Mendapat Peringatan Pelanggaran Kebijakan Adsense Karena Melaporkan Plagiarisme

Mendapat Peringatan Pelanggaran Kebijakan Adsense Karena Melaporkan Plagiarisme

Asem banget dah! Pagi dua minggu yang lalu (bukan hari ini, karena tulisan ini dibuat tanggal 22 Oktober 2018 tetapi baru diterbitkan hari ini, 6 Nopember 2018), jantung saya deg-degan dan ketegangan langsung merayap ke dalam hati.

Bagaimana tidak. Di komputer terlihat notifikasi ada peringatan pelanggaran kebijakan Adsense di akun Gmail. Apalagi, mbatin saya! Soalnya selama ini sudah berusaha menjadi publisher yang taat aturan dan sudah berjalan lebih dari 3 tahun belum pernah lagi mendapatkan email seperti ini.

Terakhir kali, email seperti ini masuk ke inbox ketika ada posisi iklan yang tidak sesuai kebijakan Adsense. Setelah dibetulkan tidak pernah ada lagi email dari Adsense masuk, kecuali reminder event atau webinar, dan tentunya pemberitahuan pembayaran sudah terkirim.

Yang kali ini kok yah bikin jantungan.

Mendapat Peringatan Pelanggaran Kebijakan Adsense Karena Melaporkan Pagiarisme

Langsung saya menuju ke dashboard Adsense.

Heran. Tidak ada pita merah tanda ada pelanggaran.

Kemudian, saya masuk ke dalam Policy Center, Pusat Kebijakan. Dam, ternyata langsung ketemu mengapa ada email seperti itu.

Hal itu berkaitan dengan adanya iklan Adsense dengan id saya yang ditayangkan pada sebuah website yang bermasalah. Bermasalah, karena ada yang melaporkan lewat DMCA melanggar copyright atau hak cipta.

Tetapi, apakah ada keluhan terhadap website-website saya? Ternyata bukan. Tidak ada satupun website/blog milik saya yang mendapat pengaduan atau komplain. Semua baik-baik saja.

Rupanya, iklan Adsense dengan publisher id milik saya itu muncul di sebuah website dengan akhiran "xyz" (entah milik siapa) yang dilaporkan mencuri konten dari website lain. Jadi, Adsense menganggapnya sebagai pelanggaran kebijakan muncul di tempat penadaha tulisan curian.

Yang membuat saya tenang, sekaligus merasa lucu adalah. Yang melaporkan ke DMCA itu, ya saya sendiri. Silakan baca tulisannya di "Semprul! Menjadi Plagiator Mbok Ya Pinteran Dikit!".

Iya pelapornya saya sendiri. Kemudian, blog yang dijiplak itu, ya punya saya sendiri juga. Tetapi, pada akhirnya saya juga yang mendapat teguran pelanggaran kebijakan. Bisa dikata saya mendapat teguran karena melaporkan plagiarisme.

Ampun.

Ternyata, setelah ditelaah kesana kemari, penyebabnya ketemu. Saya ceritakan di artikel berikutnya yah. Dan, setelah hal itu diselesaikan, bahkan daftar masalah pelanggaran kebijakan yang tadinya ada di dashboard saya, langsung hilang.

Sebelnya, belum sempat dibuatkan screenshoot, sudah tidak ada. Jadilah, tidak bisa dimasukkan ke dalam tulisan ini.

Akhirnya , tulisan seperti di bawah ini keluar lagi.

Mendapat Peringatan Pelanggaran Kebijakan Adsense Karena Melaporkan Pagiarisme

Yah, karena pada dasarnya saya tidak melakukan pelanggaran apapun. Yang terjadi adalah karena si maling mengcopy semua homepage beserta dengan kode-kode iklannya.

Cuma dari sini saya belajar juga, bahwa pencurian dapat membawa imbas kepada yang kecurian. Untungnya, akhirnya sudah ketemu caranya.

Mau tahu cara memecahkannya gimana? Tunggu sehari yah. Tulisannya sudah tersedia. Hanya menunggu jadwal terbit saja.

Ciao!
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

8 comments

Mmmm.....Pagiarisme itu apa ya Pak ? :)

Senjata Makan Tuan nih ceritanya. :)

Balas

Dah dibetulkan Kang.. makasih...

Iyah.. cuma ternyata selesai dengan baik. Tidak jadi makan tuan.

Balas

saya males nunggu ah ntar juga nongol artikelnya.

ehh.. tapi ngomong-ngomong kok belum muncul artikelnya. Publish jam berapa pak?
he..he...

Balas

saya mengalami masalah juga Pak. Blog saya tidak bisa menanyangkan iklan. Padahal di email dan akun adsense tidak ada masalah. Mohon pencerahannya pak, bagaimana cara mengatasi hal tersebut. Iklan bisa muncul di blog yang lainnya. cuma di blog utama saya saja yang gak mau muncul

Balas

*Rahasia...pake banget

Balas

Di blog yang mana mas Riyan ?

1. coba bersihkan cache browser dulu, siapa tahu karena kompi mas saja..
2. coba bikin kode iklan baru
3. Coba cek verifikasi situs dan pastikan apakah versi www dan non www sudah terdaftar disana. Siapa tahu saja yang terdaftar yang www tetapi pengunjung pakai yang non www
4. cek apakah ada kemungkinan tulisan yang tidak sesuai

Mas pakai viomagz yah? terus kode iklannya sudah dipasang di kolom yang ditetapkan oleh templare atau pakai auto ads saja? Apakah baru ganti atau sudah lama template diganti.. soale seinget saya templatenya berbeda dari sebelumnya..




Balas

wah galaunya mas Riyan dibawa kesini yach
:)

coba gini mas.... copy kode iklan ads-nya. lalu kemudian pasang diblog lain.Klu iklannya muncul itu artinya templatenya bermasalah.Segera ganti templte.

tpi sebelumnya coba kodenya diparse dulu.

mohon info hasilnya mas ?

Balas

tuh saran yang bagus mas Riyan.. kalau masih ga bisa juga, mungkin harus pasrah bahwa itu keputusan google ga mau tayang.. tapi sebenarnya saya pikir biarkan saja dulu 1 mingguan lagi dan lihat perkembangannya

Balas