Bolehkah Satu Ide Cerita Dan Foto Dipakai Berulangkali ?

Bolehkah Satu Ide Cerita Dan Foto Dipakai Berulangkali ?

Bolehkah Satu Ide dan Foto Dipakai Berulangkali ?

Bagaimana menurut Anda? Bolehkah sebuah ide cerita dan foto dipergunakan berulangkali di beberapa blog yang berbeda? Atau bahkan sama?

Pertanyaan ini muncul beberapa hari yang lalu di kolom komentar blog Maniak Menulis dari seorang kawan, yang sekarang sudah jadi pengarang buku, tentang hal itu, Masandi Wibowo, dalang dari blog Masandiwibowo.com.

Ia, sama seperti saya, sebenarnya mengelola lebih dari satu (bahkan dua blog). Hanya saja, website utamanya adalah yang sama seperti namanya.

Pertanyaannya seperti di bawah ini.

Bolehkah Satu Ide Cerita Dan Foto Dipakai Berulangkali ?

Yap, pertanyaannya terdiri dari 3 poin, dua diantaranya akan dijawab dalam tulisan ini. Meski sudah dijawab secara terpisah di kolom komentar, tetapi rasanya masih ada beberapa bagian yang belum bisa dijabarkan dengan gamblang.

Poin-poin yang ditanyakan adalah :

  1. Bolehkah ide yang sama dipergunakan sebagai bahan tulisan di lebih dari satu blog?
  2. Bolehkah satu foto dipergunakan berulangkali di blog-blog berbeda?
Mengapa pertanyaan itu diajukan? Rasanya bisa ditebak karena sayapun memiliki banyak blog dan terbiasa juga menyusuri jalan untuk mendapatkan ide cerita. Jadi, saya bisa sedikit membayangkan apa yang dirasakannya, karena saya juga pernah berpikir demikian.

Sudah biasa ketika mengelola lebih dari satu blog, terutama yang satu niche dan satu gado-gado, ada ide yang sebenarnya bisa dipergunakan di kedua blog itu. Maklum, namanya gado-gado artinya semua bisa dimasukkan tanpa kecuali.

Nah, dalam hal ini, tentunya sayang sekali kalau satu ide dan foto yang sebenarnya bagus hanya terpasang di satu blog saja. Cuma, pastinya ada ketakutan terjadinya duplikat konten yang selalu digadang-gadang bisa menurunkan penilaian Google pada artikel tersebut.

Jadilah, blogger yang berada dalam kondisi ini seperti dipepet, dimana ide ini harus dipasang , apakah di blog A atau B. Harus satu. Begitu katanya. Padahal tentunya sayang, satu tulisan dengan ide yang sama bisa meramaikan blog yang lain.

Nah, saya hanya memberikan sedikit bukti saja, tentang pertanyaan "Apakah boleh satu ide cerita dan foto dipakai berulangkali?"

Silakan lihat dua buah artikel yang ada di dua buah blog yang saya kelola, satu Lovely Bogor dan satu lagi Umum Sekali. Yang pertama blog tentang kota sendiri dan yang satu blog gado-gado.

Umum Sekali : [FOTO] Tugu Dua Abad Kebun Raya
Lovely Bogor : Tugu dan Prasasti Dua Abad Kebun Raya Bogor

Judulnya mirip. Isinya juga tidak berbeda jauh hanya yang di Umum Sekali lebih pendek karena sekedar berisikan informasi saja. Fotonya sama.

Bagaimana hasilnya?

Bolehkah Satu Ide Cerita Dan Foto Dipakai Berulangkali ?
Sudah terjawab kan pertanyaannya?

Wajar kalau Lovely Bogor mendapatkan posisi di atas karena usianya lebih tua, juga PA dan DA nya lebih tinggi daripada Umum Sekali. Tetapi, bisa melihatkan bahwa dua artikel yang mirip bisa menempati posisi yang bagus di SERP (Halaman Hasil Pencarian).

Bagaimana dengan kalau di satu blog?

