Postingan Hanya Berisi Link Tidak Bermanfaat ? Masa Sih!

Postingan Hanya Berisi Link Tidak Bermanfaat ? Masa Sih!

Banyak blogger Indonesia yang berpikiran kalau kata "bermanfaat" harus diterjemahkan dalam bentuk tulisan 2000-3000 kata. Penuh dengan penjelasan "harus begini" dan "harus begitu".

Tetapi, sebenarnya tidak juga. Ada banyak cara untuk membuat artikel bermanfaat dengan membuat postingan hanya berisi link dengan jumlah kata yang sedikit sekali.

Contohnya, seperti di bawah ini.

Postingan Hanya Berisi Link Tidak Bermanfaat ? Masa Sih!
Judulnya memang mengundang sekali. "TIGA CARA MENINGKATKAN PENGUNJUNG BLOG DALAM SATU MINGGU". Begitu terjemahannya.

Tetapi, isinya tidak seperti yang dibayangkan. Hanya terdiri dari 20-an kata saja dan dua link yang menuju keluar blog tersebut.

Padahal, yang ngeblog itu salah satu blogger berpenghasilan terbesar dan mendapat ratusan ribu dollar per bulan. Namanya Darren Rowse, pendiri Problogger.

Sebodoh itu kah dia menulis sesuatu yang "tidak bermanfaat".

Tidak juga. Kalau mau berpikir lebih dalam lagi ia memberikan sebuah manfaat kepada pembacanya dalam waktu yang singkat.

Coba saja bayangkan, Anda ditanya seseorang "dimana toilet terdekat" dan Anda tidak tahu. Tetapi, Anda tahu ada seseorang di dekat Anda yang tahu. Apa yang akan Anda lakukan? Cara yang paling mudah menjadi bermanfaat, arahkan saja si penanya kepada orang yang tahu.

Iya kan? Yang bertanya akan berterima kasih terhadap hal itu.

Pola yang sama dipakai oleh sang maestro blogger itu. Ia melihat sudah ada yang menulis tentang sebuah topik dan dengan mengarahkannya si penanya akan mendapatkan informasi yang diperlukannya.

Memang, ia akan mengikuti link itu dan keluar dari web, tetapi setidaknya di benaknya akan tertanam bahwa kalau mencari informasi ya ke Problogger saja. Kalaupun disana tidak ada, si Problogger pasti tahu dimana adanya.

Untung bukan? Bermanfaat juga kan?

Ada banyak bentuk "bermanfaat". Bukan hanya sekedar bisa dilakukan dengan berpanjang-panjang cerita.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

3 comments

Boleh juga idenya nih Pak, kalau ada yang bertanya tentang wisata di bogor saya arahkan ke lovely bogor aja deh nanti.

saya arahkan kepada yang lebih paham. betul tidak pak?

Balas

Bukan ide saya.. itu ide pak Darren Rowse... cuma menunjukkan bahwa posting blog itu bisa bervariasi dan tidak cuma harus berpanjang kata...

Banyak hal yang bisa bermanfaat bahkan dalam artikel yang isinya cuma link saja

Balas

Bener bgt.. kalau diingat kembali ungkapan dari google yg mengatakan "google love human". Sepertinya pengandaian itu cocok dg contoh artikel ini om. Thankyu.

Balas