Seperti Apa Sih Tampilan Dashboard Wordpress Self Hosted?

Bukan mengecilkan, tetapi saya berasumsi kalau masih banyak blogger yang sebenarnya tidak pernah melihat tampilan dashboard Wordpress Self Hosted. Selama saya berkelana di dunianya para blogger Indonesia, tidak terhindarkan kesan bahwa platform blogging favorit masih tetap si blogger atau blogspot.

Maklum karena biaya yang diperlukan lebih rendah. Kalaupun memakai Top level Domain sekalipun ongkosnya tetap lebih rendah karena tidak perlu bayar sewa hosting.

Jadi, wajar saja kalau Blogspot atau Blogger masih menjadi pilihan pertama para blogger Indonesia. Memang sudah banyak yang beralih ke WP Self Hosted, tetapi masih lebih banyak lagi yang bahkan belum pernah melihat dashboard si platform blogging, yang terdengarnya keren sekali dan kelihatannya merupakan peningkatan dalam kehidupan ngeblog (walau sebenarnya tidak juga).

Nah, begini ini tampilan dari dashboardnya. (diambil dari LB Fotografi)

Seperti Apa Sih Tampilan Dashboard Wordpress Self Hosted?

Ini tampilan setelah login. Mirip sebenarnya dengan blogger dimana di bilah sebelah kiri adalah berbagai menu pengaturan website. Bilah sebelah kanan adalah info-info terkait dengan blog itu sendiri.

Sebenarnya kalau setelah diinstall, tampilannya lebih rame lagi, tetapi karena saya suka yang sederhana saya buang sebagian tampilan yang tidak perlu. Hasilnya, hampir kosong melompong saja,

Sama seperti blogger juga, kalau salah satu menu di sisi kiri diklik, maka di tengah akan tampil layar baru.

Tidak beda kan?

Seperti Apa Sih Tampilan Dashboard Wordpress Self Hosted?

yang berbeda dari blogger adalah bilah sebelah kiri, kalau di blogspot, menunya tetap tidak berubah dan tidak bisa diubah. Kalau di Wordpress Self Hosted, menu sebelah kiri bisa bertambah bisa berkurang.

Biasanya kalau kita menambahkan plugin atau perangkat tambahan, maka akan muncul menu tambahan di sebelah kiri. Kalau plugin dibuang, ya menghilang juga menunya.

Seperti Apa Sih Tampilan Dashboard Wordpress Self Hosted?

Yang diberi kotak merah adalah dua menu tambahan yang kalau baru menginstall WP tidak ada. Menu tambahan ini muncul karena saya menginstall beberapa plugin.

Jadi, menu aslinya tidak sebanyak yang terlihat di layar.

Seperti Apa Sih Tampilan Dashboard Wordpress Self Hosted?
Nah, ini tampilan kalau menu "Post" diklik. Akan keluar daftar tulisan yang sudah dipublish atau didraft. Juga ada trash, yaitu tong sampah kalau ternyata ada tulisan atau draft yang dibuang.

Tidak beda banyak dengan blogspot. Memang banyak yang membuat mengelola Wordpress Self Hosted itu kesannya keren dan hebat. Tetapi, setelah menjalani sendiri selama hampir 4 tahun, rasanya tidak berbeda jauh. Sama saja masih tetap ngeblog.

Tapi, memang betul bahwa kalau untuk pengembangan di masa datang, WP Self Hosted lebih memungkinkan karena sifatnya fleksibel dibandingkan kalau berbasis Blogspot atau Blogger.

Ada yang mau berpindah kesana?

Tulisan ini juga mungkin sebagai pembuka, bahwa ke depannya di Maniak Menulis akan ada tulisan yang sifatnya "tutorial", yang saya terjemahkan sebagai berbagi. Pengalaman mengelola blog lewat platform ini sayang kalau cuma disimpan sendiri.

Siapa tahu saja ada yang bisa memanfaatkan? Kebetulan semalam ada email masuk bertanya tentang cara membuat homepage di platform ini. Jadi, daripada diulang-ulang, selain menulis tentang dunia tulis menulis, berbagi sedikit urusan teknis WP akan dilakukan juga disini.

4 Responses to "Seperti Apa Sih Tampilan Dashboard Wordpress Self Hosted?"

  1. Saya sudah pernan lihat, Pak. Baik yg self host maupun wordpress yang gratis. Otak-atik keduanya juga pernah. Cuma saat ini cuma blogspot yang saya urus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus berarti fokus.. ga kayak saya.. maen-maen terus.. hahahahah

      Delete
  2. Sudah saya pelototin pak tampilannya. Sebab jarang2 saya lihat yang beginian.Data statistik pengunjungnya mana yach...? :) biar saya semakin puas lihat isi dapur blog pak anton. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak akan ada Kang.. saya tidak pasang plugin statistik disana. Statistiknya pake yang Adsense saja.. Yang lain ga penting.. hahahaha

      Jadi ga usah dicariin ga akan nemu

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel