Seperti Apa Sih Tampilan CPanel ?

Seperti Apa Sih Tampilan CPanel ?

Cpanel itu apa sih? Yah, intinya adalah software untuk mengelola hosting. Mau tidak mau kalau memang mau mengelola blog yang berplatform Wordpress Self Hosted di shared hosting, ya harus melihat Cpanel (atau software sejenis).

Serem yah dengarnya. Sebenarnya tidak jiga. Cuma memang terkadang para blogger yang sudah punya blog berbasis WP Self Hosted agak mendramatisir. Maklum saja, kesannya biar terdengar keren dan hebat.

Padahal, intinya tidak berbeda jauh dengan Windows atau Microsoft Office. Sangat user friendly sekali. Menunya sudah tersedia dan tinggal dijalankan. Apalagi berbagai panduan dan tips mengelolanya sudah bertebaran di dunia maya. Tinggal butuh sedikit keberanian dan kemauan untuk mencoba dan melakukan trial & error, mudah sekali mengelolanya/

Sama persis juga dengan Windows atau Office, sebenarnya banyak meny yang tidak terpakai. Yang paling penting adalah Softaculous yang biasa dipergunakan untuk menginstall Wordpress-nya dalam waktu 5 menit saja.

Begini ini tampilan Dashboard Cpanel yang biasa muncul kalau kita mengakses dari www.namadomain.com/cpanel.

Seperti Apa Sih Tampilan CPanel ?

Seperti Apa Sih Tampilan CPanel ?

Bagaimana cara memakainya? Pelan-pelan. Nanti saya bagi informasinya. Sekaligus sebagai catatan saya sendiri karena sebentar lagi saya akan berpisah dengan Cpanel setelah hampir 4 tahun memakainya.

Kebetulan, beberapa blog berplatform WP Self Hosted sudah saya pindahkan ke Managed VPS, yang artinya saya sudah tidak perlu pusing lagi mikirin urusan pengaturan di hosting. Hanya perlu menulis saja.

Cuma kebetulan masih ada satu domain yang tertinggal dan belum dipindahkan. Jadi, sekalian dimanfaatkan saja untuk dijadikan tulisan tentang itu.

Siapa tahu ada yang bisa mempergunakannya? Siapa tahu juga suatu waktu saya harus kembali berurusan dengan panel-panel ini? Who knows? Nasib orang tidak ada yang tahu.

Jadi, ini awal saja dan permulaan dari sesi tulisan berbau teknis dan tutorial tentang mengelola WP Self Hosted.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

4 comments

Kalo Cpanel memang belum pernah berurusan. Maklum, masih hosting gratis di blogger, hehe.

Balas

Kalau begitu jangan cari urusan deh.. wakakak

Balas

Teruskan Pak menulis yang seperti ini, biar kita kita tambah tahu dan nambah ilmu, siapa tahu suatu saat bisa nyontek, kalau ketemu hal yang beginian.:)

Balas

Siap Kang.. Memang niatnya begitu. Nanti pelan-pelan menyusul

Balas