Djangkaru Bumi : Tukang Foto Jones (Jomblo Ngenes)

Djangkaru Bumi : Tukang Foto Jones (Jomblo Ngenes)

Djangkaru Bumi : Tukang Foto Jones (Jomblo Ngenes)
Penmpakan Website Tukang Foto Ynng Bukn Fotogrfer
Tampang Rambo hati Rinto. Itu julukan saya untuk pria yang satu ini. Memang kalu mendengar namanya sangat terkesan macho, lelaki banget, Djangkaru. Pakai bumi lagi. Kesannya kalau kata-kata ini sampai ke telinga, seorang cowok yang perkasa sekali.

Dan, kalau melihat foto profilenya memang akan terlihat sekali kalau dia "benar-benar cowok".  Ada jenggotnya dan lumayan ganteng. Gagah lah. Cukup sesuai antara nama dan penampilannya. Agak mirip Rambo, si jagoan Amerika Serikat yang membantai tentara Vietnam Utara/Vietkong dalam serial film-filmnya.

Ini penampakannya di akun Twitter miliknya.


Cukup macho kan? Agak mirip Rambo dikit (nggak banyak-banyak).

Cuma, sampai disitu saja. Ketika berkunjung ke website pria asal Yogyakarta ini, yang diberi nama sama, tiba-tiba unsur kesan gagah perkasanya, seperti langsung terhapus. Sirna begitu saja.

Kesan itu tergantikan oleh sang Rinto (Harahap) , penyanyi dan pengarang lagu Indonesia yang terkenal dengan lagu-lagu cinta nan sendu (bahasa yang diperhalus dari kata "cengeng").

Gimana tidak.

Banyak tulisannya yang bernada seperti itu. Coba saja lihat beberapa judul diantaranya, seperti screenshoot di bawah ini.

Djangkaru Bumi : Tukang Foto Jones (Jomblo Ngenes)

Melo. Romantis. Puitis. Dan, segala "-is" lainnya.

Apalagi kalau baca isinya. Mirip dengan kalau baca majalah "ANITA" di masa lalu, yang penuh kisah percintaan, seperti wujud nyanyian Rinto Harahap dalam bentuk tulisan.

Mendayu-dayu.

Jadi, mungkin saja ini titisan sang jagoan Rambo, cuma rupanya saat dicetak ke dunia, jiwanya salah dimasukkan. Jiwa Rinto yang masuk ke dalamnya. Di luar Rambo di dalam Rinto.

Tapi, mungkin karena itulah, blog Djangkaru Bumi ini menarik. Dibandingkan mengajarkan sesuatu, pria yang mengaku dirinya tukang foto tetapi bukan fotografer (ditulis di webnya ala Inggris Photographer), lebih bercerita. Tapi, ada juga sih tulisannya yang memberikan tutorial, meski bahasanya tercampur dengan gaya romantisme yang dianutnya.

Yap. Menarik dan menghibur. Tidak jarang membawa ingatan kembali ke masa lalu saat masih muda dulu.

Bahasanya bagus dan terstruktur dan mendayu-dayu. Niatan berbagi cerita memang tercermin di dalam tulisan-tulisannya. Tidak panjang. Tidak terlalu singkat. Tidak pula menggurui. Masuk ke dalam webnya mirip seperti masuk ke rumah teman , yang seorang sastrawan.

Salah satu blog yang menghibur.

Apalagi kalau terbayang betapa ngenes nasibnya. Belum tentu sungguhan benar-benar terjadi yah, tetapi kalau membaca tulisan-tulisannya, kesan bahwa dia adalah seorang jones, jomblo ngenes itu susah diabaikan.

Lha ya bagaimana tidak? Tulisan-tulisannya yang "nyastra" itu jarang menceritakan keberhasilannya dalam menggaet "cewek". Isinya kebanyakan soal kegagalannya dalam hal itu. Entah ditolak, entah ditinggalkan, dan berbagai entah lainnya.

Gagal mulu.

Makanya, kalau membaca postingan-postingannya, label jones kayaknya pantas sekali untuknya. Walau saya tidak heran kalau itu hanyalah sebuah cerita pendek saja dan bukan kebenaran. Dengan kemampuannya menulis seperti itu, rasanya agak mengherankan kalau tidak ada cewek yang klepek-klepek kalau dirayu.

Jangan langsung percaya kalau tulisannya cermin kehidupan sebenarnya. Bagi saya, pria asal kota Gudeg ini lebih ke cerpenis dibandingkan blogger atau tukang foto. Kemampuannya menulis dalam gaya bahasa yang sedemikian "menyentuh kalbu" mirip dengan seorang pengarang cerpen.

Coba saja baca sendiri di blog miliknya. Link-nya ada di SINI buat yang tidak mau capek nyari. Catatannya link ini langsung masuk ke salah satu tulisan yang mencerminkan betapa "ngenes" nasib sang tukang foto ini.

Buat yang memang sedang patah hati, mungkin blog Djangkaru Bumi ini bisa jadi sarana menghibur diri. Setidaknya menemukan bahwa nasib Anda tidak sengenes sang tukang foto jones ini. Buat yang cari ilham dan gaya menulis, bisa belajar juga dari bagaimana berbagi informasi tanpa menggurui.

Buat kaum wanita yang masih jomblo juga (walau nggak "ngenes") mungkin bisa bermain kesana, siapa tahu ada "jodoh" dengan yang punya blog.

Dan, yang pasti buat yang kehilangan sanak saudara, atau apapun, bisa titip pada sang admin supaya dibuatkan posting. Soalnya salah satu hal yang harus diacungi jempol dari si pria berjenggot ini adalah dia tidak segan membuat postingan tentang anak hilang.

Bukan sebuah artikel yang akan mengundang banyak pembaca dan populer tetapi jelas membantu menyebarkan informasi. Sebuah hal yang untuk itu saya salut.

Nah, sekarang silakan buktikan sendiri apakah judul di atas Djangkaru Bumi Tukang Foto Jones itu pas atau tidak. Caranya ya silakan bermain ke website tersebut. Saya sering melakukannya sampai sekarang, cuma pakai gaya jelangkung karena sering tidak meninggalkan komentar.

Ciao!

(Catatan semua foto, screenshoot diambil dari website / Facebook/ Twitter dari orang bernama Djangkaru Bumi yang fotonya mirip-mirip. Bukan hasil jepretan pribadi.)

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

2 comments

blogger yang sederhana, saya suka tulisannya karena apa adanya gak muluk-muluk dan pengen di lihat keren.

udah gitu gak terlalu panjangggggg.... tulisannya.

Balas

Memang.. dan itu juga saya suka

Balas