Artikel Pendek Mengundang Lebih Banyak Klik Iklan ?

Artikel Pendek Mengundang Lebih Banyak Klik Iklan ?

Artikel Pendek Mengundang Lebih Banyak Klik Iklan

Entah apa selalu demikian atau tidak. Tetapi, berdasarkan perbandingan antara dua buah blog Wordpress Sef Hosted yang saya kelola, datanya memang begitu. Artikel pendek mengundang lebih banyak klik iklan dibandingkan artikel panjang.

Itulah yang saya alami saat mengelola Lovely Bogor dan Pojok Menulis. Yang pertama tulisannya biasanya di atas 500 kata, maklum karena topiknya, terkadang sulit menulis singkat dan pendek. Yang kedua hanya berisi tentang pelajaran sekolah, seperti peribahasa atau idiom, terkadang hanya di bawah 100 kata saja.

Hasilnya, dalam jumlah klik iklan sah, Pojok Menulis bisa mencapai 2 kali lipat dari Lovely Bogor. Kalau LB bisa 15 klik, maka Pojok Menulis bisa 30-35 klik iklan.

Catatannya, keduanya menggunakan metode penempatan iklan yang sama, yaitu kombinasi auto ads dan iklan manual.

Penempatan iklan manualnya juga sama, yaitu di tengah, di bawah, dan di sidebar. Ditambah iklan apapun yang mau ditampilkan secara otomatis oleh Google.

Hasil ini sudah terjadi sejak pertama kali auto ads terpasang.

Jangan tanyakan penjelasannya kenapa bisa begitu. Maaf, saya terlalu malas untuk memperhatikan yang seperti ini.

Lagipula, hasil ini sifatnya terbatas dari pengamatan dua buah blog kepunyaan sendiri saja. Belum tentu yang sama terjadi di blog yang lain.

Kalau Anda mau coba silakan saja. Toh tidak ada ruginya.

Tetapi, tulisan ini pendek bukan karena mengejar klik iklan. Tujuannya berbeda. Tulisan ini dibuat pendek karena sedang dalam proses memastikan blog ini terupdate terus secara rutin. Tulisan panjang kurang cocok untuk yang butuh postingan terbit setiap hari karena banyak memakan waktu.

Ditambah, postingan ini ditulis saat jam istirahat kantor. Itu yang jadi alasan utama.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

14 comments

Ternyata si Pojok Menulis sekarang sudah hebat ouy,,,,,

kemarin saja saya cari artikel yang berjudul " setali 3 uang " eeee... si PM yang muncul di hal.0ne Google...Padahal tulisannya pendek sekali.....

Iklannya ampyun dech bertebaran..... :) hampir terinjak... :)

Balas

Sepertinya self hosted lebih unggul yang pak dari pada hosting gratis, kalau dilihat dari segi trafik, betul ngk... ?

Balas

yap betul, gpp pendek juga. yang penting ada. hee ;)

Balas

Salahin auto ads.. karena dia yang masang banyak banget.. wakakakakaka... saya mah normal saja masangnya, cuma menurut Google mah kudu ditambah, jadi ya biarkan saja

Balas

Hemm... bisa diasumsikan demikian, tetapi saya sendiri tidak berpandangan demikian. Itu yang saya ingin buktikan dengan merawat blog berbasis hosting gratisan.

Prediksi saya sih peluangnya sama saja, cuma karena Pojok Menulis menggunakan sub domain Lovely Bogor yang sudah kuat, ia terbantu sekali saat bersaing di mesin pencari. Beda dengan kalau pake blogspot yang dimulai sejak awal.

Mungkin nanti Umum Sekali dan yang lain bisa dijadikan bukti kalau memakai yang gratisan pun bisa berhasil. O ya tunggu saja ada tulisan dan bukti blogspot pun bisa mengalahkan WP self hosted.

Balas

Tulisan kalau kepanjangan juga capek pak bacanya, emangnya novel.

Balas

Wah sama dong mas saya juga lagi pake strategi posting artikel pendek, cukup 500 a
kata aja deh biar bisa rutin update 4 blog saya. Nggak ngejar klik, dapat banyak y sukur

Balas

Nulisnya juga capek mas..

Balas

Yah, maklum blognya banyak. Kalau kepanjangan nanti ada yang nggak kebagian.

Balas

Salut bisa nulis di jam istirahat kerja. Produktif skali om.

Balas

bener banget mas, saya juga pernah ngalamin hal itu. Akan tetapi pada satu blog, saya mencoba membedakan penghasilan antara artikel pendek dan yang panjang. Meskipun keduanya sama-sama berada pada posisi halaman pertama google untuk soal klik iklan lumayan banyak yang artikel pendek

Balas

Hanya mencoba konsisten saja mas...

Balas

Sejauh ini memang sepertinya artikel pendek lebih mendulang klik

Balas