Tidak Bisa Tidak - Konsisten Harus Diupayakan

Tidak Bisa Tidak - Konsisten Harus Diupayakan

Tidak Bisa Tidak - Konsisten Harus Diupayakan

Masalah utama yang sedang saya hadapi sebagai blogger saat ini adalah inkonsistensi. Bukan karena saya malas menulis dan kehabisan ide. Yang itu sih banyak sekali dan kadang justru kerepotan karena tidak ada habisnya.

Yang paling memberatkan adalah karena kenyataannya saya memilih beternak blog dan membangun blog sebanyak mungkin. Setiap ide baru yang rasanya bagus untuk dikembangkan akan dibuatkan sebuah blog yang baru.

Padahal, tenaga dan waktu sangat terbatas. Akhirnya, memang seperti potongan kue yang cuma 1/4 loyang harus dibagi 20 orang. Semuanya kebagian sedikit saja. Tipis sekali. Kalau satu mendapat porsi lebih besar, maka ada yang lain yang kebagian potongan kecil.

Seharusnya tidak demikian. Seharusnya semua mendapat potongan yang sama rata, kalau memang mau semua blog berjalan baik.

Hasilnya, memang terjadi ketidakkonsistenan. Tidak di semua blog, tetapi di sebagian blog hal itu terasa. Pada beberapa blog utama, konsistensi lebih terjaga. Maklum ada pacuan dan dorongan khusus karena pengunjung sudah banyak dan tentunya harus terus dijaga.

Berbeda halnya dengan blog-blog yang baru mulai dibangun. Mereka belum mendatangkan apa-apa. Hasilnya tidak ada unsur membangkit semangat untuk terus menulis. Ternyata jelek hasilnya karena disini, unsur menggampangkan muncul. "Kalau tidak bisa jalan, biarin saja. Toh tidak rugi apa-apa!"

Pikiran yang sangat jelek. Tidak seharusnya muncul.

Untuk itulah, saya ingin merubah masalah ketidakkonsistenan ini menjadi konsisten di seluruh blog yang ada. Semua harus mendapatkan perhatian dan kasih sayang yang sama. Mau pengunjung banyak atau sedikit, ternak blog saya itu harus diperhatikan dnegan cara yang sama.

Langkahnya sudah ditemukan dan sedang dijalani, yaitu melakukan penjadwalan posting di seluruh blog. Langkah itu sudah dimulai, dan walau masih tertatih-tatih, dan terbentur disana sini, sudah dimulai. Targetnya, tahun depan, paling tidak di semua blog sudah ada jadwal rutin penerbitan artikel, bisa 1 hari sekali atau 3 x seminggu.

Saat itu, mungkin di setiap blog akan diterbitkan pengumuman jadwal terbit artikel supaya yang biasa datang tahu kapan postingan baru akan keluar. Minimal mereka tidak perlu menghabiskan waktu bolak-balik hanya untuk melihat apakah ada artikel baru keluar.

Mudah-mudahan saja bisa berjalan baik. Kalau tidak, ya harus diusahakan berjalan baik karena tahun di depan, mungkin ada perubahan target dan tujuan ngeblog yang tidak lagi akan terfokus 80-90% untuk kesenangan saja.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

8 comments

Kalau semua blog mendapat jatah kuenya dengan adil, sepertinya orang2 dirumah malahan tidak mendapat kue ( perhatian ) yg cukup.Mungkin itu yang akan terjadi. Kenapa tidak mencari tenaga tambahan untuk menulis,misalnya merekrut sang kumendan utk menjadi penulis... :)

Pasti seru yach Pak, kalau kumendan menulis juga, :)

Balas

Ohy... Pak saya lebih suka tidak diberi tahu " kapan artikel baru akan keluar " biar saya bisa main tebak2an.... dan penasaran serta bertanya2 teruss... tentang artikel terbarunya. :)

Balas

ditunggu jadwalnya pak. hehe saya bisa nyampai 5 kali/hari nengok blog ini. ;)

Balas

Wahh... mau lebih serius lagi nih kayaknya. Apa ada kemungkinan jadi fulltime blogger tahun depan? atau tahun depannya? atau tahun depannya lagi?

Balas

Sedang diupayakan... perhatian buat orang di rumah tetap diutamakan. Tidak boleh terbengkalai.

Pokoke tidak boleh ada berat sebelah...hahaha

Balas

Emang pernah diberitahu kapan artikel mau keluar..:-D

Balas

Hahahaha.. jangan 5 kali sehari dong... kan saya ga mungkin begitu kuat.. wakakakak

Balas

Full time blogger belum lah.. masih jauh, tetapi lebih serius sih bener...

Balas