rupanya ia akan terus tumbuh dalam banyak hal, termasuk pendapatan.

Menyenangkan? Jelas lah.

Bagian yang paling menyenangkan dari semua ini bukan menerima uangnya (tetap senang pastinya) adalah kepuasan untuk mematahkan paradigma kaum blogger tutorial dan internet marketer dalam hal blog tanpa promosi.

Blog minim promosi pun tidak akan menjadi kuburan selama diupdate. Bohong kalau ada blogger yang mengatakan demikian.

Hasil di atas adalah sedikit bukti saja bahwa apa yang disarankan banyak blogger tutorial tentang ngeblog jauh dari kebenaran.

Masalah ternak blog?

Yah kenyataannya, memiliki banyak blog itu membantu menambah penghasilan. Saya tidak lagi bergantung pada pendapatan satu blog saja, yaitu Lovely Bogor. Sekarang semua blog sudah mengirimkan recehan.

Ada yang rutin, ada yang sesekali. Ada yang besar, ada yang kecil.

Semua itu berkontribusi pada total pendapatan dari iklan.

Saya terhindar dari drastisnya naik turun pendapatan yang akan dialami kalau hanya bergantung pada satu blog saja. Jika saya masih tergantung pada satu saja, bulan Januari ini rasanya akan berat karena pasti sedang menukik pendapatan, kenyataannya justru pendapatan tetap tumbuh.

So, apapun kata para master atau yang mengaku dirinya master dalam hal ini, saya pikir strategi ini berjalan dengan baik. Di masa depan, rencana ngeblog akan terus dijalankan dengan pola yang dikembangkan berdasarkan dua hal ini.

Bagaimana dengan Anda?

3 Responses to "Hasil Strategi Minim Promosi dan Ternak Blog"

  1. duh senangnya lihat blog ini aktif....cihuyyyy..... cuitttt..cuittttttt!! :)

    ReplyDelete
  2. yang jelas mah, saya juga mengikuti jejak pikiran pak Anton. ;)

    ReplyDelete
  3. @Kang Nata : Serasa jadi cewek cantik di-cuittt-cuittin sama akang..hahahaha

    @Adin : hati-hati.. ntar kalau kejebur, ikutan loh..:-P

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel