Tips #9 : Buat Stok Artikel Sebanyak-Banyaknya

Tips #9 : Buat Stok Artikel Sebanyak-Banyaknya

Tips #9 : Buat Stok Artikel Sebanyak-Banyaknya

Hujan pun ada redanya. Ada panas ada dingin. Ada musim hujan ada musim kemarau. Ada panen ada paceklik. Semuanya menunjukkan bahwa kehidupan itu ada naik dan ada turun. Itulah mengapa ada yang namanya lumbung untuk dijadikan tempat penyimpanan stok bahan makanan ketika masa paceklik datang.

Begitupun sebagai blogger. Kehidupannya pasti ada pasang surutnya. Namanya juga manusia.

Di suatu waktu semangat menulis tinggi, tetapi suatu waktu pula pasti ada dimana rasa malas mendominasi. Dan, belajar dari pengalaman, di saat semangat menulis tinggi itulah seharusnya kita mulai membuat stok artikel. sebanyak-banyaknya.

Karena, sudah hampir pasti suatu waktu tangan pun rasanya susah bergerak untuk mengetikkan kata-kata.

Pelajaran yang sebenarnya sudah saya ketahui sejak lama, tetapi sifat ndableg bin keras kepala kerap membuat hal itu dibuang jauh-jauh. Kebebasan lebih penting untuk saya, jadi seringnya saya bersikap boros. Menulis 5 artikel dalam sehari, 5 artikel pula yang diterbitkan pada hari itu.

Prinsipnya, saat itu, suka-suka gue dong.

Tetapi, hasilnya, yah, begitulah di saat paceklik menulis datang, bukan karena malas tetapi karena kesibukan lain hadir, saya menjadi tidak konsisten dalam menerbitkan artikel. Padahal, tetap ada tulisan yang dibuat, hanya saja karena jumlah blog saya banyak, hasilnya hanya cukup untuk satu atau dua blog saja.

Sesuatu yang melenceng dari strategi blogging yang sudah dibuat, yaitu mencoba menerbitkan artikel sesering mungkin di setiap blog. Dan, itu tidak bisa berjalan dengan baik.

Hasilnya, pepatah lama, sedia "payung sebelum hujan" pun terngiang nyaring di kepala. Enggan mulanya untuk memakai cara ini karena ingin sebebas-bebasnya, tetapi apa mau dikata, pepatah lain "ingin memeluk gunung, apa daya tangan tak sampai" berlaku.

Semangat ada. Waktu dan tenaga kurang.

Oleh karena itu, akhirnya, saya memutuskan untuk membuat rencana baru dengan memanfaatkan sistem lumbung artikel, alias membuat stok artikel sebanyak-banyaknya. Dalam satu hari, kalau perlu ada 5-10 tulisan yang dibuat. Tulisan ini adalah yang kedua di pagi hari Sabtu, ke 15 sejak kemarin.

Tetapi, yang akan hadir di layar pembaca tidak sekaligus. Tidak akan ada lagi deretan postingan bertanggal sama. Masing-masing akan diusahakan berbeda. Karena, mereka tidak diterbitkan pada hari yang sama.

Dengan begitu, pembaca akan tetap mendapatkan update terbaru disini, padahal mungkin si pemilik blognya sedang bobo cantik atau sedang leha-leha dengan keluarga tersayang.

Ternyata enak juga pakai sistem stok postingan seperti ini. Kerja keras beberapa hari, dan kemudian bersantai lumayan lama.

Walau sepertinya hal itu tidak akan terjadi pada saya mengingat jumlah blog yang banyak sekali, tetapi setidaknya memberi waktu sedikit untuk bernafas dan berpikir tentang apa yang harus dilakukan.

Sekaligus memastikan konsistensi berjalan dengan baik, bahkan di masa paceklik menulis sekalipun.

Anda tahu berapa banyak jumlah stok artikel yang sudah tersedia di Maniak Menulis?
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

7 comments

7 hari kedepan kayaknya sudah ready posting deh. :)

Balas

Kurang tepat.... hampir dua minggu..:-D

Balas

Stoknya pasti sudah puluhan ya Pak Anton?

Balas

Mayan lah.. untuk MM saya sudah nggak nulis semingguan.. hahahaha.. tapi yang lain belum sama level stoknya, masih perlu kerja keras..

Balas

Bagi dong stoknya pak, hahahahah...........

Balas

Tukeran sama stok videonya Kang.. :-D

Balas

Mau video telur yang dihiasi dengan hello Kitty ? :)

Balas