Sudah disiapkan jawabannya kok. Silakan lihat di bawah ini. Foto tugu dua abad Kebun Raya Bogor itu dibuatkan 3 buah tulisan yang berbeda. Tergantung pada kata kunci yang dipergunakan untuk mencari ketiga tulisan itu bisa bergantian muncul di halaman SERP.


Tipsnya sederhana saja :

a. Acuhkan apa yang disarankan para internet marketer atau master blogger tutorial (atau yang merasa dirinya master). Terkadang mereka tidak tahu apa yang mereka tulis karena tidak mengalaminya sendiri. Tidak jarang mereka menulis berdasarkan asumsi dan daya khayal mereka yang kuat

b. Foto dalam dunia jurnalistik "bisa bermakna 1000 kata" dan entah berapa banyak cerita. Jadi, wujudkan itu dalam bentuk tulisan. Tidak terbatas banyaknya cerita dan kisah yang bisa hadir dari satu foto. Semua tergantung pada kemampuan pengembangan ide penulisnya

c. Kalaupun dasar ide ceritanya sama, itupun tidak masalah, tetapi jangan dibuat sama persis. Lakukan spinner, tetapi dengan cara penulisan ulang lagi dan bukan hanya merubah kata

d. Pergunakan sudut pandang lain saat menulis ulang, atau gaya bahasa yang berbeda. Misalkan, yang satu bercerita, yang lain bak jurnalistik. Hal itu membantu untuk menghadirkan nuansa yang berbeda dalam tulisan.

e. Jangan buang ide yang ada hanya karena ketakutan bahwa nanti pembacanya bosan karena membaca hal yang sama padahal blognya berbeda. Mereka bisa dengan mudah melewatkan, tetapi berpikirlah bahwa pembaca di blog yang berbeda mungkin orang yang berbeda pula. Mereka belum tentu pernah tahu tentang hal itu, dan kesempatan memberikan informasi itu akan terlewat kalau kita membatalkan diri untuk menulis

f. Untuk foto pergunakan nama yang berbeda di setiap blog dan jangan lupa pastikan Alt Text yang berbeda pula

Percayalah. Banyak foto yang ada di Lovely Bogor yang dipergunakan di berbagai blog lain dan bukan hanya Umum Sekali. LB Fotografi banyak menggunakan foto yang sama, hanya pembahasan dari sudut fotografinya. Blog Lingkungan Hidup juga ada yang memakai foto yang tidak berbeda cuma penulisan memakai sudut pandang ramah lingkungan.

Dan, masih banyak lainnya.

Saya bukan superman yang mampu memotret tidak henti. Jadi, saya hanya memanfaatkan ketersediaan banyak sudut pandang dalam penulisan. Jadi, satu ide cerita dan foto bisa dipergunakan berulangkali.

Itu jawaban saya. Silakan nilai sendiri dan tentukan apa yang ingin Anda jalankan.

O ya, foto paling atas itu paling tidak dipergunakan pada 3 blog. Percaya kah?
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

5 comments

Sebenarnya tidak masalah sih mau digunakan berapa kali, tinggal dari kitanya akaja apakah bisa mengembangkan ide dari gambar yang dipake lagi itu, sama seperti apa yang dikatakan mas e diatas tadi, yang penting sudut pandang dari kedua tulisan itu berbeda.. aku juga bisa gitu wuehehe

Balas

Yup.. pandangan saya juga begitu. Batasannya hanya pada kemampuan mengembangkan ide saja..

Balas

Okailah kalau begitu 😉
Jadi satu foto karya sendiri bisa atau diperbolehkan digunakan di blog lain.

Tapi sepertinya ngga diperbolehkan ya foto yang sama untuk di pakai ulang di blog yang sama dengan pembahasan lainnya ?

Balas

Boleh kok mas Him.. di atas itu saya malah berikan contoh bahwa satu foto dipakai pada tiga tulisan yang berbeda dalam satu blog..:-D

Balas

nice info om. jadi semangat berkarya..

Balas