TripofMine : Blognya Blogger Bertopi Penjelajah Kawasan "JAWA"

TripofMine : Blognya Blogger Bertopi Penjelajah Kawasan "JAWA"
Tripofmine namanya. Nama blognya merupakan gabungan tiga kata dalam bahasa Inggris, Trip Of Mine, yang kalau diterjemahkan menjadi "Perjalanan Saya", atau "Perjalananku". Tetapi, saya lebih suka kalau diartikan sebagai "Penjelajahanku". Lebih enak terdengarnya dan tidak umum. Catchy.

Meskipun namanya mengadopsi kata-kata dari negeri orang bule, percayalah, ini blog buatan orang Indonesia tulen. Berkulit sawo matang. Coba saja lihat foto yang punya blog di atas. Tidak ada yang namanya mata biru dan rambut pirang. 

Nama cowok "ganteng" (tidak cantik) dalam foto itu adalah Himawan Santoso. Si blogger bertopi penjelajah JAWA dan pengelola Trip Of MIne.

Bagi saya sendiri blog yang satu ini menarik untuk dikunjungi. Cukup rutin juga saya mondar-mandir kesana.

Kenapa "Trip Of Mine" Menarik? 


Yang pertama : punya ciri khas! Pinter bloggernya. Dia bisa membuat blognya sudah memiliki satu ciri khas unik dan berbeda dengan blog lainnya. Bentuknya adalah TOPI.

Iyah, coba saja perhatikan berbagai foto di dalam posting-postingnya. Mayoritas akan ada tokoh utamanya, si blogger, dan ia tidak pernah lepas dari "topi".

Cool! Pinter.

Bloggernya sudah memberikan satu ciri pembeda dari banyak travel blog lainnya dari penampilan dirinya sendiri. Suatu saat yang satu ini akan bisa dikembangkan lebih jauh lagi dari sisi marketing.

Yang Kedua : berdasarkan pengalamannya sendiri. Judulnya dan isinya sinkron. Sesuatu yang menyegarkan karena belakangan ini banyak blogger yang mengaku dirinya travel blogger tetapi mereka sebenarnya tidak mengalaminya sendiri.

Banyak travel blogger sekarang hanya menjelajah internet dan mengutip dari website lain tanpa pernah merasakan sendiri tempat yang diceritakan.

Jadi, apa yang ditulis disana dirasakannya sendiri. Hal itu membuatnya benar-benar menjadi travel blogger dan bukan sekedar penjelajah internet (seperti saya).

Maklum saja, kaum travel blogger Indonesia belakangan ini sepertinya sedang bosan dan malas jalan, jadi kehadiran satu "real" travel blogger merupakan tambahan angin segar.

Yang Ketiga Penjelajah JAWA (bukan dalam arti sebenarnya).Bingung?

Begini.  Bogor menurut peta manapun termasuk wilayah di Pulau Jawa, tetapi kota ini bukan JAWA, tetapi SUNDA. Jawa Barat juga bukan wilayah "Jawa" karena penghuninya mayoritas tidak mau diklaim sebagai orang Jawa.

Nah, coba saja baca berbagai tulisan yang berada di dalam Trip Of Mine. Pastilah bisa menemukan satu ciri khas lagi yang unik, yaitu "dugaannya" mayoritas (karena saya belum baca dari awal semua posting) akan membahas sesuatu yang berada di kawasan Jawa Tengah dan Timur, alias wilayah orang "Jawa".

Tidak percaya, coba saja baca sendiri tulisan-tulisannya.

Yang Keempat : Pecinta Sejarah dan Seni Budaya  juga rupanya

Kok bisa mengambil kesimpulan begitu? Lagi-lagi silakan kunjungi blognya dulu. Silakan saja klik di SINI untuk membuktikannya.

Meski ada banyak pembahasan tentang berbagai tempat wisata (namanya juga travel blogger), tetapi ada satu ciri pembeda lain yang, menurut saya, menunjukkan minat/passion sang blogger.

Blognya banyak berisi tulisan tentang kunjungan ke berbagai tempat bersejarah, seperti candi, museum, bebatuan purba, kampung mural, dan masih banyak lagi lainnya. Hal-hal ini seperti mencerminkan pandangan bloggernya yang menyukai hal-hal berbau sejarah dan seni budaya.

Agak berbeda dari aliran banyak travel blogger yang menekankan sekedar pada sisi traveling ke daerah-daerah keren dan terkenal. Lagi-lagi, cerdiknya sang blogger bertopi dalam memilih bahan.

Dan, hal-hal inilah yang membuat blog si penjelajah bertopi ini menarik.

Gaya penulisannya sendiri is acceptable. Khas travel blogger yang juga memasukkan unsur personal agak banyak ke dalam penulisannya. Pembaca akan seperti mendengarkan cerita sambil diajak bermain ke tempat yang dijadikan bahasan.

Seperti membaca sebuah buku dengan "jagoan" (tokoh utamanya) berkelana dari satu daerah ke daerah lain di wilayah Jawa.

Apalagi, saya memiliki 1/2 darah Jawa mengalir di dalam tubuh saya (dari bapak). Penggemar sejarah dan seni budaya juga. Jadi, tidak heran blog ini menjadi sebuah tempat menarik untuk melihat berbagai hal terkait budaya Jawa yang belum pernah saya lihat.

Satu-satunya hal yang mungkin ingin saya sarankan buat sang blogger penjelajah bertopi (mudah-mudahan bisa diterima) adalah beli kamera baru dan belajar fotografi lebih jauh lagi (eehh dua saran yah).

Bukan cuma karena saya penggemar fotografi saja. Ada hal lain. Travel blog justru mengandalkan pada foto sebagai pelengkap teks. Dan, dalam hal ini, kamera serta sudut pengambilan foto berperan lebih besar dari biasanya. Sejauh ini blog itu sudah punya banyak foto yang bagus, tetapi kalau dibandingkan dengan travel-travel blog lain, sisi yang satu ini belum tergarap dengan baik.

Itu saja.

Lainnya, tidak ada.

Trip of Mine sudah sangat menarik bahkan kalau saran saya tadi tidak diikuti sekalipun tidak merubah pandangan bahwa blog ini menarik.

Coba saja berkunjung sendiri kesana kalau tidak percaya.

25 Responses to "TripofMine : Blognya Blogger Bertopi Penjelajah Kawasan "JAWA""

  1. Lainya saya tambahakan Kang, blogger ini sangat ramah dan sopannya minta ampun, coba aja ngobrol ama beliau via whatsaap, pasti diladeni dengan sangat ramah dan penuh persahabatan.

    Kang juga punya karakter sendiri yakni kritis tetapi dikemas dengan santun... itu hebat kang

    ReplyDelete
  2. @karakabu... pasti tidak akan heran dia begitu...:-D

    ReplyDelete
  3. Bener juga sih, tiap inget tripofmine pasti inget pria bertopi ehee

    ReplyDelete
  4. Kalau buka blognya komentarnya pasti ratusan :D keren kok blognya tripofmine.. sama yang mengulasnya juga keren jugalah pastinya :D

    ReplyDelete
  5. @indra bagus : betul kan ga salah.. bertopi

    @eksapedia : memang keren tripofmine.. kalau yang ngulas, cuma kecil-kecilan saja.. jauh dari keren

    ReplyDelete
  6. 3 hari setelah artikel ini diposting aku baru ngeh kalau blog dan sosokku diulas oleh mas Anton blogger kawakan.
    Kuketahui sewaktu aku coba searching nama blogku di kolom pencarian, kulihat ada review dari Maniak Menulis.
    Kaget ?, iya pastinya hehehe ...

    Tentunya jadi suatu kehormatan buatku blogger yunior ini direview oleh senior.
    Terimakasih banyak untuk itu ya, mas Anton.
    Juga terimakasih buat masukannya, aku akan belajar untuk membuat dokumen foto artikel lebih baik lagi.

    Jujur ngga nyangka saja, beberapakali blogku direview oleh para blogger.
    Salah satunya oleh mas Martin Karakabu.

    Kalian teman-teman blogger memang keren semuanya 👍

    ReplyDelete
  7. uhuyyy.. dapet promo backlink gratis.. selamat trip of mine. lanjutkan penjelajahanmu mas himawan. :)

    ReplyDelete
  8. @Himawan ... hahahaha.. kan sudah saya bilang, kalau blognya menarik, saya mah ga segan mengulas dan membahasnya, sekalian memberi backlink. Cuma masalah waktu saja kok

    @masandi : teruskan penjelajahanmu juga dong mas..

    ReplyDelete
  9. Wagelase, Trip Of Mine menjadi rujukan saya melihat JAWA. Sering banget berkunjung ke blognya meski kadang jarang meninggalkan jejak. TOP

    ReplyDelete
  10. Menariknya adalah, postingan mas Himawan selalu banjir komentar...

    ReplyDelete
  11. keren mas, penjelalah nusantara indonesia tepatnya, selalu up-date info tentang wisata indonesia, sukses selalu mas

    ReplyDelete
  12. trip of mine memang blog hebat
    adminnya suka menulis
    tulisannya bagus menghibur
    sangat panjang rangkaian katanya

    ReplyDelete
  13. @semua yang komentar.. terima kasih atas kedatangannya dan komentarnya. Rasanya tidak perlu dibalas yah.. hahahahaha...

    ReplyDelete
  14. Selain isi artikel yang panjang membahas sebuah lokasi wisata yang unik dengan detail mulai dari tips dan budget serta adminnya tidak memilih-milih lokasi yang penting dieksplor, Adminnya juga supel dan humoris, jadi saya ga bingung kalo blognya banyak komentatornya

    ReplyDelete
  15. Suka sama blognya mas Himawan ini. Brandingnya kuat, traveling. Ulasannya jelas dan lengkap. Nggak bakal tersesat deh kalau main ke tempat yang direview.

    ReplyDelete
  16. INI BLOG HEBAT.

    Yang punya juga hebat.

    Ramahnya... luar biasa!

    Dia ini sosok inspirasi buat saya :D.

    ReplyDelete
  17. haiii kak, wah sekarang udah ada nama kontennya ya. Sukses terus ya

    ReplyDelete
  18. Ciyeeee, mas Himawan blognya nangkrink disini... kereeeen, diulas abis..

    ReplyDelete
  19. Bukan topinya yang keren. Orangnya yang make topi di atas itu yang keren 👍

    ReplyDelete
  20. Massss Himm mampir yaaaa. hehe lucu nih pakai bawa TOPI..Semoga makin gress aja ya mas. Semangat terus ya mas Him :)

    ReplyDelete
  21. jadi pengin ngobrol via whatsap sama owne blognya. jadi penasaran

    ReplyDelete
  22. mas, jemputlah datang ke kuala lumpur. saya sudi jadi supir FOC ;-)

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel