Semprul! Jadi Plagiator Mbok Ya Pinteran Dikit!

Semprul! Jadi Plagiator Mbok Ya Pinteran Dikit!

Semprul! Pake bingitz. Saya tahu plagiator itu orang malas. Makanya daripada ia berpikir menghasilkan karya sendiri, lebih baik ia mengcopy karya orang lain saja dan mengatakan itu sebagai hasil karyanya.

Malas. Semalas-malasnya orang.

Tetapi, saya pikir di sisi lain mereka minimal "pinter". Maling tidak bisa disebut bodoh karena ia terus berpikir untuk melakukan sesuatu tanpa ketahuan orang. Begitu juga plagiator. Setidaknya saya berpikir otaknya seimbang lah dengan para maling untuk menemukan cara mencuri karya orang lain tanpa ketahuan.

Itulah kenapa biasanya mereka mencomot satu dua artikel hasil karya orang lain dan kemudian menerbitkannya di blog sendiri. Lebih susah ditemukan.

Cuma, yang saya alami dua minggu yang lalu, rupanya ada juga orang yang begitu malas, bahkan untuk memakai otaknya saja sepertinya berat.

Dua foto ini mewakili ceritanya.

Blog anak dari Lovely Bogor - si LB Fotografi versi asli

Hasil si plagiat malas

Kembar yah... Kalau dilihat sekilas. Tetapi, coba lihat URL-nya, beda. Yang satu versi asli, yaitu www.fotografi.lovelybogor.com. Tahu kan siapa yang mengelolanya? :-D

Nah, yang satu lagi ini yang membuat saya nggak habis pikir. Kok yah ada orang begitu malas, bahkan untuk menjadi plagiat saja dia tidak mau memakai otaknya.

Bayangkan saja,

  1. Nama blog tidak diganti
  2. Yang dicopy-paste homepagenya
  3. Semua link masih mengarah ke blog asli
  4. Iklan Adsensenya juga masih tayang
Geleng-geleng tidak habis pikir ada orang yang seperti ini. Malingnya tidak mau capek mikir.

Akhirnya blog copy paste ini ketahuan karena, puluhan link yang ada di homepage terdeteksi di Google Webmaster. Bingung ada backlink begitu banyak dari website tidak dikenal.

Ketika coba dikunjungi balik. Kaget, juga pake bingitz. Seperti masuk ke blog milik sendiri. Tidak ada yang berubah. Ketika satu menu diklik saya langsung dibawa ke blog milik sendiri.

Bingung.

Apa maunya dan niatnya?

Pada akhirnya, daripada capek berpikir menduga-duga, saya putuskan yang seperti ini tidak bisa dibiarkan. LB Fotografi bisa ada dua dan berbahaya ke depannya. Jadilah, saya langsung kirimkan permintaan "Google DMCA Takedown Notice".

Pertama kali saya melakukannya. Biasanya saya malas untuk mengajukan yang satu ini kalau ada artikel yang dicopy paste. Capek melakukannya. Cuma, yang satu ini spesial karena berkaitan dengan nama.

LB Fotografi hanya bisa punya satu URL, yaitu www.fotografi.lovelybogor.com saja. Tidak boleh ada duanya. Bisa repot saya nantinya.

Hasilnya, dalam beberapa jam, permohonan langsung disetujui bahwa blog copy-an ini akan diremove dan diblacklist dari catatan Google. Mereka juga mengirimkan data kepada pihak yang terkait.

(Efek dari persetujuan removal oleh Google ini, lucunya pada akhirnya kena pada diri saya sendiri. Nanti saya ceritakan pada artikel terpisah).

Blognya masih akan ada, tetapi rasanya tidak akan pernah ditampilkan di halaman SERP Google. Setidaknya saya membatasi agar tidak bersaing dengan blog aslinya.

Cuma ya itu, sampai hari ini masih geleng-geleng kepala kalau ingat ada orang yang begitu malasnya, bahkan dalam hal melakukan kecurangan sekalipun.

Ampun dah!

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

7 comments

Kalau modelnya ATM (Amati, Tiru Modifikasi) sih sepertinya masih taraf wajar ya. Saya pun sering melakukannya. Tapi kalau yang diatas ini sih sudah maling 99% namanya :D

Semoga ga cuma diremove dari SERP Google, kalo bisa diban juga websitenya, hehehe

Balas

Iyah.. kalau versi ATM sih normal mas, cuma yang ini mah kebangetan.

Sudah saya kirim "take down notice" ke dmca dan sepertinya sudah diproses dan ditindaklanjuti. Selebihnya mah yang terserah deh.

Balas

Ini namanya malas yang HQQ! Kok bisa ketauan ada blog plagitu mas Anton? Jadi penisirin... Sekali-kali perlu dikasih peringatan dan pelajaran, biar ke depannya tidak ada korban lagi.. Salam blogger

Balas

hahahah.... rupaya ada yg bikin pertandingan : LBF Asli Vs LBF KW .......

untung cepat ketahuan, klu ngk ..... bisa2 LBF Asli artikelnya jatuh dari SERP , Kemudian artikel milik Kompetitor naik daun, huhuhuhu....

Dugaan saya bukan krn si Copas bodoh....melainkan sengaja berbuat sperti itu utk menjatuhkan konten milik pak Anton.

Saya jadi heran kok blog pak Anton selalu jadi Target si tangan usil.

Mungkin ini cobaan utk Anak yg Sholeh. :)

Balas

Kebetulan lagi liat-liat Google Webmaster dan lihat ada link tak dikenal dan namanya aneh. Jadi, saya visit kesana.. eh tahunya seperti itu

Balas

Bisa jadi juga yah... entahlah.

Yah, makasih didoain Kang Nata jadi anak soleh.. aamiinnn..

Balas

Kembar nih yee... :)
Tenang aja pak, jagoan mah enggak pernah kalah. biasanya sih begitu kalau di film-film.

Balas