Menjadi Kolektor Template/Theme Blog

Menjadi Kolektor Template/Theme Blog

Menjadi Kolektor Template/Theme Blog

Terus terang, perjalanan 4 tahun di dunia blogging seharusnya memberikan saya satu gelar lagi. Gelar itu "Kolektor Template".

Sombong yah. Tetapi, kalau dipikir-pikir lagi, rasanya gelar itu cocok sekali mengingat jumlah template yang ada dalam inventori.

Bisa disebutkan :

Blogger/Blogspot Template :

  1. Flatness buatan Sora Template/Gooyabi
  2. Evomagz - Mas Sugeng
  3. Simplify - Arlina Design
  4. Simplify 2 - Arlina Design
  5. Viomagz - Mas Sugeng
  6. Fabulous - Themexpose
  7. Fast Blog Responsive - Namina Kiky
  8. Viral Go - Namina Kiky
  9. Livia Luna - Namina Kiky
  10. Kompi Flexible - Kompi Ajaib

Wordpress Self Hosted

  1. Optimumag - Kentooz
  2. Galepro - Kentooz
  3. Hunted - Themeforest
  4. Newmag - TagDiv/Themeforest
  5. Newspaper - Tagdiv/Themeforest

Kesemuanya versi premium atau berbayar. Bukan karena ingin sombong dan tidak mau memakai yang gratisan, tetapi karena rasanya tidak enak memakai hasil kerja keras seseorang secara cuma-cuma dan hanya memberikan link saja.

Meski hanya 50 ribu rupiah, rasanya hal itu patut diberikan untuk jerih payah mereka berpikir dan menghasilkan semua template/theme ini.

Banyak juga yah?

Harap dimaklum juga karena saya punya blog lumayan banyak juga. Jadi, mirip seperti ibu beranak banyak, masing-masing diusahakan untuk memiliki "baju" sendiri-sendiri. Sesuai dengan tema masing-masing.

Sampai saat ini, karena satu dan lain hal, masih ada blog yang memakai baju "sama tetapi tidak serupa", alias, templatenya sama, tetapi warnanya berbeda.

Kenapa membeli template/theme sebanyak itu? Pasti dan tidak heran ada yang berpikir demikian. Apalagi kalau untuk blogger/blogspot satu template bisa dipergunakan berulangkali tanpa masalah. Iya kan.

Jawabannya :

1. Masalah baju yang sama tadi di atas intinya. Setiap ide pada sebuah blog akan diusahakan diterjemahkan juga pada template yang dipakai.

2. Lisensi : untuk wordpress self hosted, beberapa hanya memiliki lisensi regular alias hanya untuk satu website saja. Jadi, mau tidak mau harus membeli baru kalau mau memakainya

3.  Saya pembosan : yah maklum sudah tua rasa bosan cepat sekali menyerang. Tetapi, menurut saya, pada satu periode tertentu, bagusnya tampilan sebuah blog perlu diubah dan disesuaikan supaya memberi rasa fresh, baik bagi yang punya blog atau pembaca rutin. Jadi, untuk yang blogger/blogspot, saya harus menyediakan beberapa template supaya bisa gonta ganti kalau diperlukan

4. Beberapa tidak sesuai yang diharapkan : setelah memakai, ternyata ada satu dua template yang kurang pas dan tidak enak dilihat, atau ada tidak sesuai dengan yang diharapkan. Jadilah, perlu diganti dengan yang dianggap lebih baik.

Kemudian, apakah semua template itu terpakai ?

Hampir semua. Hampir yah, berarti ada yang nongkrong sambil nganggur di tempat penyimpanan saja. Yang lain bertugas dengan baik di blog masing-masing.

Saat ini yang dibangkucadangkan ada

a. Simplify dan Simplify 2 : desainnya bagus sebenarnya, tetapi saya melihat bahwa pada statistik blogspot, setiap halaman dibuka ada 3 angka ditambahkan padahal pengunjungnya cuma satu. Lima bertambah kalau memasukkan komentar.

Tidak masalah sebenarnya karena masih ada Google Analytics. Cuma, karena ada banyak blog saya yang tidak memakai Google Analytics, ya agak gimana gitu. Jadilah, dua yang ini masuk kategori istirahat.

b. Viral GO : bukan salah yang buat. Masalahnya blog yang memakai template ini tidak kunjung dikerjakan dengan serius. Mungkin tahun depan baru berjalan.


c. Galepro : karena tidak cocok dengan ide blog yang ada, sudah dipasang, tetapi kemudian diturunkan dan dicadangkan. Kemungkinan besar tahun depan akan terpakai di blog baru.

Yang dibangkucadangkan ini juga karena akhirnya ada lebih dari satu blog yang masih memakai template yang "sama tapi tidak serupa tadi".

Yang terbaru Kompi Flexible yang baru dibeli beberapa hari yang lalu. Dan, sudah terpasang di lebih dari satu blog setelah diutak atik sedikit.

Apakah masih mau membeli template lagi? Besar kemungkinan masih karena masih ada banyak blog yang perlu dikembangkan. Jadi, sangat tidak menutup kemungkinan perburuan template masih berlangsung.

Jadi, pantas kan saya menjadi kolektor template blog?
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

8 comments

Selain kolektor template , Gelar yg lain apa Pak ?

"Gelar Tikar" yach.... :)

Balas

Gelar kasur juga boleh

Balas

Maniak menulis pun memakai baju baru. Sepertinya blog saya juga harus berganti baju. Tapi belum cocok di hati.

Balas

ganti baju ya om. masih ada gambar tang dan kunci ingris terlihat di widgetnya tuh. hihi.. :)

Balas

Hahaha iyah.. maaf.. sudah dihapus... iseng dan sekalian ingin tahu sesuatu jadi diganti bajunya

Balas

@Nisa.. karena penasaran pengen tahu sesuatu jadi bajunya diganti.. ini juga masih bingung sama baju barunya.. agak beda sih

Balas

Koleksinya Banyak juga ya..apalagi WP nya, Selamat deh...Ditunggu Totor cara ngoreknya mas kebtulan saya juga pakai Kompiflex...saya lagi butuh..biar tampil beda spt Punya Mas Anton ini. Serius ditunggu tutorialnya..

Balas

OK mas.. nanti saya coba buatkan tulisan untuk sedikit modifikasi Kompi Flexiblenya..

Bentar yah mas Dwi

Balas