Membangun Jaringan Blog Milik Sendiri

Membangun Jaringan Blog Milik Sendiri

Coba cek bagian footer dari Maniak Menulis (MM)? Mau kan. Penampilannya agak beda karena di bagian tersebut ada beberapa link yang menuju keluar MM.

Begitu juga, di beberapa blog lain yang saya kelola, seperti Lovely Bogor atau Pojok Menulis. Pada bagian footer atau sidebarnya akan ada yang namanya Lovely Bogor Network yang berisikan link menuju semua website/blog yang saya kelola.

Membangun Jaringan Blog Milik Sendiri



Idenya meniru dan terinspirasi dari network Kelompok Gramedia Indonesia, sebuah penerbit ternama di Indonesia. Coba saja lihta websidenya grid.id dimana pada bagian footernya terdapat link-link menuju website-website terpisah sesuai dengan temanya, seperti BOBO, HAI, dan sebagainya.

Keren-kerenan? Bisa jadi. Bisa dipandang begitu.

Cuma, dipikir-pikir, kenapa TIDAK. Toh, kenyataannya memang itu semua adalah blog yang saya kelola. Kenapa harus malu memperkenalkannya?

Memang, selama ini, semua blog-blog itu dibiarkan hidup dan berjalan masing-masing. Maklum, temanya berbeda satu sama lain, walau ada yang sama. Jadi, awalnya memang diperlakukan sebagai website yang tidak saling berhubungan satu dengan yang lain, walau sebenarnya orang di belakangnya sama.

Bahkan, beberapa diantaranya jarang saya sebutkan dimanapun. Disembunyikan.

Setelah melihat website milik Gramedia itu, barulah terpikir mengapa harus dibiarkan terpisah? Toh, pembaca web yang satu mungkin ingin tahu atau membaca hal yang lain selain tentang Bogor (di Lovely Bogor) atau tentang menulis dan blogging di Maniak Menulis. Mungkin yang biasa membaca tutorial memotret, ingin membaca tulisan-tulisan tentang rumah berhantu di Umum Sekali.

Mungkin kan? Who knows?

Jadi, akhirnya, saya putuskan untuk memajang link-link ke blog-blog saya yang lain di bagian footer. Lagi juga, terlihat keren juga punya jaringan blog sendiri, kayak penerbit saja.

Padahal, ada beberapa blog yang kurang diupdate dan masih menunjukkan ketidakkonsistenan pemiliknya. Tapi, tak apalah. Yang penting, sekarang saya punya jaringan blog sendiri.

Siapa tahu hal kecil ini mendorong saya memiliki jaringan blog besar di suatu hari nanti.

(Catatan : yang terpampang disana masih "sebagian" dan belum semuanya karena masih ada lagi blog yang dirasa masih terlalu kurang layak untuk dipamerkan)
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

10 comments

Menginspirasi sekali. Dengan begini, potensi klik ke blog-blog milik kita juga jadi lebih besar. Pembaca jadi tau seluruh blog yang kita kelola, contohnya ya kayak saya, jadi tau blognya milik mas ANton. Good job dude

Balas

MAS, SAya coba klik link-link blog tersebut, tapi muncul pesan : Sorry, the page you were looking for in this blog does not exist. kode 404

Balas

Iya mas.. siapa tahu saja

Balas

Makasih infonya mas.. sudah diperbaiki.. kurang "http:"

Balas

cieee...cieeee...... promo nich yeee..... :) klu saya suka yg Celotehan itu loh pak... apa sich nama blognya ?

Balas

Promosi di blog sendiri lah... hahahaha.. Oh yang itu, sedang dalam perencanaan ulang. Kemungkinan baru dijalankan secara full tahun depan Kang

Balas

banyak bener om. wow.. salut saya.

Balas

Saya mau tiru pak buat promo tulisan saya di beberapa media online dan beberapa blog yang kurang terawat ituloh. siapa tau malah bikin semangat nulis lagi.

Balas

Jangan salut sama orang nggak punya kerjaan.. wakakakak

Balas

Monggo resiko tanggung sendiri yah..:-P

Balas