Solusi Error Tombol Balas Komentar Blogspot Ala Blogger Pemalas

Solusi Error Tombol Balas Komentar Blogspot Ala Blogger Pemalas

Solusi Error Tombol Balas Komentar Blogspot Ala Blogger Pemalas

Memang hebat si Google. Sedikit saja terjadi masalah dalam apapun yang disediakan olehnya bisa membuat was-was cemas hadir dalam hati banyak orang. Bukan cuma algoritmanya saja ternyata, tetapi sekedar tombol balas komentar saja bisa membuat banyak orang bertanya-tanya dan sibuk mencari jawaban.

Kali ini, yang bikin rusuh tombol balas komentar di Blogspot yang notabene adalah anak dari si raksasa mesin pencari itu. Di beberapa forum dalam dan luar negeri, hal ini rupanya menjadi perhatian.

Tidak sedikit yang kemudian memberikan pencerahan untuk memecahkan masalah itu. Dan, saya pun tertarik untuk juga menyodorkan satu jawaban yang mungkin bisa dipakai.

Hanya saja, karena saya memang seorang blogger pemalas, jadi, caranya juga rasanya akan berbeda dari kebanyakan yang diajukan para blogger (yang rajin-rajin).

Jadi, tenang saja, saya tidak akan mengajukan solusi berupa "kode-kode" html, atau javascript. Mata saya sudah terlalu berat untuk menelusuri baris demi baris kode.

Pemecahannya menurut saya, si blogger pemalas sederhana saja, yaitu :

1) Biarkan saja seperti itu

Memang tidak nyaman, tetapi toh komentar yang masuk masih bisa dibalas dengan menggunakan simbol "@" dan sebutkan nama pemberi komentar. Biasanya sih blogger itu lumayan rajin mencari nama sendiri saat berkomentar dan kalau memang berminat mengetahui apa jawaban dari yang punya blog, mereka akan mencari namanya disebut.

Juga, banyak blogger yang berkunjung sebenarnya juga bukan untuk berinteraksi tetapi hanya sekedar meninggalkan jejak, dan ehem.. biasanya berharap ada kunjungan balik. Jawaban dari yang punya blog kerap menjadi tidak penting

2) Tutup saja kolom komentarnya

Sudah pemalas, asosial lagi. Silakan sematkan saja kepada saya, tetapi percayalah ketika kolom komentar ditutup, masalah error teratasi dengan baik.

Memang, pengunjung tidak bisa lagi meninggalkan komentar, tetapi dengan begitu hemat waktu yang biasanya dipergunakan untuk membalas komentar. Waktu itu bisa dipergunakan untuk hal-hal lain, seperti menulis atau bahkan bercengkerama dengan keluarga.

Yah, beberapa blog saya yang lain yang sudah ditutup kolom komentarnya memberikan waktu luang lebih banyak bagi Maniak Menulis. Bayangkan saja kalau saya harus membalas setiap komentar yang masuk. Bisa jadi malah si blog MM ini akan terbengkalai.

Kalau diperhatikan juga, banyak blogger yang sudah ternama tidak membalas komentar walau kolom komentarnya terbuka.

Nah, itu solusi lain dari masalah error tombol balas komentar yang sepertinya masih berlangsung lama dari blogger pemalas.

Untuk yang rajin, dan memang kebanyakan blogger itu rajin-rajin, bisa lihat tulisan kawan saya di SINI . Siapa tahu bisa memecahkan masalah Anda? Tapi buat yang malasnya kayak saya, ya tinggal ikuti saja yang disarankan di atas.

Caranya?

Ah, maaf saya terlalu malas untuk menjelaskan. Silakan cari sendiri yah!


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

2 comments

Hahahahah...solusinya simple buanget Pak, mudah2an banyak yang contoh. :)

Balas

Yang simple kenapa dibuat repot..:-D

Balas