Bulan Nopember dan Desember Bulan Panen Bagi Publisher Adsense

Bulan Nopember dan Desember Bulan Panen Bagi Publisher Adsense

Bulan Nopember dan Desember Bulan Panen Bagi Publisher Adsense
Setujukah Anda dengan pandangan ini? Bahwa, bulan Nopember dan Desember adalah bulan panen bagi para publisher Adsense?

Bukan saya pribadi yang mengatakan, tetapi sang pemilik Adsense, si Mbah Google sendiri yang mengatakan hal seperti itu. Hal itu ada dalam sebuah email yang masuk ke dalam inox awal Nopember yang lalu.

Dalam email itu disebutkan bahwa tahun 2017 yang lalu, akun Adsense milik saya meningkat dalam banyak hal dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Pageview (lama tayang) naik, penghasilan juga meningkat, dan pokoknya semua unsur dalam akun Adsense meningkat selama dua bulan terakhir setiap tahunnya.

Percayakah Anda?

Saua percaya.

Bukan apa=apa, tetapi sejak menjadi publisher Adsense, dua bulan ini, selain menjelang lebaran/Idul Fitri, memang dua bulan dimana penghasilan dari periklanan Google ini menunjukkan grafik menaik.

Tahun ini pun memang terulang. Sejauh ini penghasilan mengalami kenaikan antara 30-40% dibandingkan bulan-bulan lainnya. Bahkan dibandingkan dengan menjelan Idul Fitri, persentasenya lebih besar.

Jadi, yah secara pribadi, memang betul terjadi.

Bukan berarti tidak bisa diperdebatkan. Banyak publisher Adsense merasakan hal yang berbeda, yaitu berkutat dengan penghasilan yang bahkan untuk mendekati batas minimum pembayaran saja belum bisa. Tetapi, hal itu tidak berarti data yang tersedia salah.

Wajar saja sebenarnya kalau peningkatan itu terjadi di dua bulan ini. Efek mendekati musim liburan katanya.

Memang tidak begitu salah, tetapi tidak 100% mengungkapkan data sebenarnya. Menurut saya, hal itu karena menjelang akhir tahun.

Seperti biasa, menjelang penghujung tahun, sudah tidak aneh kalau banyak perusahaan akan berusaha melakukan berbagai cara agar terjadi penjualan sebanyak-banyaknya. Tujuannya agar budget yang telah ditetapkan tercapai.

Pada akhirnya, kalau penjualan tercapai, maka laporan keuangan dan pembukuan perusahaan akan terlihat bagus pula.

Kalau performa bagus, harga sahamnya naik karena kinerja di mata pemegang saham bagus. Direktur dan jajaran manajemen akan mendapatkan bonus besar.

Setiap tahunnya begitu.

Dan, untuk meraih penjualan besar mau tidak mau, promosi dan pengiklanan harus dimaksimalkan. Promosi yang selama ini dilakukan dengan hati-hati akan dilonggarkan. Dana disediakan lebih banyak dari bulan-bulan sebelumnya.

Kalau di luar negeri, hal itu ditunjang dengan beberapa momen khusus yang pas, yaitu Black Friday alias "tradisi" untuk diskon besar-besaran di AS. Dan, di akhir tahun ada Natal. Ditambah dengan liburan anak sekolah, yaitu dimana orang menjadi lebih konsumtif dibandingkan produktif.

Jadi, pas.

Itulah yang menyebabkan pembelanjaan iklan memang akan selalu naik di dua bulan terakhir ini. Gelontoran dana promosi akan lebih besar dan dilakukan dengan banyak alasan.

Jadi, memang, saya setuju dan ditunjang dengan data dan fakta bahwa bulan Nopember dan Desember adalah masa panen bagi Publisher Adsense. Di dua bulan itu akan ada banyak sekali dana promosi yang bisa terserap.

Tidak berlaku umum tetapinya, tetap akan ada yang tidak merasakan bagiannya. Yang tidak punya sawah, ya tidak akan bisa ikut panen.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

3 comments

Mudah2an saya dapat percikannya Pak, minimal dapat hibah template Mas Sugeng...hahaha... keceplosan...upssss...! :)

Balas

Wah adsense memang luar biasa ya... menggiurkan ;D

Balas

@Kang Nata : hahahahaha... Alhamdulilah saja kang.. percikannya, ntar deh.. nanti ada kejutan saja

@Andrie : biasa saja sih sebenarnya, hanya kalau ditekuni ya lumayan juga

Balas