Cara Mendapatkan Alexa Ranking Yang Bagus Tanpa Promosi

Cara Mendapatkan Alexa Ranking Yang Bagus Tanpa Promosi

Cara Mendapatkan Alexa Ranking Yang Bagus Tanpa Promosi

Alexa ranking tidak penting lagi buat saya. Mungkin dulu, saat baru memulai blog, selama beberapa bulan masalah pemeringkatan versi anak perusahaannya Amazon ini penting, tetapi tidak lagi sekarang, empat tahun kemudian.

Tetapi, saya menyadari kalau bagi banyak orang/blogger, peringkat Alexa itu masih "berharga" dan dipandang. Baik itu blogger atau perusahaan yang mau menempatkan content placement, seringkali job ditentukan oleh peringkat Alexa.

Tidak heran juga kalau masih ada blogger atau webmaster yang masih "mengejar-ngejar" dan melakukan berbagai daya upaya untuk mendapatkan peringkat yang bagus.

Nah, diantara semua blog dalam jaringan Lovely Bogor, yang peringkat Alexanya paling pagus, ya Lovely Bogor itu sendiri. Silakan lihat screenshoot dari seorang kawan Tri Bintang utama admin Bintama.com yang sudah berbaik hati mengecek berapa peringkat Alexa blog kecil itu. Jawabnya adalah sekitar 480 ribuan secara global.

Terima kasih ya mas. Maklum saya terlalu pemalas bahkan untuk mengecek peringkat Alexa blog milik sendiri. Terkadang 5-6 bulan sekali saja saya iseng melihat untuk sekedar mengetahui perkembangannya. Itupun kalau inget. Kalau tidak ya sudah, lewat begitu saja.

Lumayankah peringkat Alexa 480 ribuan? Jika ukurannya ini, yah saya jawab saja lumayan banget. Peringkat ini bahkan melebihi pencapaian banyak blog yang dikelola para mastah blogging Indonesia. Jauh di atas blog-blog yang katanya pakar SEO dan sebagainya.

Jadi, sangat lumayan banget.

Padahal, peringkat ini didapat tanpa melakukan promosi. Hampir sama sekali tidak ada promosi kecuali kalau saya blogwalking sekadarnya dianggap sebagai promosi. Tidak ada lagi yang namanya share link ke medsos. Tidak juga membuka mulut sampai berbusa di forum-forum dan komunitas.

Tidak lagi memakai teknik SEO meski plugin Yoast terpasang.

Jadi, bagaimana bisa peringkat Alexanya menjadi lumayan seperti itu tanpa promosi? Terdengar mustahil yah karena bertentangan dengan arus umum atau ajaran yang selama ini diindoktrinasikan kepada semua blogger, yaitu promosi dimana-mana dan teknik SEO.

Yah, terserah sih, tetapi pada dasarnya, blog Lovely Bogor memang dikelola hanya dengan berdasarkan beberapa pemikiran seperti di bawah ini saja :

  1. Abaikan apa kata orang lain, baik pakar atau yang sekedar mengaku pakar. Jalankan apa yang menurutmu baik dan nyaman untuk dilakukan. EGP sama apa kata orang
  2. Tidak usah banyak berteori, lebih baik lakukan saja
  3. Tidak perlu ingin terlihat hebat, jadilah diri sendiri saja (jangan heran kalau di blog itu jarang ditemukan foto pengelola blognya, karena saya tidak suka melakukan branding)
  4. Tulis apa yang menurutmu menarik dan buang saja segala alat riset keyword yang disarankan
  5. Tulis dengan gaya yang membuat hatimu nyaman
  6. Menulis, menulis, menulis, dan menulis
Semua blog yang berada di dalam Lovely Bogor Network dikelola dengan cara yang sama, tanpa promosi (kecuali kalau share otomatis ke Google Plus untuk Blogspot dianggap sebagai promosi). Jadi, bukan hanya Lovely Bogor saja.

Memang, tidak mudah dan cepat. Lovely Bogor bisa mencapai semua itu setelah hampir 4 tahun usianya (8 Januari 2019 adalah ulang tahunnya yang ke-4). Ada banyak masa dimana rasa sebal itu hadir, seperti ketika pengunjung down atau perkembangannya terlihat stagnan. Godaan untuk mengikuti cara para internet marketer, yaitu berpromosi dan sebar link kerap muncul.

Tetapi, saya berusaha konsisten dengan strategi yang sudah ditetapkan, yaitu tanpa promosi (karena saya tidak punya banyak waktu untuk itu). Dan, ternyata setelah berjalan beberapa lama, hal itu berkembang baik dan memberikan hasil yanglumayan.

Not bad lah.

Ketika diterapkan ke blog lainpun, ternyata hasilnya menunjukkan hal yang sama. Memang banyak blog yang belum seperti si blog utama itu. Tetapi, perkembangannya lumayan dan memang ternyata tanpa promosi sekalipun sebuah blog bisa berkembang asalkan rajin diupdate.

Blog Maniak Menulis dan juga Umum Sekali adalah dua contoh lainnya. Masih jauh berbeda dalam hal peringkat dari blog LB, tetapi kalau dilihat trafik dan peringkat Alexanya, terlihat bahwa perkembangan itu ada dan hadir. Tanpa promosi.

Jadi, itulah cara saya mengelola blog.

Hampir pasti tidak akan cocok dengan kebanyakan blogger masa kini, yang banyak terkontaminasi pemikiran ala mereka yang mengaku internet marketer yang menekankan promosi. Jadi, saya tidak yakin Anda akan percaya kalau saya hanya melakukan menulis dan menulis saja untuk mencapai semua itu.

Tetapi, seperti saya selalu bilang, mau percaya atau tidak, itu adalah masalah Anda, bukan saya. Percaya syukur, tidak ya sudah.

Cuma, saya hanya bisa bilang tiga hal kalau mau maju dan berkembang

  • Banyak jalan menuju Roma
  • Berpikirlah di luar kotak (Think out of the box)
  • Beranilah menentang yang sudah umum, jangan cuma membebek saja

Karena itulah inti dari bagaimana Lovely Bogor bisa mendapatkan peringkat Alexa seperti itu.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

8 comments

masnya global 5,536,297
indonya 76 ribu keren juga

aku malah blom punya rank
xixixixiixi

Balas

@Pramudya .. Makasih sudah dicekin.. mudah-mudahan tahun depan bisa lebih baik lagi dari yang sekarang..hehehehehe

Semangat mas..Jangan sampai putus di tengah jalan..

Balas

Yang salut lagi di Indonesianya itu loh mas udah di angka 9000 an, dan saya juga sangat setuju dengan point ketiga tersebut. Beranilah menentang yang sudah umum jangan cuma membebek saja. Serius mas saya merinding bacanya(karena saya bacanya pakai suara)

Betul-betul jadi panutan sekali ini. Saya pribadi yang selalu berkutat dengan riset keywoard dan lain sebagiannya merasa minder dengan lovelybogor.

Semoga terus berkembang ya mas

Balas

@tri bintang .. waduh jangan merinding dong, saya dan blog ini tidak seseram itu .. wkwkwkw

Makasih mas doanya, dan semoga Bintama juga berkembang dan terus maju ya mas

Balas

Saya masih menerapkan cara lama, promosi di media sosial macam Facebook, dan kebanyakan pengunjung dari sana. Yah, bisa saja teman saya yang iseng main karena kerap dapat kunjungan banyak tanpa jejak komentar.
Relasi itu bagi saya penting karena usia blog baru 2 bulan, blog lama trafiknya mungkin bagus namun gara-gara masalah teknis harus ditinggalkan.
Saya salut pada cara Pak anton dalam mengella blog. Menurut saya ukuran keberhasilannya juga ditentukan oleh isi yang aktual dan dibutuhkan masyarakat karena informatif. Plus cara penyampaian yang baik.

Balas

@Rohyati... sayang sekali ya mbak blog yang sudah lama harus ditinggalkan. Jangan salut mbak, semua orang punya jalan sendiri. Justru, sebenarnya jalan yang saya pakai itu kurang efektif karena akan makan waktu lama. Memang cocok buat saya, tetapi rasanya lum tentu cocok bagi orang lain

Balas

Wow, begitu ya. Saya baru mulai membuat blog. Apa Alexa tu penting utk blog saya?

Balas

@pakinto... kalau menurut saya sih... ngakk usah mikirin. Apalagi kalau baru muai ngeblog.

Jalani dan terus kembangkan saja blognya, nanti juga akan menaik sendiri.

Soal penting atau tidak, susah dipastikan. Semua harus dilihat berdasarkan kebutuhan masing-masing

Balas