Tips #6 : Pasang Image Pada Ukuran Maksimum

Tips #6 : Pasang Image Pada Ukuran Maksimum

Tips#6 : Pasang Image Pada Ukuran Maksimum

Nasibmu "image". Mentang-mentang blog itu tentang dunia tulis menulis, dikau selalu dianaktirikan. Buat kata-kata disediakan ruang besar tak terhingga, tetapi buat dikau, terkadang pelit sekali para blogger memberikan space.

Nasib memang.

Yah, hal yang bisa dimaklumi karena banyak blogger berpandangan bahwa image/foto adalah pelengkap dan pemanis saja. Kerap kali image yang dipasang menggunakan ukuran "small" atau "medium" saja. Padahal, ruang di sebelah kanan dan kirinya masih banyak sekali.

Hasilnya adalah, kalau dibaca lewat gadget/ponsel memang enak, ukuran gambar tidak terlalu kecil. Tetapi, sayangnya ketika dilihat pada layar komputer/notebook, ukuran fotonya kecil dan tidak enak dilihat.

Alasannya mungkin karena supaya mempercepat loadingnya. Tetapi sebenarnya alasan itu tidak benar juga. Sebuah foto ukuran 640x480 pixel setelah diresize, ukuran yang sama dengan kebanyakan "kolom baca " di blog, hanya berukuran di bawah 100 kilobyte saja.

Kecil. Tidak besar. Tidak berpengaruh banyak terhadap kecepatan loading laman.

Padahal, dengan memberikan image dalam ukuran standar/maksimum yang disediakan blog, tentunya yang membaca bisa merasa lebih nyaman melihatnya. Siapa tahu saja mereka juga tertarik untuk memeriksa detail dalam fotonya. Semua itu sulit dilakukan kalau image ukuran mini yang dipasang.

Kalau tidak percaya, coba saja bandingkan antara foto berukuran small (di bawah 640x480 pixels) dengan yang standar ruang baca blog 640x480. Pasti akan terasa sekali berbeda kesannya. Apalagi kalau foto traveling berisikan pemandangan indah sebuah tempat wisata.

Jangan pelit tempat. Maksimalkan ruang baca dan isi dengan sesuatu yang membuat orang lain nyaman. Jangan takut jadi lemot loadingnya. Kalau diperkecil dengan baik, ukurannya akan sangat kecil sehingga tidak emmberatkan.

Lagipula, kasihan kalau saya dengan mata minus 7 1/2, ditambah plus 2 1/2 dan silinder 2 1/2 harus mencoba melihat foto yang ukurannya kecil.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

4 comments

Saya juga selalu pakai ukuran 640 x 480...sebaiknya pakai yang medium ,large, xlarge atau Original Size mas? Struktur template seperti pengaruh juga soalnya template blog saya meski disetting large juga gambarnya segitu aja padahal saya maunya spt punya mas Anton ini...keliatan gede . Cocok banget kalau saya posting artikel bertemakan foto

Balas

Kalau saya selalu pakai yang Xlarge. Original size seringkali melebihi ukuran maksimum template. Large biasanya kurang sedikit dari ruang yang disediakan templat.

Betul memang, tergantung templatenya juga. Batasannya tergantung maunya si template juga, karena itulah setiap membeli template, saya perhatiakan soal foto juga.

Balas

Gambar di blog saya sudah sesuai kah Pak?

Balas

Sudah... enak lihatnya dan malah memberi kesan bagus pas dibaca.. keren om

Balas