Blogger Modal Besar VS Blogger "Tanpa" Modal Di Dunia Blog - Siapa Yang Bakalan Menang?

Blogger Modal Besar VS Blogger "Tanpa" Modal Di Dunia Blog - Siapa Yang Bakalan Menang?


Lebay banget yah? Bisa jadi juga ada yang mengatakan imajinasi saya terlalu jauh dengan mengatakan terjadi pertempuran antara "Blogger Modal Besar" vs Blogger "Tanpa Modal" sudah lama terjadi di dunia blog, dimanapun, bukan hanya di Indonesia.

Cuma, susah membuang pemikiran itu dari kepala. Terutama setelah menemukan kalau Giring Nidji sudah sejak 5 tahun lalu menerjunkan diri ke dunia "blogging". Memang, sih secara resmi namanya media, tetapi sulit terbantahkan kalau gaya penulisan, bahkan template semuanya menggunakan pola blog.

Pentolan Nidji itu menyusul artis lainnya yang sudah lebih dulu terjun, yaitu Christian Sugiono dengan Males Banget. Website yang satu ini setelah bangkit dari "kubur"-nya tahun 2011 menjadi salah satu "blog" yang booming di Indonesia.

Belum dihitung dengan berbagai perusahaan yang sekarang menyediakan menu "blog" di website mereka.

Tentunya, blog-blog jenis ini bukanlah berasal dari kalangan blogger tanpa modal seperti saya. Kiasan saja karena sebenarnya saya juga mengeluarkan modal baik untuk sewa domain, hosting, dan juga bayar kopi dan rekening listrik juga. Hanya kalau dibandingkan dengan uang yang dikeluarkan para artis ini, jumlahnya hanya seperberapa ribu modal yang mereka keluarkan.

Mereka blogger modal besar. Dan, saya termasuk blogger "tanpa modal".

Semuanya berebut pasar pembaca di Indonesia. Bersaing, (walau saya tidak terlalu merasa begitu) untuk saling mengalahkan dan mendapat perhatian dari warganet di negara ini.

Jangan bilang tidak saling sikut yah. Meski tidak terlihat ada "pertempuran" SEO dan promosi dimana-mana. Yang melakukannya semua, yang modal besar dan tanpa modal sama-sama berebut. Apalagi kalau temanya sejenis.

Contohnya Kincir(dot) com yang dikelola Nidji yang menyasar penggemar game dan dunia tekno. Atau Malesbanget yang menyasar generasi milenial. Tidak sedikit blog dari blogger tanpa modal yang menggelutinya.

Sekarang dengan masuknya website itu, mau tidak mau blogger tanpa modal harus berhadapan dan bertarung memperebutkan pasar yang sama dengan blogger yang duitnya banyak.

Nah, yang menarik dalam sebuah pertarungan, selain proses perangnya adalah mengetahui hasil akhirnya.  Apakah blogger bermodal besar akan menang? Ataukah seperti David vs Goliath, yang kecil yang menang?

Saat ini memang terlihat bahwa modal memberikan pengaruh besar untuk membuat sebuah blog menjadi terkenal. Maklum, ada tenaga promosi, ada tenaga penulis, dan ada biaya promosi. Keuntungan berada di tangan blogger berduit banyak.

Sejauh ini buktinya mendukung melihat posisi Males Banget dan juga Kincir. Keduanya berperingkat bagus (setidaknya di Alexa dan Similarweb). Posisi blogger-blogger non modal terlihat keteteran juga.

Cuma.. dunia membuktikan bahwa sesuatu itu bisa berubah. Bukan tidak mungkin suatu waktu blogger tanapa modal bisa menjadi pemenangnya. Beberapa contoh blog yang dikelola individu menyeruak dan tampil sebagai blog terkenal.

Bisa juga keduanya menjadi sama-sama terkenal, atau sama-sama jatuh. Namanya juga bisnis tidak ada yang pasti.

Semua bisa saja terjadi.

Belum ada pemenang mutlak dalam hal ini, dan mungkin saja tidak akan ada yang menang atau kalah.

Jadi, selamat menunggu. (Saya sih tidak mau menunggu karena saya tidak ikut bersaing memperebutkan pasar. Sudah memutuskan, sementara ini, saya menikmati saja perjalanan menulis di blog dan sedikit recehan dari iklan)
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

4 comments

Yang menang adalah yang Rajin Pak, seperti blog ini, heheheh...

Balas

Kadang rajin saja tidak cukup.. kadang tambahan modal pun diperukan.. hahahaha

Balas

Yang mana ya yang menang? yang menang yang terus melanjutkan ngeblog. he..he.. :)

Balas

Bisa jadi yah.. karena sudah mendapatkan kebahagiaan dari menulis

Balas