Google Plus Tutup : Sudahkah Punya Strategi Promosi Blog Alternatif?

Google Plus Tutup : Sudahkah Punya Strategi Promosi Blog Alternatif?

Google Plus Tutup : Sudahkah Punya Strategi Promosi Blog Alternatif?

Google Plus tutup!  Bukan sebuah berita baru karena kabarnya sudah terdengar sejak beberapa bulan lalu. Alasannya? Entahlah, tetapi rupanya fitur Mbah Google yang satu ini dianggap tidak sukses dan kurang mampu bersaing dengan media sosial lainnya, seperti Facebook atau Twitter.

Hanya saja, setelah beberapa bulan berlalu, aktivitas di media sosial Google ini masih berlangsung. Tidak terlihat tanda-tanda akan segera berhenti beroperasi. Fitir-fiturnya masih aktif dan terlihat masih dipergunakan oleh para blogger untuk mencoba meraup pembaca dengan cara membagikan link aktif di berbagai komunitas yang ada.

Nah, beberapa hari yang lalu, rupanya di salah satu lamannya, Mbah Google sudah memberikan informasi tentang kapan resminya penutupan Google Plus akan dilakukan.

Screenshoot dari laman itu bisa dilihat di bawah ini.

Google Plus Tutup : Sudahkah Punya Strategi Promosi Blog Alternatif?
Dalam bahasa Inggris memang dan seperti biasa ditulis dengan bahasa resmi dan agak teknis yang bikin bingung. Tetapi, intinya hanya satu bahwa Google Plus akan berhenti beroperasi mulai tanggal 7 Maret 2019.

Hal ini akan berlaku untuk semua aplikasi yang menggunakan fitur ini, termasuk di smartphone android. Aplikasi Google Plus akan berhenti beroperasi.

Penghentian operasinya akan dilakukan secara bertahap hingga tanggal 7 Maret 2019 nanti secara kesuluruhan tidak ada lagi yang namanya Google +.

Banyak pertanyaan timbul di dunia maya tentang efeknya. Meski kurang ngehits seperti Facebook, medsos ini lumayan banyak penggunanya, termasuk kaum blogger yang gemar memakainya sebagai sarana tebar link untuk menjala pembaca. Jangan tanyakan juga berbagai jenis aplikasi android yang menggunakannya.

Efeknya pasti lumayan juga.

Bagi para blogger sendiri, tentunya akan ada efek lumayan besar juga bagi kehidupan mereka. Apalagi sudah rahasia umum bahwa Google Plus adalah pasar lumayan untuk memasarkan dan mempromosikan blog mereka. Tebar link sana sini merupakan hal umum di medsos ini.

Pastinya, dengan tidak aktifnya G Plus, akan ada efek "negatif" terutama bagi blogger yang mengandalkannya untuk mencari pengunjung. Ruang promosinya ditutup, pasarnya berhenti ada.

Pertanyaannya adalah "Apa yang akan dilakukan para blogger menyikapi hal ini?". Tentu, tidak ada yang berharap kalau trafik blog mereka menurun karena tidak bisa tebar pesona.. eh link lagi. Pasti semuanya ingin stabil dan menaik terus. Tutupnya sang Google Plus jelas akan mengurangi pasar pembaca yang bisa digali.

Lalu, apa yang akan dilakukan? Strategi promosi baru apa yang akan dijalankan oleh kaum blogger?

Apakah Anda sudah menyiapkan rencana cadangan untuk memastikan pengunjung tidak turun? Atau belum?

Bisa sharing?

Jangan heran kalau saya bertanya. Maklum saja, blog dalam Lovely Bogor Network yang saya kelola, minim, bahkan hampir tidak sama sekali menggunakan media sosial untuk mendapatkan pembaca. Bahkan, tidak ada promosi secara online dilakukan. Pemiliknya terlalu malas untuk melakukan semua itu.

Tidak percaya? Coba saja lihat link media sosial yang biasa ada di blog yang biasa ditempatkan untuk menghubungkan blog ini dengan akun media sosial sang pemilik. Bukan tombol share yah!. Blog MM tidak punya itu. Blog yang lainpun kadang tidak disambungkan.

Kosong saja. Dibiarkan apa adanya tanpa terkoneksi dengan akun media sosial manapun.

Jadi, sulit untuk membayangkan akan ada efek negatif terlalu besar terkait penutupan Google Plus ini.

Jadi, apa strategi Anda untuk menghadapi penutupan ini?

Kalau memang Anda seorang internet marketer dan mau tidak mau harus mempromosikan tulisannya, tentu sebaiknya jangan diam saja. Harus ada rencana menyikapi perubahan ini.

Kecuali, Anda mau seperti saya, si blogger pemalas yang sukanya hanya menulis saja.


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

12 comments

Bagaimana dengan akun G plus untuk ngeblog. Apakah akan kembali menjadi akun blogger?

Sebenarnya saya kurang ngerti. Tapi lihat nanti sajalah, bagaimana efeknya.

Balas

@Nisa... kayaknya sih bakalan pakai akun blogger/google saja..

Balas

Angka 9 , dapat dari mana yach Pak, ? dari screnshoot yach...? kok saya ngak ketemu ? maklum saya tdk pandai mengartikan kalimat yang berBahasa Inggris. :)

Balas

@Kang Nata.. tanggal 7 maret kang..maaf salah ketik

Balas

Ngak pa-pa, bisa dimengerti... :)

Balas

Angka 9,nya tinggal satu lagi, apakah sudah benar Pak ? Ntar Google Marah loh.... :)

Balas

hehehe....diem2 melakukan perbaikan nich yeee.... :) @ Operasi Senyap# :)

Balas

@kang nata.. ga mungkin berisik.. lha ga da suaranya.. hahaha mau jawab komentar keburu tetangga dateng ngajak ngobrol.. hahahaha

Balas

Hahahah.... Tetangganya curhat masalah blog yach pak,,, :)

Balas

Wah wah Lovely bogor tanpa promosi saja di alexa untuk rank globalnya sudah 483,319. Saya jadi penasaran bagaimana sistem mendapatkan rank sebesar itu kalau tanpa promosi.

Btw mas anton, mungkin ini saat yang tepat buat para programer yang mau ambil alih buat forum blogwalking. Ayooo ayooo

Balas

@Tri Bintang : makasih sudah dicekin Alexanya...

Hahahaha tidak ada resep apa-apa mas, saya hanya menjalankan peran sebagai blogger saja, yaitu menulis dan menulis. Mungkin karena sudah 4 tahun jadi sedikit dapat prioritas dari Google soal urusan trafik.

Upss.. ga bakat saya. Bakatnya jadi tukang rusuh saja..Biarlah nanti para mastah saja yang membuat, saya manut ae

Balas

masih banyak jalan menuju Roma Pak.. . mungkin bakal ada penggantinya..

Balas