Kombinasi Auto Ads dan Iklan Manual Meningkatkan CTR/RKT (Rasio Klik Tayang)

Kombinasi Auto Ads dan Iklan Manual Meningkatkan CTR/RKT (Rasio Klik Tayang)

Kombinasi Aut Ads dan Iklan Manual Meningkatkan CTR/RKT (Rasio Klik Tayang)

Sebelumnya, saya pernah menulis bahwa penggunaan auto ads atau iklan otomatis meningkatkan pendapatan dari publisher Adsense. Sayangnya, waktu itu saya masih belum berani memastikan karena saat tulisan itu dibuat, auto ads baru saja beroperasi dan saya baru mencoba sebentar saja. Jadi, datanya rasanya belum cukup untuk membuat asumsi atau kesimpulan.

Nah, sekarang setelah lebih dari 6 bulan berlalu, rasanya aman untuk bilang bahwa penggunaan auto ads akan membantu membuat senyum para adsense menjadi lebar. Penghasilan memang meningkat dan kalau dalam kasus saya, yang mengelola banyak blog terjadi peningkatan 20-40% dibandingkan saat belum menggunakannya.

Tetapi, dengan satu catatan tersendiri.

Auto ads kalau dibiarkan sendirian alias hanya digunakan sendiri, tidak memberikan peningkatan apa-apa. Bahkan, kerap hasilnya turun. Mungkin karena iklan itu secara otomatis akan menyesuaikan dengan "waktu yang paling berpotensi menghasilkan klik", jadi terkadang tidak muncul.

Penggunaannya harus dikombinasikan dengan iklan manual. Dalam hal saya, saya tetap menaruh 3 iklan , satu di dalam artikel (antara paragraf 1-3), dan sidebar.

Apakah melanggar aturan Adsense? Tidak karena tidak ada lagi batasan jumlah.Dan, saya memasang sesuai aturan lama (3 iklan saja), sisanya kan Google yang mau nambahin. Tidak heran dalam satu artikel terkadang ada 5-7 iklan dalam berbagai bentuk.

Kombinasi auto ads dan iklan manual inilah yang berhasil meningkatkan penghasilan. Hal itu bisa terlihat dari peningkatan CTR/RKT (Click Through Ratio/Rasio Klik Tayang), yang kalau dibandingkan dengan hanya memakai iklan manual, ada peningkatan sampai 50 persen. Klik iklan sah meningkat.

Meski, BPK tidak berubah banyak, tetapi karena jumlah klik meningkat, ya penghasilan bertambah.

Jadi, boleh lah dicoba, walau saya tidak bisa menjanjikan bahwa hal yang sama terulang di blog Anda. Tetapi, itulah data yang didapat dari penggunaan kombinasi auto ads dan iklan manual.

Lumayan.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

6 comments

Kira2 Blog yang mana pak ? disemua blogkah yang meningkat ?

Balas

Bervariasi Kang peningkatannya, itu cuma rata-rata saja. Cuma blog di Wordpress self hosted yang paling meningkat, blogspot mah sediki saja kenaikannya

Balas

Berarti loading dari pada Wordpress self hosted mempengaruhi trafik, dan trafik yang tinggi plus kombinasi iklan menjadi salah satu kunci mengalirnya dollar.

Apakah blog umum sekali, masih pakai hosting gratis pak ? kalau blog pojok menulis sudah pakai Wordpress self hosted yach.. ?

Saya hanya sekedar ingin tahu, apakah hosting gratis dan self hosted akan besar pengaruhnya terhadap penghasilan adsense. :)

Balas

Bisa diinterpretasikan demikian Kang..

Umum sekali masih hosting gratis Google dan Pojok Menulis sudah Self Hosted.

Balas

kayaknya saya mesti lebih serius di wordpress self hosted nih. biar bisa gajian tiap bulan. :)

Balas

Percuma pakai wordpress self hosted kalau menulisnya sesekali mas... tetap berat.

Kunci utamanya persis banget kayak yang Mbak Indri bilang, buat konten sebanyak mungkin. Jangan pelit menulis.

Balas